8 Cara Berdamai dengan Kesalahan Orang Lain, Fokus pada Kebaikannya

Bisa, lho, kita terapkan setiap hari

8 Cara Berdamai dengan Kesalahan Orang Lain, Fokus pada Kebaikannya

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Dalam kehidupan, banyak sekali hal yang terjadi untuk memproses diri kita menjadi lebih baik. Entah hal yang menyenangkan atau hal yang menyedihkan hingga membuat diri sulit melupakan. Terkadang kesalahan dan ketidaknyamanan dalam hidup timbulnya bukan hanya dari dalam diri, namun bisa juga dari faktor lingkungan, bahkan datang dari orang terdekat.

Banyak yang bilang kalau minta maaf itu mudah, sedangkan memaafkan merupakan suatu hal yang sulit dilakukan. Bisa jadi perkataan sudah memaafkan yang diungkapkan kepada orang lain, hanya sekadar ucapan.

Nggak jarang, lho, kasus sulit memaafkan yang berujung dendam. Padahal, hati yang dendam dapat merusak mental sehingga memengaruhi kehidupan kita jadi berdampak buruk. Walaupun memaafkan itu sulit, tapi bisa kok diusahakan.

Alasan sulit memaafkan

Memang benar, sih, memaafkan adalah hal yang sulit. Itu ternyata karena emosi dalam diri masih meluap-luap dan menguasai kita. Emosi dalam diri yang seperti ini membuat pikiran menjadi tidak jernih dan kesulitan untuk mengontrol emosi marah. Hasilnya, kesalahan kecil yang orang lain lakukan kepada diri kita bisa saja memicu diri untuk marah dan sulit memaafkan. 

Berdamai dengan kesalahan orang lain itu penting, lho. Karena kalau tidak, banyak sekali akibat buruk yang dapat timbul pada diri kita seperti ini:

  1. Lelah batin dan sering overthinking
  2. Selalu berpikiran negatif kepada orang lain
  3. Bersikap skeptis
  4. Kehilangan kesempatan menambah relasi
  5. Memperburuk citra diri

Nggak mau kan jadi orang yang sulit memaafkan? Kalau gitu, yuk, mulai terapkan 8 cara berdamai dengan kesalahan orang lain di bawah ini!

1. Ungkapkan perasaan dengan jujur dan baik

8 Cara Berdamai dengan Kesalahan Orang Lain, Fokus pada Kebaikannya

Rasa dendam yang menguasai diri dan sulit berdamai dengan kesalahan orang lain bisa disebabkan karena perasaan yang terpendam. Kalau sudah begitu, kamu jangan ragu dan mulailah berani mengungkapkan perasaan kesal atau marah dengan jujur dan cara yang baik.

Jujurnya kita dalam mengungkapkan perasaan membuat hati menjadi lebih lega dan tenang. Tidak akan ada lagi pikiran buruk dan kecemasan akibat sulit berdamai dengan kesalahan orang lain. Dengan mengungkapkan perasaan jujur dan baik, berdampak baik bagi kesehatan mental dan menjadi lebih percaya diri.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here