Berbagi sesama merupakan kebaikan yang bisa kita lakukan setiap hari. Dengan berbagi, kita tidak hanya memberikan rasa bahagia kepada orang dikasihi, namun tanpa sadar diri kita juga akan merasakan kebahagian yang lebih dan hari-hari menjadi menyenangkan. Terlebih, berbagi juga merupakan perintah Tuhan untuk mengikat persaudaraan antar sesama insan.

Berbagi kepada sesama bukan hanya soal materi yang berlimpah, namun juga bisa dimulai dengan berbagi hal sederhana dari yang kita miliki untuk orang lain. Tidak harus selalu barang, tapi dalam bentuk rasa peduli, adil, dan kasih sayang juga merupakan bentuk berbagi kepada sesama.

Dalam Alkitab juga menerangkan ayat-ayat tentang berbagi kepada sesama yang bisa menjadi penguat untuk terus-menerus melakukan kebaikan dan mengajak orang untuk berbagi kepada sesama dengan hati yang tulus. Ayat-ayat dalam Alkitab begitu menyentuh untuk dipahami dan dijalani. Dengan menjalani Firman Tuhan, bukan hanya kebahagian dunia yang diperoleh, namun juga di alam sana. 

Beberapa ayat Alkitab menerangkan bahwa dengan rutin berbagi kepada sesama, kita tidak akan pernah merasa kurang. Justru dengan berbagi kepada sesama, Tuhan akan memberikan limpahan berkat bagi siapa saja yang senang berbagi. Kalau begitu, kita jangan pernah untuk lupa berbagi kepada sesama ya, Bela.

Ingin tahu apa saja ayat Alkitab tentang berbagi kepada sesama? Yuk, simak berikut ini?

1. Alkitab menganjurkan kita untuk berbagi berkat

20 Ayat Alkitab tentang Berbagi kepada Sesamapexels.com/Julia M Cameron

Mazmur 41: 1

"Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka." 

Ulangan 15: 7-8

"Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu, tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan." 

Korintus 9: 6-7

"Camkanlah ini: 'Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita'." 

Ulangan 15: 10-11

"Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu. Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu." 

Mazmur 24: 1

"Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya." 

2. Ayat Alkitab yang mengingatkan untuk saling peduli

20 Ayat Alkitab tentang Berbagi kepada Sesamapexel.com/andrea-piacquadio

Matius 6: 1-2

"Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga. Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya."

Matius 6- 3-4

"Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."

Matius 23: 5

"Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang."

Matius 6: 20-21

"Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada." 

Timotius 6: 17-19

"Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya." 

3. Ayat Alkitab tentang sifat dermawan tak akan membuat kekurangan apa pun

20 Ayat Alkitab tentang Berbagi kepada Sesamapexels.com/RODNAE Production

Lukas 6:30 

“Berikan kepada semua orang yang meminta kamu, dan jika ada yang mengambil barang milikmu, jangan menuntut kembali.” 

Korintus 8:12 

"Sebab jika kesediaan itu ada, pemberian itu dapat diterima sesuai dengan apa yang dimiliki, bukan sesuai dengan apa yang tidak dimiliki." 

Amsal 22: 9

"Dia yang murah hati akan diberkati, kerana dia memberikan sebagian makanannya kepada orang miskin." 

Amsal 28:27 

"Siapa yang memberi kepada orang miskin tidak akan pernah mau, tetapi orang yang menutup matanya akan banyak kutukan." 

Kejadian 14: 19–20

"Dan dia memberkati dia dan berkata, 'Berbahagialah Abram oleh Tuhan Yang Mahatinggi, Yang memiliki langit dan bumi dan diberkati Tuhan yang Maha Tinggi, yang telah menyerahkan musuhmu ke tanganmu!' Abram memberinya sepersepuluh dari segalanya." 

4. Ayat Alkitab agar selalu berbagi sikap adil kepada sesama

20 Ayat Alkitab tentang Berbagi kepada Sesamapexels.com/RODNAE Production

Pengkhotbah 3: 17

"Berkatalah aku dalam hati 'Allah akan mengadili baik orang yang benar maupun yang tidak adil, karena untuk segala hal dan segala pekerjaan ada waktunya'.” 

Ibrani 10:30

"Sebab kita mengenal Dia yang berkata 'Pembalasan adalah hak-Ku Akulah yang akan menuntut pembalasan'. Dan lagi Tuhan akan menghakimi umat-Nya." 

Hosea 12:6 

"Engkau ini harus berbalik kepada Allahmu, peliharalah kasih setia dan hukum, dan nantikanlah Allahmu senantiasa." 

Ayub 12:22

"Dia yang menyingkapkan rahasia kegelapan, dan mendatangkan kelam pekat pada terang." 

Amsal 21: 15 

"Melakukan keadilan adalah kesukaan bagi orang benar tetap menakutkan orang yang berbuat jahat." 

Itulah 20 ayat Alkitab tentang berbagi kepada sesama. Firman Tuhan lewat ayat-ayat yang disampaikan dalam Alkitab hendaknya menjadi pedoman untuk hidup dalam melakukan kebaikan apa pun. Jangan pernah lupa bahwa Tuhan selalu melihat perbuatan dan mengetahui hati kita, hendaknya lakukanlah apa yang diperintah-Nya, niscaya kebahagiaan kita akan abadi hingga kapan pun.

Baca Juga: 35 Ayat Alkitab ini, Bisa Jadi Pegangan Hidup 

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Ajarkan tentang Saling Mengasihi Sesama

Baca Juga: 22 Ayat Alkitab Tentang Bersyukur, Bahan Renungan untuk Kontemplasi