Saat kamu harus kembali mejalani hubungan dengan sang mantan kekasih, ada 2 kemungkinan yang akan kamu hadapi. Pertama, mungkin itu akan menjadi keputusan terbaik dalam hidupmu atau kedua, kamu akan terjebak dalam kehidupan yang lebih buruk lagi. Kembali pada mantan kekasih mungkin akan menjadi hal yang paling menakutkan untuk kamu putuskan dalam hidupmu karena itulah kamu harus mewaspadainya saat cinta mulai bersemi kembali.

1. Kamu baru memulai, bukan melanjutkan hubunganmu

Waspadai 5 Hal Ini Saat Terjebak Nostalgia Cinta Lamaimdb.com

Kembali pada orang yang dulu pernah kita cintai tidak berarti kita sedang melanjutkan sebuah hubungan, namun justru memulai hubungan yang baru. Jangan berharap rasa yang dulu ada akan sama, waktu berubah begitu pula dengan sifat seseorang. Tidak akan ada hal yang sama terulang untuk kedua kalinya, jadi bersiaplah untuk memulainya kembali.

2. Mungkin kamu harus berubah sebelum kembali

Waspadai 5 Hal Ini Saat Terjebak Nostalgia Cinta Lamaimdb.com

Dulu kalian berakhir pasti karena suatu alasan, kamu tidak bisa meminta seseorang menerima kita apa adanya. Dalam hubungan harus selalu ada penyesuaian, bukan hanya dari salah satu pihak saja tapi dari keduanya. Mungkin sebelum kembali kamu harus berpikir untuk berubah dan terus memperbaiki serta memantaskan diri demi bisa bersamanya sekali lagi.

3. Saling memaafkan adalah yang terpenting

Waspadai 5 Hal Ini Saat Terjebak Nostalgia Cinta Lama
imdb.com

Luka akibat perpisahan yang pernah kamu rasakan jangan pernah lagi dibawa dalam cinta baru yang sekarang kalian bangun. Maafkanlah masa lalu, sesulit apapun itu, bahkan jika kamu belum bisa, paksakan dirimu untuk mengubur semuanya sedalam mungkin. Paling tidak ucapkanlah dulu secara lisan bahwa kamu memaafkan, hatimu akan mengikuti kemudian.

4. Jangan berharap masalah tidak akan datang lagi

Waspadai 5 Hal Ini Saat Terjebak Nostalgia Cinta Lamaimdb.com

Walaupun kalian sudah berbaikan dan kini cinta yang kalian punya lebih besar, bukan berarti tidak akan ada lagi masalah karena disitulah puncak sebuah hubungan. Bagaimana kalian bisa mengelola masalah itu adalah tantangan terbesarnya. Kamu tidak boleh lagi seenaknya dalam menghadapi masalah, belajarlah dari masa lalu saat kalian sering tak bisa menahan amarah.

5. Menjaga komunikasi yang baik tak boleh lagi disepelekan

Waspadai 5 Hal Ini Saat Terjebak Nostalgia Cinta Lamaimdb.com

Dalam hubungan apapun, entah itu bisnis, keluarga, teman, maupun cinta, komunikasi adalah yang utama. Kamu sama sekali tidak boleh menyepelekannya tapi bukan berarti posesif, karena jeda dalam sebuah hubungan juga penting. Jagalah komunikasi sebaik mungkin agar kalian sama-sama nyaman, jangan terlalu mengikat dan jangan pula terlalu lepas.

Melewati jalan yang sama dua kali biasanya akan membuat kalian lebih paham dengan arah-arahnya, tapi tidak selalu begitu. Kadang jalan yang sama itu telah berubah, ada bangunan baru, petunjuk arah baru, dan banyak hal lain yang baru. Seperti itu pula saat kamu kembali ke hati yang sama, kamu pun dituntut untuk menjadi orang yang berhati baru. 

BACA JUGA: Ini Nih 12 Lagu Cinta Era 2000an yang Sukses Membuat Kamu Teringat pada Cinta Lama