Self talk merupakan sebuah situasi saat kamu berbicara dengan dirimu sendiri. Umumnya, hal yang dibicarakan adalah isi hati dan pikiranmu yang terpendam, serta tidak bisa disampaikan pada orang lain. Sehingga tak jarang self talk ini diliputi dengan ucapan-ucapan negatif tentang keburukan diri kamu.

Nah ternyata, self talk berupa ucapan negatif tersebut memiliki dampak buruk, lho, Bela! Sebab, bisa memicu pikiran yang membuat kamu yakin bahwa dirimu tidak berharga. Untuk urusan asmara, hal ini bisa berakibat bikin kamu sulit dapat pasangan karena merasa tak ada yang istimewa dalam dirimu.

Kali ini, Popbela akan mengulas beberapa kalimat self talk negatif yang bikin sulit dapat pasangan, sehingga kamu bisa menghindari pemikiran seperti ini. Simak ulasannya berikut!

1. "Tidak ada yang menarik dan istimewa di dalam diriku"

5 Kalimat Self Talk Negatif yang Bikin Sulit Dapat PasanganPexels.com/Maria Verkhoturtseva

Pertama, ada kalimat yang menunjukkan bahwa dirimu adalah pribadi yang tidak menarik serta tidak memiliki kelebihan diri. Nyatanya, pemikiran tersebut tidak benar, dan hanya menunjukkan bahwa kamu kurang memiliki rasa percaya diri.

Untuk mengatasinya, cobalah berpikir bahwa setiap aspek dalam dirimu merupakan hal yang menarik. Misalnya, kamu selalu berkata jujur, bersikap tulus, menghargai waktu, dan lain sebagainya. Jadikan itu semua sebagai daya tarik yang justru hanya dimiliki olehmu.

2. "Aku memiliki kekurangan yang tidak bisa diterima orang lain"

5 Kalimat Self Talk Negatif yang Bikin Sulit Dapat Pasanganpexels.com/pixabay

Dalam hidup, setiap orang memang harus menyadari kekurangan diri agar bisa berkembang dan menjadi lebih baik. Namun, hal tersebut juga harus dilakukan dalam batas wajar, dan tidak membawa pengaruh buruk dalam pola pikir. Bila berlebihan, kekurangan yang kamu sadari justru membuat tertekan daripada fokus memperbaikinya.

Oleh karena itu, mulailah hindari kalimat self talk negatif yang menyatakan dirimu memiliki kekurangan sehingga tidak layak dicintai oleh siapa pun. Sebab nyatanya, tak ada manusia yang sempurna, dan akan ada sosok pasangan terbaik yang siap menerima kamu apa adanya.

3. "Aku sering gagal saat menjalin hubungan. Maka ke depannya juga akan begitu"

5 Kalimat Self Talk Negatif yang Bikin Sulit Dapat Pasanganunsplash.com/Naomi August

Selanjutnya, hindari kalimat self talk negatif tentang kegagalan kamu di hubungan masa lalu. Jangan berpikir bahwa hubungan kamu sebelumnya adalah kesalahan kamu, sehingga kamu tidak bisa memiliki hubungan yang berjalan baik di masa depan.

Cobalah untuk terlebih dahulu berdamai dengan masa lalu dirimu sendiri, sehingga bisa lebih percaya diri untuk membuka hati dan memulai lembaran baru dengan orang baru. Selain itu, jadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran demi terciptanya hubungan baru yang lebih baik.

4. "Diriku tak mungkin menjadi tipe pasangan idaman seseorang"

5 Kalimat Self Talk Negatif yang Bikin Sulit Dapat Pasanganunsplash.com/Aleksandra Sapozhnikova

Kalimat self talk negatif yang bikin sulit dapat pasangan selanjutnya adalah saat kamu meragukan diri sendiri, dan menganggap tak ada yang menyukaimu, apalagi menjadikan kamu sebagai tipe idamannya. Memiliki pemikiran ini justru hanya akan menghambat kamu. Di sisi lain, kamu selalu bisa menjadi tipe pasangan idaman bagi seseorang. Kamu hanya perlu mengembangkan diri hingga bisa memenuhi kriteria sesuai idamanmu sendiri.

5. "Aku adalah yang terburuk bila dibandingkan dengan teman-temanku"

5 Kalimat Self Talk Negatif yang Bikin Sulit Dapat PasanganPexels.com/Liza Summer

Terakhir, jika kamu sering membandingkan diri dengan teman, bahkan menganggap dirimu adalah yang terburuk, maka pemikiran seperti ini juga harus dihilangkan. Sebab pemikiran seperti ini akan membuat kamu merasa tidak bersemangat, hingga akhirnya kehilangan pesona dirimu sendiri. Sebaliknya, cobalah membahagiakan diri sendiri dengan berpikir bahwa teman-temanmu justru memiliki kekurangan yang tak kamu ketahui.

Bela, itulah dia beberapa contoh kalimat self talk negatif yang bikin sulit dapat pasangan, sehingga wajib kamu hindari demi terciptanya rasa percaya diri yang tinggi.

Baca Juga: 7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-Love

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Belum Dewasa dalam Hubungan, Bikin Pasangan Nggak Betah

Baca Juga: 9 Perbedaan antara Jomblo vs Single