Dalam kehidupan sehari-hari, tentu tak bisa dipungkiri bahwa banyak orang mencoba untuk memberi kesan yang baik. Bahkan, ada pula orang-orang yang berusaha menjadi sosok yang mudah dikagumi, disukai dan berkarisma di depan orang lain.

Untuk mewujudkannya pun ada beragam cara, seperti misalnya menerapkan sifat kepemimpinan, bersikap tegas serta penuh wibawa. Meski begitu, setiap orang sejatinya memiliki caranya masing-masing untuk meningkatkan karisma.

Jika kamu belum menemukan cara terbaiknya, berikut ini Popbela telah merangkum beberapa cara meningkatkan karisma diri yang bisa kamu terapkan, untuk wujudkan kehidupan yang lebih bermakna. Yuk, simak!

1. Bersikap percaya pada diri sendiri

Tampil Berkesan dan Disukai, Ini 7 Cara Meningkatkan Karisma DiriPexels.com/Fábio Scaletta

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan karisma diri adalah dengan mulai bersikap percaya dan yakin pada dirimu sendiri. Sebab, bagaimana kamu bisa tampil mengesankan di mata orang lain jika kamu masih ragu pada kemampuanmu sendiri? Tentu hal itu akan sulit diwujudkan.

Tak hanya itu, dengan bersikap percaya diri pun kamu bisa belajar memfokuskan pikiran pada hal-hal baik yang kamu miliki, seperti kelebihan maupun prestasimu. Dari sini, setiap aura dan gerak-gerik yang kamu lakukan pun akan dipenuhi dengan kesan baik bagi orang lain.

2. Belajar menjadi pendengar yang baik

Tampil Berkesan dan Disukai, Ini 7 Cara Meningkatkan Karisma DiriPexels.com/ana tarazevich

Selanjutnya, tampil berkarisma juga bisa dimulai dengan belajar menjadi pendengar yang baik. Sebab, jika orang lain merasa diperhatikan dan didengarkan, maka dia akan lebih mudah merasa nyaman dan menyukai kita.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan adalah menjaga kontak mata, mencodongkan tubuh dengan lebih dekat, mendengarkan dengan fokus dan menghindari bermain ponsel saat seseorang sedang berbicara padamu.

3. Berlatih agar berani menyuarakan pendapat

Tampil Berkesan dan Disukai, Ini 7 Cara Meningkatkan Karisma DiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Tak hanya menjadi pendengar yang baik, menjadi sosok penuh karisma juga mengharuskan untuk untuk berani menyuarakan pendapat. Namun, hal ini tidak berarti bahwa kamu harus memaksa orang lain untuk setuju denganmu, melainkan hanya menyampaikan pendapat untuk kemudian menghadirkan komunikasi atau diskusi terbuka.

4. Selalu berpikir ulang sebelum berbicara

Tampil Berkesan dan Disukai, Ini 7 Cara Meningkatkan Karisma DiriPexels.com/Kevin Malik

Kemudian, meski harus berani menyuarakan pendapat, tapi di lain sisi, kamu juga harus selalu berpikir ulang sebelum berbicara. Cobalah untuk mengurangi kesalahan atau membahas hal-hal tidak penting dalam percakapan sehari-hari.

Sebaliknya, kamu harus bisa membuat setiap kata-katamu menjadi berarti tanpa menyakiti orang lain. Sebab nyatanya, membatasi jumlah pembicaraan akan membuat sesuatu yang kamu katakan menjadi lebih menarik.

5. Bersikap terbuka untuk belajar hal-hal baru

Tampil Berkesan dan Disukai, Ini 7 Cara Meningkatkan Karisma DiriPexels.com/Moose Photos

Cara meningkatkan karisma diri selanjutnya adalah dengan bersikap terbuka, terutama untuk belajar hal-hal baru. Tingkatkan antusiasme terhadap hal-hal yang belum kamu ketahui, sehingga nantinya kamu bisa memiliki wawasan yang lebih luas serta semangat dan aura positif yang lebih terpancar.

Ingatlah untuk jangan pernah bersikap sok paling tahu terhadap segala hal. Sebab, hal ini hanya akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri, hingga akhirnya kamu menyadari bahwa dirimu masih memiliki banyak kekurangan yang perlu diperbaiki.

6. Belajar meningkatkan empati pada orang lain

Tampil Berkesan dan Disukai, Ini 7 Cara Meningkatkan Karisma DiriPexels.com/Andrea Piacquadio

Langkah untuk meningkatkan aura diri dan tampil lebih berkarisma selanjutnya adalah dengan meningkatkan empati pada orang lain. Jika kamu menunjukkan rasa empati yang tinggi, maka orang lain pun akan melihat kamu sebagai sosok yang menakjubkan dan berkarisma. Bahkan, bukan tak mungkin bila nantinya orang-orang menjadi lebih menyukaimu dan merasa nyaman saat berada di dekatmu.

7. Memaksimalkan dan terus menggali potensi diri

Tampil Berkesan dan Disukai, Ini 7 Cara Meningkatkan Karisma DiriPexels.com/Mikhail Nilov

Terakhir, cobalah juga untuk memaksimalkan diri dengan terus menggali potensi yang ada pada dirimu sendiri. Potensi dan kelebihan diri ini bisa menjadi bekal untukmu dalam proses menjadi sosok yang lebih berkarisma, disukai, dan berguna bagi banyak orang.

Selain itu, memaksimalkan potensi diri juga bisa membuat kamu lebih yakin dan percaya diri pada setiap langkah. Nantinya, saat kepercayaan diri meningkat, karisma diri pun bisa makin bersinar, kan, Bela?

Baca Juga: 5 Zodiak yang Auranya Terpancar Sempurna dan Karismatik

Baca Juga: Berkarisma, 5 Zodiak Perempuan Ini Paling Sering Ditaksir Laki-Laki

Baca Juga: Berdarah Biru, 5 Seleb Indonesia Ini Berkarisma Abis!