Salah satu bentuk kepedulian yang diajarkan oleh Islam adalah anjuran untuk menjenguk sahabat, kerabat, ataupun tetangga yang sedang sakit. Anjuran menjenguk ini diberikan bukan tanpa alasan, melainkan karena Allah memang menyukainya. Kegiatan menjenguk ini sendiri bisa mengingatkan kita pada-Nya, serta bersyukur atas nikmat sehat yang tengah kita rasa.

Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat yang sakit, beliau selalu mendoakan kesembuhan sahabatnya dengan berbagai lafal doa. Dengan banyak yang mendoakan tentu diharapkan akan lebih cepat diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Ada beberapa doa menjenguk orang sakit yang bisa dipanjatkan supaya cepat sembuh:

1. Dikutip dalam Islam.nu.or.id seperti diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA, berikut ini doa menjenguk orang sakit yang pernah dibaca Rasulullah

“Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba'sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā'an lā yughādiru saqaman”.

Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri,"

2. Dikutip dalam buku berjudul "Doa-doa Terbaik Sepanjang Masa: Rangkaian dan khasiat doa sehari-hari dari al-Qur'an dan Hadist" oleh Ust. Ahmad Zacky El-Syafa, selain doa di atas, doa ini juga salah satu doa Nabi Muhammad SAW saat menjenguk Sa'ad bin Abi Waqqash yang tengah berbaring sakit:

"Allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan, allahumma isyfi sa'dan"

Artinya: Ya Allah.. sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia, ya Allah sembuhkanlah ia dalam keadaan bahagia." (HR. Muslim)

Doa Saat Menjenguk Orang Sakitcanva.com

3. Dan ada juga doa menjenguk orang sakit keras agar cepat sembuh:

"As-Alullaaha rabbal'arsyil'adziimi an-yasyfiyaka (7x)"

Artinya: "Aku memohon kepada Allah Tuhan Yang Maha Agung Penguasa 'Arasy agar berkenan menyembuhkanmu (7x)." (HR. Abu Dawud dan Tirmizi).

Untuk doa yang lebih lengkap, bisa didahului dengan membaca beberapa surah pendek yang terdiri atas surah Al-Faatihah, surah Al-Ikhlash, surah Al-Falaaq dan surah An Naas, barulah kemudian membaca doa yang ada di atas. 

Kalaupun hanya diawali dengan surat Al-Faatihah saja sebenarnya tidak apa-apa. Pasalnya, surat Al-Faatihah ini ternyata memiliki nama lain, yaitu Asy Syifaa’, yang artinya adalah penyembuh atau doa. Dengan membaca surah Al-Faatihah ini, diharapkan supaya kita bisa lebih dekat kepada Allah, dan diharapkan pula supaya doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh-Nya.

Itulah beberapa doa menjenguk orang sakit sesuai dengan sunnah yang bisa kamu panjatkan agar cepat sembuh. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: Niat, Tata Cara Pelaksanaan, serta Doa Salat Taubat 

Baca Juga: Kumpulan Doa Meminta Jodoh yang Diinginkan

Baca Juga: Inilah Doa Qunut Nazilah untuk Mencegah Musibah