25 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

"Saengil chukahaeyo!"

25 Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Korea

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Apa yang biasanya kamu ucapkan pada teman yang sedang berulang tahun? Umumnya, tentu "Selamat ulang tahun", atau kalimat singkatnya berupa "Met ultah!". Namun, nggak jarang juga banyak yang menggunakan bahasa asing seperti "Happy birthday" dalam bahasa Inggris. Kalau penggemar dunia Korea, tentu kalimat selamat ulang bahasa Korea yang terkenal adalah "Saengil chukha hamnida." Benar, nggak, Bela?

Namun sebenarnya, kalimat selamat ulang tahun bahasa Korea ini terbagi dalam beberapa bentuk, lho. Bahasa Korea sendiri sebenarnya memiliki beberapa bentuk yang diujarkan sesuai dengan usia lawan bicara dan situasi percakapan itu terjadi (formal atau nggak formal). Selain itu, kalimat ulang tahun yang biasa diucapkan warga Korea Selatan juga ada yang berisikan harapan dan doa. Yuk, kita coba belajar ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Korea dengan benar!

Ucapan selamat ulang tahun bahasa Korea bentuk standar

Kalimat ucapan selamat ulang tahun yang biasanya kamu dengar dan kamu tirukan merupakan bentuk standar di negara itu. Ada dua kalimat atau frasa ulang tahun standar dalam bahasa Korea, di antaranya

  • 생일 축하합니다! = Saengil chuka hamnida
  • 생일 축하해요! = Saengil chukahaeyo

Kalimat pertama dan kalimat kedua memiliki arti yang sama. Bedanya ada pada akhiran -yo di kalimat kedua. Akhiran tersebut membuat kalimat itu menjadi lebih sopan.

Kata  "saengil" memiliki arti ulang tahun. Sedangkan kata "chuka hamnida" sendiri memiliki arti selamat. Maka, keduanya berarti "Selamat ulang tahun".

Kamu pun bisa menggunakan kata "chuka hamnida" jika ingin memberikan selamat pada orang lain atas keberhasilan atau kebahagiaannya.

Kalimat ulang tahun bentuk formal

Jika orang yang berulang tahun memiliki pangkat lebih tinggi darimu atau memiliki usia yang lebih tua darimu, kamu perlu menggunakan ucapan ulang tahun bentuk formal. Kalimatnya berbunyi:

생신을 축하드립니다! = Saengsineul chukadeurimnida.

Maknanya sama seperti bentuk standar. Hanya kalimat ini lebih formal dan kamu dapat menggunakannya pada orang yang kamu hormati, seperti guru atau orangtua.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here