Jatuh cinta pada seseorang dapat memunculkan dua rasa yang berbeda: senang dan takut. Senang karena kamu merasakan keindahan jatuh cinta dan sensasi kasmaran yang membawamu sampai langit ke tujuh. Takut karena kamu nggak yakin jika gebetan memiliki perasaan yang sama denganmu. Jika pilihan kedua yang terjadi, rasa jatuh cinta akan berubah menjadi kegalauan akut yang menjadikan dunia di sekitarmu terasa runtuh. Aduh, bukan pengalaman menyenangkan yang ingin kamu alami, deh!

Apa gebetan menyukaimu seperti kamu menyukainya? Sebenarnya, kamu dapat mengetahui jika gebetan hanya melihatmu sebagai teman semata, lho, Bela. Meski mencari tahu kenyataan ini terasa menyakitkan, lebih baik dari mengetahuinya sejak awal daripada belakangan melalui penolakan yang tegas darinya. Hiks! 

Kalau begitu, melansir dari Elite Daily, ini sikap gebetan yang menunjukkan kalau dia hanya menganggapmu sebagai teman.

1. Nggak menyentuhmu atau menunjukkan kasih sayang

Jangan Berharap Lebih, 5 Tanda Gebetan Hanya Anggap Kamu TemanPexels.com/Cottonbro

Salah satu tanda ketertarikan yang jelas adalah ketika seseorang berusaha melakukan kontak fisik dengan orang yang ia sukai, seperti memeluk atau sekadar menyentuh lengan ketika sedang  mengobrol. Sebaliknya jika seseorang nggak menunjukkan sikap ini, para ahli mengatakan kalau itu menjadi tanda ia hanya menganggap lawan bicaranya sebagai teman semata.

Coba lihat jika gebetan berusaha melakukan kontak fisik denganmu atau nggak. Bahkan jika gebetan menunjukkan rasa nggak nyaman atau canggung ketika kamu menyentuhnya, itu benar-benar menunjukkan kalau ia nggak memandangmu lebih dari sekadar teman biasa. Sebab, seseorang yang menyukaimu akan menunjukkan gestur tubuh menerima kontak fisik yang kamu lakukan padanya.

2. Nggak nyaman dengan pujian yang kamu berikan

Jangan Berharap Lebih, 5 Tanda Gebetan Hanya Anggap Kamu TemanPexels.com/Min An

Seseorang yang tertarik denganmu senang mendapatkan pujian darimu mengenai dirinya. Pada dasarnya, sebuah pujian adalah cara terbaik untuk menggoda dan menunjukkan ketertarikanmu padanya. Karena itu, coba perhatikan reaksi gebetan ketika kamu memujinya, Bela. Apa ia berterima kasih, hanya menertawainya dengan canggung, atau dirinya merasa senang dan turut memujimu? Jika ia membalas dengan reaksi yang canggung, besar kemungkinan kalau gebetan nggak memiliki perasaan yang sama denganmu.

3. Ia tertarik dengan orang lain

Jangan Berharap Lebih, 5 Tanda Gebetan Hanya Anggap Kamu TemanPexels.com/Andrea Piacquadio

Seberapa terbuka gebetan mengenai kehidupan romansanya? Apakah ia selalu membicarakan orang yang ia sukai dan nggak ada satu pun tentang dirimu? Membicarakan ketertarikan romansa pada orang lain menjadi pertanda lainnya kalau gebetan nggak memerhatikanmu, atau menjadi sebuah cara yang 'kurang dewasa' untuk membuatmu cemburu. Apa pun alasannya, ini menunjukkan kalau dia nggak tertarik denganmu, Bela.

4. Ia mengencani orang lain

Jangan Berharap Lebih, 5 Tanda Gebetan Hanya Anggap Kamu TemanPexels.com/Guiverg

Selain membicarakan ketertarikan romansanya dengan orang lain, pertanda lain yang menunjukkan gebetan nggak tertarik denganmu adalah dirinya berkencan dengan orang lain. Apalagi kalau dirinya sampai menceritakan pengalaman kencannya dengan orang lain. Sebab jika gebetan menyukaimu, ia nggak akan membuatmu berpikir kalau dirinya menjalin hubungan dengan orang lain. Maka, sikap ini menunjukkan kalau ia hanya memandangmu sebagai teman, nggak lebih.

5. Ia nggak mau berkencan denganmu

Jangan Berharap Lebih, 5 Tanda Gebetan Hanya Anggap Kamu TemanPexels.com/Cottonbro

Pernahkah kamu mengajaknya berkencan, namun gebetan selalu punya alasan untuk menolak ajakanmu? Apa gebetan terlihat nggak berusaha meluangkan waktu berdua bersamamu? Para ahli mengatakan kalau keduanya merupakan pertanda jelas yang menunjukkan gebetan nggak tertarik denganmu dan hanya menggangapmu sebagai teman.

Memang, sedih rasanya jika perasaan cinta bertepuk sebelah tangan. Meski mengecewakan, penting untuk nggak mencoba memaksakan sesuatu yang nggak bisa bersama. Jika memaksakan perasaanmu padanya, sikapmu tersebut hanya akan membuatnya kesal dan boleh jadi berujung pada hal yang buruk, yaitu memutuskan tali pertemanan di antara kalian.

Jadi, jalan terbaik adalah mencoba move on dan mencari gebetan baru. Nggak usah buru-buru, Bela. Ambil waktumu untuk menyembuhkan luka dari perasaan yang bertepuk sebelah tangan, sampai akhirnya merasa siap untuk mencari cinta baru!

Baca Juga: Bukan Rayuan, Ini 8 Kalimat Tanda Cowok Menyukaimu Lebih dari Teman

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Kesalahan Cewek Saat PDKT sama Gebetan

Baca Juga: Waspada! Ini 9 Tanda Jika Gebetan Melakukan Breadcrumbing padamu