Ibu mertua, mendengar namanya terkadang menimbulkan perasaan yang berbeda-beda pada masing-masing wanita. Ada yang sangat mendambanya, ada pula yang merasa khawatir karena mendengar rumor hubungan "menantu-mertua" kurang baik yang selalu dibicarakan banyak orang. Aku termasuk salah satunya, yang merasa cemas, apakah aku bisa menjadi sosok menantu baik di mata ibu mertua nanti? Ada sebongkah perasaan yang ingin kuungkapkan pada beliau melalui surat terbuka ini.

1. Terima kasih telah membesarkan pria terbaik di dunia

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanimdb.com

Untuk calon ibu mertua, pertama-tama aku ingin mengucapkan terima kasih padamu. Entah, apakah aku bisa menunjukkan betapa besarnya rasa syukurku padamu karena telah merawat dan membesarkan pria idamanku. Itu pasti nggak mudah. Ibu harus terjaga setiap malam saat anakmu sakit, mengajarkanya berbagai hal untuk berbagai alasan, dan mengerjakan berbagai macam hal untuk bisa membesarkan seorang anak laki-laki yang turut tumbuh bersama. Untuk semua cinta dan ketegasan yang engkau berikan untuk membuatnya menjadi pria yang baik padaku, aku sangat berterima kasih.

2. Mungkin aku belum pernah bertemu pasanganku

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanpinterest.com

Boleh jadi aku belum bertemu dengan anakmu, pria yang akan mencuri hatiku nanti. Namun nggak perlu menunggu itu, aku harus menyampaikan rasa terima kasihku padamu karena telah membesarkan dan mendukung anak lelaki yang telah ibu lahirkan ke dunia. Karena pada suatu hari nanti, ia akan menjadi pasanganku, Bu.

3. Aku sangat ingin bertemu denganmu, Bu

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanfdb.pl

Ibu pasti telah melihat anak laki-lakimu mengalami patah hati, namun itu yang mengajarkan kita arti sebenarnya untuk mencintai seseorang. Selain menunggu waktu untuk bertemu dengan pria idamanku, aku juga sangat ingin bertemu denganmu, calon ibu mertuaku.

4. Aku menghargai hubunganmu dengan anakmu

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanthemovieclips.com

Pasti terasa sulit saat melihat anakmu jatuh cinta pada wanita lain; karena engkaulah wanita yang menjadi cinta pertamanya. Aku menghagai hubungan yang Ibu punya dengan anakmu, dan aku berdoa itu adalah hubungan yang penuh kejujuran, tawa, sukacita, dan saling menghargai. Sebagian besar orang tua nggak memikirkan hal ini, tapi engkau menyiapkan anakmu untuk sebuah petualangan panjang bersama sosok wanita yang akan membuatnya menjadi sosok yang engkau percaya.

5. Aku bukan wanita sempurna, namun aku akan mencintai anakmu dengan sempurna

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depancelebuzz.com

Nggak memungkiri, aku pun merasakan patah hati dan melakukan kesalahan. Namun tanpa itu, aku nggak akan menjadi seperti sekarang. Aku mungkin bukan sosok wanita yang diharapkan anakmu, Bu. Namun pengalamanku di masa lalu akan mengingatkanku untuk tetap rendah hati saat melihat ke dalam mata anakmu. Itu yang akan membuatku menjadi wanita yang anakmu cintai. Aku pernah mencintai pria yang salah sepenuh hati, maka bayangkan betapa besarnya rasa cinta yang akan kuberikan pada anak laki-lakimu nanti, Bu.

6. Aku akan mencintai anakmu apa adanya

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanimdb.com

Aku nggak bisa menjanjikan hubungan yang berjalan dengan lancar, tanpa ada sakit hati, tanpa ada pertengkaran dalam pernikahan nanti. Namun yang  bisa kujanjikan padamu adalah aku akan mencintai anakmu apa adanya. Aku akan melanjutkan perjuanganmu untuk membesarkannya dan mengingatkannya tentang pengalaman yang membuatnya jadi sosok pria hebat sampai detik ini. Aku akan mendukungnya di saat ia merasa hidup membawanya jatuh begitu dalam. Sebab hidupnya akan menjadi hidupku.

7. Aku berjanji menyiapkan hatiku untuk pria idamanku, anakmu

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanthemovieclips.com

Aku akan selalu mengingatkannya untuk tertawa, mengingatkannya tentang hal-hal kecil yang begitu berharga di dunia ini. Aku berjanji untuk menjaga dan melindungi hatinya, menciumnya di setiap malam dan berada di sampingnya saat bangun pagi, serta aku berjanji akan terus berusaha menjadi wanita yang terbaik. Aku ingin menjadi diriku sendiri dalam versi yang terbaik ketika anak lelakimu hadir ke dalam duniaku. Aku berjanji, dengan mengerahkan seluruh kemampuanku, untuk menyiapkan hatiku pada pria idamanku, yaitu anak lelakimu, Bu.

8. Tapi, aku nggak akan menggantikan posisimu

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanpcwallart.com

Aku nggak tahu seberapa besar, namun aku bisa menjanjikanmu kalau aku nggak akan pernah menggantikan posisimu di hati anakmu, Ibu mertuaku. Engkau adalah wanita pertama yang ia cintai, dan aku nggak akan pernah mencuri posisi itu. Aku berjanji dengan segala cara, untuk menjaga hubungan antara engkau dan anakmu. Aku berjanji akan membantumu di dapur saat ada acara besar, dan akan menghubungimu ketika butuh saran saat menghadapi pria kita yang selalu menggerutu ini. Engkau adalah bagian penting dalam cerita ini dan dalam masa depanku. Tanpamu, cintaku nggak akan pernah ada.

9. Sekali lagi, terima kasih, Ibu mertuaku

Sebuah Surat untuk Ibu Mertua dari Calon Menantumu di Masa Depanpinterest.com

Jadi sekali lagi, aku berjanji untuk mencintai pria yang kita sayangi apa adanya, dan membangun masa depan kita bersama. Aku juga berjanji untuk selalu mengingatkan anak lelakimu agar nggak melupakan masa lalunya, tempat di mana dia berasal. Terima kasih atas segalanya yang telah engkau lakukan, dan masih terus dilakukan sampai detik ini. Aku sangat nggak sabar untuk bertemu denganmu.

Tertanda penuh cinta, calon menantumu di masa depan.

BACA JUGA: 9 Aturan yang Wajib Diikuti Sebelum Bertemu Calon Mertua