Jatuh cinta bisa terjadi di mana saja, salah satunya di kantor. Mungkin bukan kamu yang mengalaminya, melainkan rekan kerjamu yang tertarik dengan kepribadian menawanmu. Namun sayangnya, rekan kerja itu bukan termasuk dalam tipemu sehingga kamu hanya bersikap seperti biasa. Lalu, bagaimana jadinya ketika ia menyatakan cintanya padamu?

Menerimanya sama saja dengan memaksa dirimu untuk mencintai seseorang yang nggak kamu suka. Namun menolaknya bisa jadi memengaruhi hubungan profesional di antara kalian. Lalu, harus bagaimana, ya?

7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu

Terlepas dari bagaimana cara rekan kerja menyatakan cintanya padamu, ajak ia untuk berbicara secara langsung secara berdua, tanpa ditemani rekan kantor lain. Mengutip dari NBC News, berbicara secara berdua ini dapat menghindari kalian dari gosip kantor yang dapat membahayakan.

7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu

Mengutip dari The Street, kamu perlu berterima kasih pada rekan kerja yang menyatakan cintanya padamu meski kamu merasa nggak nyaman. Sebab kamu perlu menghargai dirinya yang telah berusaha mengungkapkan perasaannya padamu, dan menghargai bahwa dirinya memikirkan dirimu. Berterima kasih juga membantu rekan kerja merasa sedih maupun merasakan penolakan yang berat.

7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu

Jika nggak memiliki perasaan apapun pada rekan kerja, ucapkan secara tegas dan jelas sehingga nggak ada kebimbangan dalam pikirannya. Meski harus secara tegas, gunakan nada yang sopan dan nggak emosional. Dengan begitu, situasi tetap terkendali dan ia dapat mengerti perasaanmu dengan tepat.

7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu

Ada kemungkinan terciptanya jarak di antara kamu dan rekan kerja ini. Jadi saat menyatakan penolakan, jangan lupa untuk menyampaikan keinginanmu agar hubungan profesional di antara kalian tetap terjaga, dan kalian dapat bekerja dengan baik setelah kejadian ini.

7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu

Kalau kamu merasa ingin menerima cinta rekan kerja dengan alasan 'ingin mencoba terlebih dahulu', sebaiknya tahan keinginanmu, Bela. Kamu perlu memikirkan risiko memiliki pasangan di tempat kerja yang sama. Bagaimana jika hubungan nggak berjalan dengan baik? Saat putus, apa semuanya bisa kembali normal?

7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu

Ketika sudah menolak pernyataan cinta rekan kerja, kamu perlu menjaga sikap saat bersamanya. Hindari bersikap terlalu dekat, atau terlalu bergantung padanya. Ini dapat menimbulkan kesalahpahaman dan kebingungan pada rekan kerja. Terlebih ketika ia masih berusaha move on dari penolakan. Karena itu, jaga sikapmu senormal mungkin saat bersamanya, Bela. Jika ia meminta waktu untuk menjauh sementara darimu, kamu perlu menghormati pilihannya itu.

7 Cara Halus Menolak Teman Kerja yang Naksir Kamu

Sebaliknya, ketika rekan kerja terus-menerus mengganggumu, bahkan berani melakukan tindakan yang kurang baik, saatnya melaporkan dirinya pada atasan. Sebab tindakan seperti ini bisa berkembang lebih jauh menjadi pelecehan seksual dalam lingkungan kerja.

Menolak rekan kerja yang menyukaimu bisa sangat menyulitkan. Namun dengan sopan dan tegas, kamu bisa memberikan pengertian pada dirinya.

BACA JUGA: 7 Cara Terbaik Menolak Cowok Tanpa Menyinggung Perasaannya​