Waku berpuasa akan terasa sangat panjang jika hanya dihabiskan dengan berdiam diri (demi menghemat energi!). Terlebih ketika menunggu waktu berbuka, rasanya detik berganti begitu lama. Daripada bingung, kamu bisa mengisi waktu dengan menonton film favorit. Di bulan Ramadan ini, nggak ada salahnya untuk menonton ulang koleksi film religi yang romantis. Selain sarat nilai agama, juga banyak pesan cinta yang bisa kamu dapatkan. Berikut ini, ada daftar film reliji rekomendasi Popbela yang bisa kamu tonton sembari menunggu waktu buka puasa!

1. Ayat-Ayat Cinta

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitJustwatch.com

Boleh jadi, ini adalah pelopor film religi romantis di Indonesia. Film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy ini mengangkat isu poligami yang kontroversial di Indonesia, dalam sebuah kisah cinta haru biru antara seorang pria sempurna (Fedi Nuril), dengan dua perempuan yang ia cintai (Rianti Cartwright dan Carissa Putri). Chemistry para pemain yang sangat kuat, alur cerita yang berbeda, dan latar belakang kehidupan masyarakat Mesir, sukses menggugah emosi para penonton. Nggak heran jika pada tahun 2017 lalu, tayang sekuel dari Ayat-Ayat Cinta.

2. Ketika Cinta Bertasbih

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitSubscene.com

Masih diangkat dari novel karya penulis yang sama, film Ketika Cinta Bertasbih juga menjadi film religi yang wajib kami tonton. Baik film pertama dan kedua sama-sama meraih perhatian yang cukup besar dari masyarakat Indonesia! Film yang diperankan oleh Oki Setiana Dewi, Alice Norin, Andi Arsyil Rahman, dan aktor pendatang baru Kholidi Asadil Alam ini menceritakan perjuangan seorang mahasiswa Indonesia dalam menuntut ilmu di Mesir dan menemukan jodohnya.

3. 99 Cahaya di Langit Eropa

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitDok. internet

Bagaimana rasanya menjalani kehidupan rumah tangga di luar negeri? Kamu akan tahu dengan menonton 99 Cahaya di Langit Eropa. Film yang dimainkan oleh Acha Septriasa dan Abimana Aryasatya ini menceritakan kisah sepasang suami-istri yang harus beradaptasi saat tinggal di Eropa dan bertemu berbagai sahabat. Nggak hanya menyorot soal cinta, film garapan Guntur Soeharjanto ini juga mengangkat nilai sejarah Islam di benua Eropa. Buat kamu yang suka sejarah, film ini wajib kamu tonton.

4. 3 Hati, 2 Dunia, 1 Cinta

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitDok. internet

Film yang diperankan oleh Reza Rahadian, Laura Basuki, dan Arumi Bachsin ini mengisahkan kisah cinta dua orang dengan keyakinan berbeda, sebuah kenyataan yang selalu ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Diwarnai unsur humor, film yang mengangkat tema perbedaan keyakinan ini juga menyuguhkan cara masing-masing karakter pemain dalam menyikapi masalah ini. Film yang diangkat dari dua novel karya Ben Sohib ini meraih banyak penghargaan dalam acara Festival Film Indonesia 2010, worth to watch!

5. Cinta Suci Zahrana

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitDok. internet

Saat seorang perempuan sukses dalam dunia akademik, namun nggak kunjung menikah sampai usianya beranjak semakin dewasa, bagaimana ia akan menghadapi pandangan sosial terhadap status hubungannya? Kalau tertarik dengan masalah perempuan yang satu ini, kamu wajib menonton Cinta Suci Zahrana, Bela. Film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy menceritakan lika-liku kehidupan Zahrana (Meyda Sefira), perempuan paling jenius dan sukses dalam kariernya, yang kurang beruntung dalam urusan percintaan.

6. Kukejar Cinta Ke Negeri Cina

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitYoutube.com

Film yang dimainkan oleh Adipati Dolken, Nina Zatulini, Ernest Prakasa, dan Eriska Rein ini menceritakan tentang sosok pria yang juga mahasiswa abadi, mengejar jodoh impiannya dari negeri Cina, yang sedang di-khitbah oleh pria lain pun lebih saleh. Tayang pada tahun 2014 lalu dan digarap oleh Fajar Bustomi, film drama romansa dengan sentuhan komedi dan religi ini menyuguhkan cerita segar yang cocok dinikmati oleh para remaja. Bagaimana nasib sang pria pemain utama, ya?

7. Assalamualaikum Beijing

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitWikipedia.co.id

Adaptasi dari novel karya Asma Nadia, film ini menceritakan perjuangan cinta segitiga yang kompleks: Ra atau Asma (Revalina S. Temat) harus melupakan Dewa (Ibnu Jamil) yang mengkhianatinya sehari sebelum pernikahan. Ia pergi ke Beijing dan bertemu dengan Zhongwen (Morgan Oey), pria yang mengagumi sosoknya. Bagaimana perjuangan Asma untuk move on dan membuka lagi hatinya untuk cinta? Dengan jalan cerita yang menarik dan latar belakang negeri Cina yang menawan, kamu akan hanyut dalam film ini.

8. Surga yang Tak Dirindukan

8 Film Religi Romantis yang Bisa Kamu Tonton Saat NgabuburitImdb.com

Masih dari penulis yang sama, film adaptasi dari novel karya Asma Nadia ini menceritakan tentang kehidupan rumah tangga sempurna Pras (Fedi Nuril) dan Arini (Laudya Cynthia Bella) yang terusik dengan kehadiran Meirose (Raline Shah), perempuan yang menginginkan kebahagiaan seperti Arini. Film pertamanya yang dirilis tahun 2015 menuai sukses besar sehingga rilis sekuelnya pada tahun 2017 lalu.

Itu delapan film religi romantis yang dapat kamu tonton saat ngabuburit. Kamu juga bisa menontonnya bersama keluarga, teman-teman, atau pasangan!

BACA JUGA: 5 Kegiatan Asyik untuk Mengisi Waktu Ngabuburit Kamu!​