Putus cinta memang menyakitkan. Tak jarang, seseorang rela melakukan hal gila demi balikan dengan mantan. Jika kamu yakin memiliki masa depan cerah dengan mantan, mengajak mantan balikan sah dilakukan. Tapi jangan jadikan balikan dengan mantan sebagai obsesi. Jika kamu sudah minta balikan sekali dan mantan tetap tidak mau, ini saatnya untuk move on.

Jika enggan mengajak balikan karena takut ditolak, jangan khawatir, Bela. Sebenarnya, ada cara jitu mengajak mantan balikan, bahkan tanpa membuatmu terlihat memohon berlebihan padanya! Melansir dari berbagai sumber, ini cara mengajak balikan mantan yang dapat kamu coba lakukan.

1. Cari tahu jika ia masih peduli padamu

Sebelum mulai melakukan tips-tips mengajak balikan mantan, cari tahu dulu isi hatinya padamu. Jika mantan ternyata masih menaruh perhatian padamu, artinya kamu memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan hatinya lagi. Juga, akan lebih mudah untuk mendekatinya. Namun jika mantan menunjukkan jika dirinya nggak lagi tertarik padamu, saatnya untuk mundur perlahan.

2. Berhenti menghubunginya dan memberi ruang di antara kalian

9 Cara Balikan Sama Mantan, Kamu Harus Coba!Pixabay.com/Free Photos

Melansir dari Huff Post, memenuhi chat-nya dengan pesan singkat berisikan maaf dan kata sayang, bukan hal yang tepat dilakukan. Menghubunginya terus-menerus justru akan membuatmu terlihat memelas perasaannya. Sebaliknya, agar mantan mau kembali padamu, berhenti menghubunginnya.

Mengapa? Dengan teknik ini, kamu memiliki waktu untuk mengelola dan menjernihkan kembali perasaanmu. Sebab memohonnya balikan di saat baru putus malah dapat menyebabkan masalah baru dengan konsekuensi yang lebih serius. Jadi ketimbang menghubungi mantan, cobalah meluangkan waktu untuk sendiri dan menjauhi niat untuk mengiriminya pesan atau menelepon mantan.

3. Beri dia waktu untuk merindukanmu

Alasan lain yang menyarankanmu untuk berhenti menghubungi mantan setelah putus adalah kamu dapat memberikannya ruang pribadi untuk berpikir. Dengan begitu, ia dapat menyadari kehidupannya setelah putus denganmu. Mengutip dari Vixen Daily, memberikan ruang dan waktu pribadi seperti ini pun mendorongnya untuk menyadari jika ia merindukanmu. Sebab pepatah mengatakan, "Ketiadaan membuat hati semakin merindukan." Hal ini hanya dapat terjadi ketika kamu benar-benar hilang dari jangkauan mantan.

4. Jadi pribadi baru

9 Cara Balikan Sama Mantan, Kamu Harus Coba!Pixabay.com/Danielsampaioneto

Nggak memungkiri, sulit untuk move on ketika baru saja putus. Namun melansir dari Hack Spirit, kamu harus berusaha untuk mengembalikan semangatmu dan fokus pada mencintai diri sendiri. Perbaiki penampilanmu, perbaiki gaya hidupmu. Kamu akan terlihat seperti pribadi baru yang segar dan penuh percaya diri. Perubahan yang kamu alami ini bisa menjadi salah satu daya tarik di mata mantan, lho! Ia boleh jadi menyesal telah putus denganmu. Artinya, kamu punya kesempatan untuk kembali padanya!

5. Menghabiskan waktu dengan teman maupun keluarga

Selagi menjalani gaya hidup baru, kamu perlu meluangkan waktu untuk melalui quality time bersama teman maupun keluarga. Habiskan waktu bersama orang lain dan biarkan mantan tahu kegiatanmu setelah putus darinya. Melihat kamu dapat bersenang-senang dengan orang lain dapat menimbulkan kecemburuan dalam hatinya. Ia cemburu karena perhatian yang biasanya ia dapatkan darimu, kini ditujukan untuk orang lain.

6. Jangan memberikannya seluruh perhatianmu

9 Cara Balikan Sama Mantan, Kamu Harus Coba!Pixabay.com/Free Photos

Mungkin kamu berpikir dengan memberikan banyak perhatian dan mengabulkan permintaannya, akan membuat ajakan balikanmu diterima dengan baik olehnya. Kemungkinan tersebut memang ada. Namun sebaliknya, terlalu sibuk mencurahkan perhatian pada mantan hingga mencoba memohon balikan dengan mantan hanya akan membuatnya pergi darimu. Sebab, kedua sikap itu membuatmu kehilangan daya tarik! Selain itu, sikapmu ini memberikan kesempatan pada mantan untuk membangun hubungan yang kurang sehat. Ia dapat mengendalikanmu.

7. Mengurangi rasa cemburu pada mantan

Boleh jadi mantan terlihat baik-baik saja setelah putus, atau malah telah menggandeng pacar baru. Rasanya pasti menyakitkan, ya? Namun, tahan rasa sakit hatimu dan rasa cemburu dalam dadamu, Bela. Ketika situasi ini terjadi, kecil kemungkinannya untukmu bisa kembali dengan mantan. Usahakan untuk tetap tenang. Jika ada kesempatan untuk mengobrol dengan mantan, hindari menanyakan keadaan hubungannya. Itu hanya akan membuatmu sebagai perempuan yang suka ikut campur kehidupan orang lain.

8. Hubungi mantan dengan pikiran yang lebih jernih

9 Cara Balikan Sama Mantan, Kamu Harus Coba!Pixabay.com/Andrian Valeanu

Setelah melalui waktu tanpa mengobrol dengan mantan, dan kamu telah berhasil fokus memperbaiki diri sendiri, kamu dapat kembali menghubunginya. Sekadar sapaan, "Hai", dijamin sudah membuat hatinya semakin berdebar, lho. Kirimi ia pesan singkat atau telepon. Namun saat mengobrol, jangan terburu-buru untuk langsung mengungkapkan keinganmu untuk kembali ke pelukan mantan.

Mulai dengan topik ringan atau topik basa-basi. Selanjutnya, mulai angkat kisah-kisah masa lalu menyenangkan antara kamu dengan mantan di masa lampau. Dengan cara ini, kamu membuat mantan kembali memikirkanmu dan beranggapan kalau hidupnya jauh lebih baik saat bersamamu.

9. Sampaikan keinginan balikan pada mantan

Setelah melewati waktu tanpa komunikasi dengan mantan, sampai telah berani menghubunginya untuk memulai percakapan sederhana, maka tandanya kamu sudah masuk langkah terakhir, yaitu menyampaikan keinginanmu untuk balikan dengan mantan.

Utarakan perasaanmu secara jelas dan tegas, nggak bertele-tele, dan nggak berlebihan. Ungkapkan keinginanmu untuk kembali padanya, dan tunjukkan pada mantan kalau ia memang sosok yang kamu butuhkan dalam di hidup. Kalau bingung untaian kata yang pas, ada beberapa contoh kata-kata ajakan balikan mantan yang bisa membuatmu meleleh saat mendengarnya.

Nggak ada yang salah mengajak balikan mantan. Nggak perlu takut karena gengsi, apalagi takut ditolak. Hal terpenting yang perlu diingat adalah jangan terlihat memelas dan memohon berlebihan pada mantan untuk memintanya balikan. Sebaliknya, tunjukkan jika kamu dapat menikmati hidupmu setelah putus, lalu perlahan dekati ia kembali dan bangkitkan kenangan bahagia kalian dalam pikirannya.

Dijamin, ia akan langsung menerima ajakan balikan darimu. Kalau sudah begitu, pastikan kamu dan dirinya telah berubah, serta dapat menjaga hubungan lebih baik dari sebelumnya.

Itulah beberapa cara mengajak balikan mantan yang dapat kamu coba lakukan. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: 25 Kata-Kata Balikan Sama Mantan di Berbagai Situasi