Takut kehilangan orang yang kamu cintai adalah hal yang wajar kamu rasakan. Setiap orang pasti pernah mengalaminya dalam hidupnya. Kehilangan orang yang kamu cintai, apakah itu pacar, pasangan, orangtua, atau saudara, untuk selama-lamanya tentu bukan hal yang mudah bagi siapa pun yang merasakannya. 

Meski rasa takut kehilangan ini adalah hal yang normal, emosi ini dapat menjadi masalah besar ketika menghalangi dirimu untuk move on dan melanjutkan hidup. Rasa takut kehilangan dapat menjadi sebuah tembok besar yang menghalangimu untuk bahagia dan mencinta lagi. 

Jika pernah atau sedang merasakan hal ini, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengelola rasa ketakutan tersebut.

1. Mengetahui kalau reaksi ini normal

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Pixabay

Melansir dari Medium, rupanya ada istilah yang tepat menggambarkan rasa takut kehilangan ini, Bela. Namanya 'thantophobia', yaitu ketakutan akan kehilangan seseorang. Perasaan ini dapat tumbuh begitu kuat dalam diri seseorang dan mengendalikan hubungan asmara orang tersebut dengan pasangannya.

Sekali lagi ingat kalau rasa takut kehilangan seseorang adalah hal yang wajar. Kita semua merasakannya dari waktu ke waktu, bahkan terkadang tanpa alasan yang jelas. Kita hanya merasakannya karena orang tersebut begitu berharga dan berpikir kalau hidup tanpa dirinya akan terasa begitu hampa.

2. Berhenti berusaha mengendalikan semuanya

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Tophee Marquez

Ingat kalau ada banyak hal dalam hidup yang berada di luar kendalimu, termasuk rasa takut kehilangan seseorang. Kita semua rentan dengan kehilangan seseorang. Memikirkannya saja sudah terasa sulit, namun itu akan terjadi cepat atau lambat, bagaimanapun caranya. Semakin kamu menerima kenyataan ini, menerima kalau dirimu nggak dapat mengendalikan masa depanmu, semakin kamu merasa lebih rileks dan menikmati hidup hari ini.

3. Menyadari kalau kematian dan kepergian adalah bagian dari hidup

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Andrea Piacquadio

Ada beberapa hal yang pasti akan kita semua hadapi dalam hidup, salah satunya adalah berhadapan dengan kematian. Pada suatu waktu, seseorang yang kamu cintai akan pergi meninggalkanmu dari dunia ini. Ini akan terjadi, sudah menjadi takdir yang nggak dapat dielakkan. Jadi, sadar kalau kamu harus berhadapan dengan kenyataan ini dalam hidupmu.

4. Lakukan yang kamu bisa

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Văn Thắng

Luangkan waktumu untuk menghabiskannya dengan orang yang kamu cintai. Buat setiap momen bersamanya menjadi begitu istimewa. Ucapkan hal-hal yang perlu kamu utarakan padanya. Jangan biarkan rasa takutmu menghalangimu untuk menjadi dekat dengan orang yang kamu cintai.

5. Tuliskan ketakutanmu

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Negative Space

Tuangkan semua pikiranmu dalam sebuah jurnal. Dengan menuliskannya, kamu dapat mencurahkan sebagian rasa takut kehilangan seseorang dan dapat melaluinya tanpa harus melibatkan cara yang lebih rumit.

6. Yakin kalau kamu dapat melaluinya

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Engin Akyurt

Sebagian besar dari rasa takut akan kehilangan seseorang adalah kekhawatiranmu menghadapinya ketika itu terjadi. Tapi, percayalah kalau kamu lebih kuat dari yang kamu pikirkan. Tanyakan seseorang yang pernah mengalami kehilangan dan mereka akan mengatakan kalau kekuatan yang kamu butuhkan sebenarnya ada dalam dirimu sendiri.

7. Menjalani dan menikmati hari ini

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Cottonbro

Kenyataannya, hidup dapat berubah dalam sekejap saja. Apa pun yang terjadi dalam hidupmu hari ini dapat berbeda di hari esok. Karena itu, syukuri yang kamu miliki hari ini dan jalani setiap momennya semaksimal mungkin.

8. Yakin kalau hidup akan tetap berjalan

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Ekrulila

Rasanya, akan sangat nggak mungkin untuk melanjutkan hidup ketika orang yang kamu cinta pergi meninggalkanmu. Detak kehidupan seakan berhenti saat itu terjadi, saat kehilangan itu nyata adanya. Namun sebenarnya, kehidupan terus berjalan, Bela. Waktu terus berputar, dan kamu ada di dalamnya untuk tetap melanjutkan perjalananmu lagi.

9. Nggak ada kata terlambat

9 Tips Mengatasi Rasa Takut Kehilangan Orang yang Kamu CintaiPexels.com/Andrea Piacquadio

Bahkan jika mengalami ketakutan terburukmu karena kehilangan seseorang yang kamu cintai, ingat kalau mereka selalu ada dalam kenanganmu dan pikiranmu. Mereka hidup dalam dirimu. Semua yang kamu lakukan telah dipengaruhi oleh kehadiran mereka di masa lalu. Jadi, kamu bisa merasa lebih baik.

Nggak ada satu orang pun di dunia yang ingin kehilangan orang tercintanya. Namun, kematian, kepergian, perpisahan adalah suatu momen dalam hidup yang akan dialami oleh semua orang. Takut kehilangan orang yang kamu cinta adalah perasaan yang wajar. Namun, nggak dapat melanjutkan hidup karena ketakutan itu adalah hal yang nggak wajar. Lakukan tips-tips ini agar kamu dapat melalui rasa takutmu dan mampu melewati mimpi buruk ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Ditinggalkan Lebih Menyakitkan Daripada Meninggalkan