Pada saat media sosial masih menjadi hal baru bagi netizen, banyak pengguna dengan terang-terangan mengungkapkan status hubungannya pada publik. Single, in relationship, married, dan sebagainya. Bahkan, nama pasangan sering dicantumkan dalam profil atau status, untuk menunjukkan kalau dirinya sudah ada yang punya serta sebagai wujud kasih sayang pada orang terkasih. Kebiasaan-kebiasaan ini membuat status hubungan seseorang mudah ditebak dengan sekali lihat saja. Bukan begitu?

Namun seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini perlahan memudar. Banyak orang yang sedang 'in relationship', nggak lagi menunjukkan statusnya tersebut secara jelas di media sosialnya. Di sisi lain, ini menyulitkan seseorang untuk menebak status hubungannya via media sosial, terutama jika kamu sedang stalking gebetan dari akun Instagram-nya. Tapi, tenang saja, Bela. Melansir dari Elite Daily, ada beberapa tanda yang terlihat dari Instagram seseorang kalau dirinya sedang single alias lajang. Apa saja?

1. Nggak ada foto dengan pasangannya

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Lisa Fotios

Tentu saja, ini merupakan tanda yang sangat jelas. Seseorang yang sedang single nggak akan memiliki foto couple dengan pasangannya. Namun mengingat masa kini, banyak yang menjalin hubungan namun jarang mengunggah foto romantis dengan pasangannya. Lantas, bagaimana cara membaca tanda ini?

Foto dengan pasangan nggak mesti gaya mesra, Bela. Jadi, telusuri Instagram-nya, baik melihat foto unggahannya maupun foto yang dibagikan dari temannya. Jika ada foto yang memperlihatkan gebetan bersama dengan seseorang, berdua saja, dekat secara fisik, boleh jadi orang tersebut adalah pasangannya. Terlebih jika gebetan selalu berfoto berdua dengan orang itu, atau beramai-ramai. Namun sebelum berasumsi, coba lihat nama orang tersebut. Boleh jadi, orang itu adalah saudara kandung atau saudara dekat gebetanmu!

2. Foto profilnya sendiri

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Artem Beliaikin

Memang, orang yang sedang menjalin hubungan nggak selalu memasang foto couple sebagai foto profil akunnya. Namun, foto tersebut adalah kesan pertama yang ia ingin berikan pada publik yang mengunjungi akunnya. Jadi jika foto profilnya bersama seseorang, boleh jadi itu adalah orang yang cukup istimewa untuk gebetan. Bisa pasangan, bisa juga saudaranya, bisa pula teman dekatnya. Atau boleh jadi, gebetan memasang foto berdua tersebut karena terlihat bagus. Namun umumnya, foto profil yang merupakan foto couple menandakan kalau orang tersebut adalah pasangannya.

3. Kebanyakan foto bersama teman-temannya

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Kerde Severin

Baik itu hanya foto berdua, atau foto bersama-sama, beberapa orang tertentu akan selalu ada dalam unggahan Instagram-nya. Biasanya, orang-orang tersebut adalah teman-temannya. Artinya, gebetan kamu berstatus lajang. Namun jika ada satu orang selalu muncul di Instagram-nya, kamu harus siap-siap patah hati, Bela. Memang, kamu nggak bisa langsung berasumsi kalau orang itu adalah pasangan gebetanmu. Maka, ada cara untuk mengetahuinya.

Periksa akun orang yang selalu muncul di unggahan Instagram gebetanmu. Jika orang tersebut ternyata menjalin hubungan dengan yang lain, jelas sudah dirinya bukan pasangan gebetan. Namun jika orang tersebut sering mengunggah foto dengan gebetanmu, boleh jadi ia sosok spesial yang perlu kamu perhatikan.

4. Gebetan nggak selalu tag orang yang sama

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/ Rene Asmussen

Mungkin foto-foto Instagram gebetan nggak selalu diisi dengan wajah yang sama? Belum tentu ia single, Bela. Coba perhatikan caption atau tag pada tiap fotonya. Jika ia selalu men-tag orang yang sama di tiap fotonya yang terlihat sendiri, atau menyebutkan nama akun yang sama di tiap caption, boleh jadi orang tersebut adalah sosok istimewa bagi gebetan. Boleh jadi teman dekat, boleh jadi pasangannya.

5. Caption mengindikasikan status lajang

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Tyler Lastovich

Caption Instagram seringkali memiliki makna sama dengan foto yang diunggah. Apa gebetanmu sering membuat caption seperti, "I'm available to date!", atau dengan bercanda memanggil temannya sebagai teman kencannya? Apa ia sering menggunakan hashtag single? Kalau ya, boleh jadi gebetanmu single.

6. Unggahan foto menarik perhatian

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Tommy Huang

Umumnya, seseorang yang sudah memiliki pasangan jarang mengunggah foto yang dapat menarik perhatian lawan jenis lainnya. Jadi ketika gebetanmu sering mengunggah foto yang menunjukkan sisi terbaiknya, seperti lekuk tubuhnya yang bagus atau senyumnya yang manis, ini dapat menjadi tanda kalau dirinya single dan sedang menarik perhatian followers-nya.

Namun lagi-lagi lihat caption-nya. Jika ia membuat caption dengan menyebut nama akun yang sama, boleh jadi gebetan sudah memiliki pasangan. Tetapi jika caption-nya seakan ingin menarik perhatian, artinya ia memang ingin menarik perhatianmu.

7. Foto tag nggak selalu dari akun yang sama

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Vera Arsic

Jangan hanya melihat foto unggahan gebetan jika ingin stalking dirinya. Lihat pula tab foto tag-nya. Mungkin saja gebetan bukan tipe pengguna media sosial yang senang mengunggah foto pasangan. Namun jika foto tag-nya kebanyakan berasal dari akun yang sama, dan selalu foto berdua, artinya kamu harus menilik lebih lanjut akun ini.

Selain itu jika gebetan sering repost Instagram Story dari seseorang yang sama, itu menjadi tanda kamu harus mencari tahu akun ini.

8. Jarang berkencan

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Daria Shevtsova

Jika gebetanmu mengunggah foto atau Instagram Story seakan sedang makan malam bersama seseorang, boleh jadi ia melakukan itu bersama teman. Namun jika gebetan sering mengunggah foto makan malam ini dan men-tag orang yang sama, boleh jadi orang tersebut adalah pasangannya. Ia mungkin nggak menampakkan wajah pasangannya, namun baginya cukup dengan mengunggah foto kencan dan men-tag akun pasangannya di foto itu.

9. Jarang tag orang yang sama dalam kolom Komentar

9 Tanda di Instagram Ini Tunjukkan Kalau Gebetan SinglePexels.com/Cristian Dina

Cara terakhir yang paling sulit untuk mencari tahu gebetan lajang atau nggak adalah dengan melihat komentarnya pada akun-akun komedi atau humor. Lihat nama akun yang gebetan mention pada kolom Komentar itu. Boleh jadi akun yang ia sebut adalah temannya. Namun, nggak menutup kemungkinan akun itu adalah akun pasangannya. Coba baca jenis komentarnya dan nilai berdasarkan intuisimu.

Nggak semua orang menunjukkan status asmaranya dengan jelas di media sosialnya karena beberapa orang menganggap itu adalah privasi yang nggak ingin ia sebarkan. Namun sekalipun nggak terlihat jelas, kebanyakan orang yang sedang menjalin hubungan akan mengindikasikan statusnya dengan cara yang halus. Jadi, pastikan kamu membaca tanda-tanda di atas untuk mengetahui jika gebetanmu single dan siap untuk dikejar, Bela.

Baca Juga: 9 Cara Chat dengan Gebetan Ini Bikin Dia Betah Sama Kamu