Bela, kamu masih single? Mungkin kalau ditanya kenapa sampai sekarang belum menemukan gandengan, kamu akan menjawab dengan diplomatis. Mulai dari kamu mau fokus mengembangkan karier atau menyelesaikan skripsi sampai kamu lagi nggak mau repot urusan percintaan. Nggak masalah sih kalau kamu memang sedang menikmati kesendirianmu. Tapi kalau dalam hati kamu mendambakan sosok yang bisa mengisi hatimu, coba renungkan beberapa hal berikut. Mungkin inilah alasan kenapa kamu masih sendiri selama ini. 

 

1. Bela, Ini Alasannya Kamu Belum Menemukan Gandengan Sampai Sekarang 

Kamu pasti asyik dengan duniamu sendiri dan seringkali mengabaikan hal-hal di luar kesibukanmu. Entah itu organisasi kampus yang kamu geluti atau pekerjaan di kantor yang nggak bisa kamu tinggalkan. Hmm, bagaimana mau dapat pacar kalau kamu saja nggak punya waktu luang untuk kehidupan pribadimu.

 

2. Bela, Ini Alasannya Kamu Belum Menemukan Gandengan Sampai Sekarang

Setiap ada cowok yang mengajak kenalan atau memberikan sinyal-sinyal ketertarikan padamu, kamu nggak menggubrisnya. Sebenarnya bukan bermaksud jahat atau sok jual mahal. Kamu hanya nggak sadar aja bahwa selama ini ada yang memperhatikanmu. Come on, Bela. 

 

3. Bela, Ini Alasannya Kamu Belum Menemukan Gandengan Sampai Sekarang

Mungkin kamu sendiri sudah capek mendengar komentar ini dari sahabat-sahabatmu. Kamu selalu bisa melihat kekurangan cowok-cowok yang dekat denganmu. Nah, untuk menyiasatinya, cobalah untuk melihat ketidaksempurnaannya yang bisa kamu tutupi dengan kelebihanmu. 

 

4. Bela, Ini Alasannya Kamu Belum Menemukan Gandengan Sampai Sekarang

Kalau kamu sering banget dengar ucapan "Sombong banget sih kamu," atau "Sudah nggak usah jaim, deh," ini berarti gengsimu selangit. Coba turunkan sedikit gengsimu meskipun hal ini nggak mudah bagimu. Menjalin hubungan dengan seseorang itu butuh usaha dari kedua belah pihak, Bela. Kalau kamu nggak membuka diri, nggak akan ada yang nyantol di hatimu meskipun si gebetan sudah bersusah payah mendapatkanmu. 

 

5. Bela, Ini Alasannya Kamu Belum Menemukan Gandengan Sampai Sekarang

Kamu sering takut kalau nanti dia nggak sesuai dengan bayanganmu.  Atau kamu sering berpikir, "Nggak mau sama dia ah, kata temanku dia banyak teman ceweknya. Bisa-bisa aku diselingkuhin nanti." Waduh, belum jadian saja sudah takut diselingkuhin. 

 

6. Bela, Ini Alasannya Kamu Belum Menemukan Gandengan Sampai Sekarang

Jangan pakai alasan belum ada yang mau sama kamu saat ditanya kenapa kamu masih saja menjomblo. Sebenarnya bukan karena nggak ada yang tertarik padamu, tapi karena kamu yang mainnya kurang jauh. Kalau lingkaran pertemananmu stuck di situ-situ saja, bagaimana mau ketemu dengan orang baru yang berpotensi merebut hatimu? 

 

7. Bela, Ini Alasannya Kamu Belum Menemukan Gandengan Sampai Sekarang

Ini dia alasan yang paling sering ditemui cewek-cewek yang lama menjomblo. Kalau nggak mencintai diri sendiri, kamu nggak akan merasa nyaman dan percaya diri menjadi dirimu sendiri. Bagaimana orang lain mau mencintaimu kalau kamu belum memahami dan menerima dirimu sendiri apa adanya? Kalau kamu punya trauma di masa lalu atau pernah disakiti, sekaranglah saatnya kamu move on. Ingat, hanya karena kamu ada pengalaman nggak enak sebelumnya, nggak berarti kejadian tersebut akan terulang lagi. Kamu hanya perlu belajar dari pengalaman tersebut. Jangan menolak segala sesuatu yang beresiko menghidupkan kembali trauma masa lalumu.  

 

Bener nggak, Bela? Kalau kamu merasa alasan-alasan di atas cocok denganmu, berarti sudah saatnya kamu mawas diri. Mencari pacar itu bukan hanya tentang menarik perhatian kaum adam dan berdandan cantik lho, Bela. Tapi lebih kepada bagaimana kamu menilai dirimu sendiri sebagai seorang pribadi dan menentukan prioritas hidupmu. Selamat menebar jalamu, ya!