Seorang musisi dapat menciptakan karya musik yang bisa datang dari ide di mana saja dan kapan saja. Contohnya adalah lagu yang diciptakan berdasarkan pengalaman pribadi penyanyi. Siapa saja penyanyi yang mengangkat pengalaman pribadi sebagai kisah dalam lagunya?

1. Aura Kasih​

5 Lagu Cinta yang Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi PenyanyinyaInstagram @aurakasih

Banyak orang bilang, sebuah lagu adalah doa atau permohonan. Hal ini dialami oleh Aura Kasih, salah satu penyanyi Tanah Air yang terkenal cantik dan seksi. Setelah cukup lama vakum dalam industri musik, belum lama ini Aura merilis single terbarunya berjudul Long Distance, mengisahkan kerinduan pada kekasih jauh yang lama tak jumpa. Awalnya ia tak menyangka kisah dalam lagunya dialami di kehidupan percintaannya. Seletah move on dari Gleen Fredly, kini ia menjalani hubungan long distance relationship dengan model bule asal Argentina bernama Lucho Moroz.

2. Isyana Sarasvati

5 Lagu Cinta yang Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi Penyanyinya
instagram.com/isyanasarasvati

Kepopuleran Isyana Syarasvati dalam kancah Industri musik tidak bisa lepas dari lagu hits berjudul Tetap Dalam Jiwa. Lagu ini merupakan kisah nyata persahabatan Isyana dengan teman yang kerap kali menjadikan Isyana sebagai teman curhatnya. Sebagai musisi, ia hanya bisa membuatkan lagu untuk menjawab curhatan temanya. Wah, ternyata ide bisa datang dari mana saja ya, Bela.

3. Sheryl Sheinafia

5 Lagu Cinta yang Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi Penyanyinya
instagram.com/sherylsheinafia

Penyanyi multitalenta dan merupakan ikon anak muda ini sering menyanyikan lagu-lagu hasil karyanya sendiri. Contohnya lagu berjudul Kutunggu Kau Putus. Lagu ini terinspirasi dari kisah percintaan sahabat-sahabatnya. Banyak yang curhat ke Sheryl tentang hubungan asmara temannya yang terjebak dalam cinta segitiga dan teman yang menyukai orang yang sudah memiliki kekasih. Bagi Sheryl, meski judul lagu ini terkesan frontal tapi ia yakin kisah dalam lagunya banyak dialami oleh anak milenial.

4. Tulus

5 Lagu Cinta yang Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi Penyanyinya
instagram.com/tulusm

Lagu-lagu yang dirilis oleh seorang penyanyi yang berasal dari Bukittinggi ini selalu masuk dalam daftar hits di Indonesia. Lagu berjudul Jangan Cintai Aku Apa Adanya ini diambil dari pengalaman pribadinya, lho. Dalam kehidupan percintaannya, Tulus pernah mengalami kegagalan dalam menjalin suatu hubungan. Setelah ia merenungkan kisah cintanya, ia merasa pasangannya tidak pernah meminta apa-apa sehingga hubungan terasa hambar. Bagi Tulus, hubungan yang wajar adalah saling menuntut, supaya hubungannya bisa berkembang menjadi lebih baik.

5. Reza Artamevia

5 Lagu Cinta yang Terinspirasi dari Pengalaman Pribadi Penyanyinya
instagram.com/rezaartameviaofficial

Penyanyi berumur 42 tahun ini merangkum kisah hidupnya dalam single terbaru berjudul Selalu Ada.  Lirik lagunya ditulis sendiri oleh Reza. Lagu yang baru dirilis bulan lalu ini menyampaikan kisah tentang perjalanan dalam berbagai fase kehidupan yang telah ia lewati dengan selalu optimis, penuh cinta, dan harapan yang selalu ada. Seperti apa ya lagunya, Bela? Pasti sangat menggugah.

BACA JUGA: Selain RAN, Musisi Ini Juga Ciptakan Lagu Terinspirasi dari Kisah Nyata​