Pernah nggak, sih, kamu merasa tidak enak ketika harus menolak permintaan atau ajakan seseorang? Tapi, kalau diiyakan kamu sendiri yang tersiksa? Hal itu wajar terjadi, kok. Apalagi ini semua terjadi ketika kamu sedang berusaha untuk mencoba menetapkan personal boundaries alias batasan personal kamu.

Menurut Chase Hill dalam bukunya yang berjudul Healthy Boundaries: How to Set Strong Boundaries, Say No Without Guilt, and Maintain Good Relationships With Your Parents, Family, and Friends, rasa bersalah terjadi ketika pertama kali menetapkan batasan personal dan hal itu merupakan hal wajar.

Katanya hal ini memang sering terjadi kepada orang dengan kategori people pleaser dan seseorang yang sangat sensitif. Kira-kira, kamu orangnya seperti dua kategori tersebut nggak?

Kalau iya, kamu perlu memahami bahwa batasan personal ini dipergunakan untuk memberi batasan kepada orang lain atas apa yang ingin kamu lakukan dan yang tidak. Sehingga, mereka harus tahu batasan-batasan dalam berinteraksi dalam membangun sebuah hubungan dengan kamu.

Personal boundaries juga mengajarkan kepada mereka bahwa hubungan itu harus dua arah, bukan hanya satu arah yang hanya melihat kepada kebutuhan mereka saja.

Jadi, kalau kamu masih belajar untuk membangun batasan personal dan perasaan bersalah masih sering menghantui. Yuk, intip cara mengatasi perasaan bersalah saat menetapkan personal boundaries berikut ini.

1. Berhenti sejenak

7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan PersonalPexels/ Pixabay

Pasti ada momen ketika ketika kamu menolak ajakan orang atau nggak bisa memberikan apa yang diinginkan oleh temanmu, rasa bersalah itu muncul. Yang perlu kamu lakukan adalah berhenti sejenak atau diam.

Gunakan momen diam ini untuk menarik napas dalam-dalam dan memberikan ruang dalam pikiranmu, untuk berpikir bahwa yang kamu lakukan memang sudah benar.

2. Ingatkan diri sendiri bahwa batasan personalmu penting

7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan PersonalFreepik.com

Percayalah pada dirimu sendiri bahwa apa yang kamu lakukan sudah benar. Apa yang kamu lakukan memang sebuah kebaikan untuk dirimu sendiri. Hal ini berguna untuk membuatmu lebih merasa tenang dan rasa bersalah akan perlahan-lahan berkurang.

3. Nggak perlu mempertanyakan ulang

7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan PersonalFreepik

Ketika kamu sudah menolak ajakan seseorang, kamu nggak perlu mempertanyakan ulang kembali apakah tindakanmu salah atau benar.

Hal itu hanya akan bikin kamu semakin merasa bersalah, lho. Semakin kamu pertanyakan ulang, maka perasaan bersalah itu semakin menjadi-jadi. Hal ini akan semakin membuat kamu ragu akan keputusan terbaik yang sudah kamu buat.

4. Fokus pada hal yang sudah kamu tetapkan

7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan Personalpexels.com/ Karolina Grabowska

Ketika kamu sudah memutuskan dan menolak sebuah permintaan dari orang lain, fokuskan pikiranmu pada hal yang sudah kamu tetapkan. Ini akan membuat rasa bersalah kamu berkurang.

Pikiranmu akan menggiring bahwa kamu sudah memiliki hal penting yang harus lebih didahulukan.

5. Tersenyum saat berbicara

7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan PersonalFreepik.com/jcomp

Hal ini sangat berguna ketika kamu hendak akan menolak permintaan atau ajakan orang lain. Kamu bisa mengkomunikasikan hal-hal yang ada di dalam pikiranmu sambil ternseyum agar makna yang mereka tangkap baik.

Perasaan bersalah yang kamu rasakan akan berkurang karena kamu mendapatkan respons yang baik pula dari lawan bicaramu.

6. Berhenti menyalahkan diri sendiri

7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan PersonalPacerteensagainstbullying.org

Jika kamu masih tetap merasa bersalah, nggak apa-apa, kok! Hal itu wajar bagi kamu yang sedang memulai menetapkan personal boundaries. Semakin kamu latih maka semakin kamu terbiasa.

Kamu juga perlu ingat kalau tujuan utamamu adalah agar orang lain menghargai batasan personalmu. Mulailah dengan kamu sendiri yang menghargai keputusanmu. Lambat laun orang lain akan memahaminya, kok.

7. Tetap berpendirian teguh

7 Cara Mengatasi Perasaan Bersalah Saat Menetapkan Batasan Personalistockphoto.com

Terkadang rasa nggak nyaman saat menetapkan personal boundaries itu sangat menggangu. Rasanya kamu ingin sekali mengiyakan semua permintaan orang. Tapi kamu harus ingat, semakin kamu ingin menyenangkan semua orang, semakin kamu akan dimanfaatkan oleh orang lain. Pada akhirnya kamu akan kehilangan dirimu sendiri. 

Bela, itulah 7 cara bagi kamu yang ingin mengurangi rasa bersalahmu karena menetapkan personal boundaries atau batasan personal. Orang lain harus bisa menghargai setiap keputusan yang kamu inginkan untuk diri kamu sendiri, ya.

Untuk itu, nggak ada salahnya, kok, meletakkan diri kita pada poin utama. Karena pada akhirnya yang bisa membahagikan diri kita, ya, diri kita sendiri, bukan? 

Baca Juga: 6 Macam Personal Boundaries yang Perlu Kamu Ketahui 

Baca Juga: 5 Batasan Privasi dalam Hubungan yang Tidak Boleh Dilanggar

Baca Juga: Tetapkan 6 Batasan Sehat Ini dalam Hubungan, Penting Banget!