Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri dengan Mudah, Yuk Lakukan!

Dirimu sangatlah berarti

Puspita Ramadhani

Adakalanya, apa yang sedang kamu jalani saat ini tidak lagi memberikan rasa senang. Sekalipun pekerjaan atau aktivitas itu adalah sesuatu yang kamu senangi.

Memang, perasaan bosan dan jenuh sangat mungkin terjadi ketika kamu terus melakukan pekerjaan secara berulang. Kendati demikian, walaupun dianggap sebagai hal nomal, namun rasa bosan dan jenuh tersebut bisa menghilangkan kebahagiaanmu secara perlahan.

Itulah alasannya kamu perlu belajar cara membahagiakan diri sendiri dengan langkah-langkah mudah. Bagaimana caranya? Yuk, lakukan tahapannya di bawah ini.

1. Tarik napas dalam

Cara membahagiakan diri sendiri yang pertama adalah dengan mengambil 10 napas dalam. Namun, jangan asal sembarang mengambil dan mengeluarkan napas, ya. Kamu juga perlu merelaksasi pikiran dan batin selama 10 napas tersebut.

Saat bernapas, tubuh akan mengirimkan pesan ke otak untuk menenangkan diri dan mengendurkan otot yang tegang. Maka dari iru, pikiran akan menjadi lebih tenang dan kembali positif.

Hal ini bisa jadi cara termudah membahagiakan diri sendiri karena sering kali kita lupa untuk melihat sudah sejauh mana kita melangkah. Bisa jadi, pekerjaan yang selama ini kamu keluhkan adalah jawaban dari doamu di masa lalu.

2. Lebih banyak tersenyum

Meski terdengar klise, tapi sebuah senyuman juga bisa memunculkan rasa bahagia dalam dirimu. Alasannya, dengan senyuman itu, kamu bisa memberikan visual kepada otakmu bahwa kamu dalam keadaan senang.

Senyum juga bisa menginduksi reaksi kimia dalam tubuh yang dapat membantu meningkatkan suasana hati. Oleh karena itu, mulailah harimu dengan senyuman!

3. Perbanyak menghargai diri sendiri

Dalam kehidupan masyarakat modern, kamu tidak perlu lagi menunggu apresiasi dari orang lain. Sebab, kamu bisa mulai untuk menghargai dirimu sendiri, bahkan untuk keberhasilan terkecil.

Kamu bisa memulainya dengan 'berbicara' pada dirimu selayaknya kamu memberi pujian kepada orang lain. Mulai saat ini, jangan biarkan dirimu terjebak dalam persaingan negatif dengan pencapaian orang lain.

4. Berlatih meditasi

Tak jauh berbeda dari sebelumnya. Meditasi adalah salah satu cara membahagiakan diri sendiri dengan cara mengatur ulang pikiranmu.

Kamu diminta untuk memilah-milah pikiran dengan cara tenang dan melihat dari berbagai sudut pandang. Meditasi juga akan melatihmu untuk menampilkan sisi kreatif dalam memecahkan masalah.

5. Quality time dengan orang tersayang

Ada alasan tersendiri mengapa kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang tersayang. Sebab, hanya dengan menghabiskan waktu bersama mereka, bisa memunculkan rasa bahagia dalam dirimu.

Kamu bisa membagikan keluh kesahmu atau sekadar bercanda dan bertukar obrolan ringan dengan pasangan, orangtua, atau sahabat. Bahkan, kamu juga bisa lakukan quality time bersama hewan peliharaanmu sendiri.

6. Pergi ke luar

Kecanggihan teknologi sering kali membuat seseorang lupa untuk melakukan interaksi secara nyata. Padahal, ada begitu banyak manfaat saat kamu berbicara langsung dengan orang lain.

Jika ngobrol dengan orang asing bukan sesuatu yang menyenangkan untukmu, kamu juga bisa keluar rumah hanya untuk melihat lingkungan sekitar.

Duduklah di sebuah taman, dan perhatikan satu per satu, bagaimana setiap orang menjalani kehidupan mereka. Aktivitas seperti ini, sembari menghirup udara segar, mampu mengurangi stres sekaligus meningkatkan rasa syukur.

7. Simpan ponselmu

Tidak bisa dipungkiri, bila kecanggihan yang ditawarkan ponselmu saat ini membuat kamu sulit melepaskannya. Mulai dari informasi terbaru hingga hiburan, semuanya sangat mudah untuk diakses. 

Sayangnya, kecanggihan smartphone ini membuat kebiasaan baru, yakni hidup cepat. Kini, banyak orang yang merasa kesulitan untuk slow living dan memaknai tiap momen kehidupan yang ia alamim

Maka dari itu, menjadwalkan hari bebas handphone adalah pilihan terbaik. Kamu bisa melakukan hobi baru dan mencoba hidup yang lebih rileks.

8. Perbanyak olahraga

Olahraga ringan selama 30 menit setiap pagi akan membuatmu lebih siap untuk menjalani hari. Sebab, olahraga tidak hanya memberi manfaat bagi tubuh, melainkan juga bagi kesehatan mentalmu.

Meningkatnya denyut nadi akan memperbanyak jumlah oksigen yang naik ke otak. Alhasil, kamu bisa terhindar dari kecemasan, depresi, dan meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan.

9. Pelajari sesuatu yang baru

Belajar itu nggak hanya di sekolah atau di universitas. Ada begitu banyak kursus yang bisa kamu ikuti sesuai dengan minatmu.

Cobalah untuk mempelajari hal baru. Baik itu yang masih berkaitan dengan profesi, atau sekadar mencoba pengalaman baru lainnya. 

Dengan belajar hal baru, otak akan mendapatkan aliran hormon dopamin, yang membantumu menjadi termotivasi. Nantinya, motivasi itu akan menumbuhkan gairah yang bisa kamu arahkan untuk menghasilkan sesuatu yang positif.

Saat dirimu berhasil menyelesaikan 'tantangan' dari motivasi yang timbul, maka di situlah kamu akan merasakan kepuasan. Rasa puas juga erat kaitannya dengan perasaan bahagia, lho!

10. Membantu orang lain

Cara membahagiakan diri sendiri yang terakhir adalah memberi bantuan kepada orang lain. Kebahagiaan bisa muncul ketika kamu sadar bahwa keberadaanmu bisa memberi manfaat kepada orang lain.

Ingatlah bahwa ketika kita menebar sikap positif, maka sangat besar peluang untuk kita merasakan hal serupa. Cinta akan terus bertambah ketika kita membagikannya kepada orang lain.

Sejatinya, perasaan bahagia akan selalu mengiringi kita. Hanya saja, kita perlu mencari tahu dan belajar bagaimana cara membahagiakan diri sendiri dengan langkah yang paling mudah. Semoga kamu bahagia selalu, ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single