Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Catat! Ini 6 Hal yang Harus Berhenti Kamu Harapkan dari Orang Lain

Kamu pasti akan lebih bahagia!

Raden Putri

Dalam hidup, kita tidak bisa mengharapkan banyak hal dari orang lain. Entah teman maupun keluarga, kita akan terus-menerus dikecewakan oleh orang yang kita sayangi jika menaruh harap yang besar. Pasalnya, mereka hanya akan melakukan sesuatu yang menguntungkan mereka. Oleh karena itu, kamu harus berhenti mengharapkan banyak hal dari orang lain.

Terkadang, kita memiliki ekspektasi yang begitu tinggi terdapat orang-orang di sekitar kita. Padahal, kita tidak bisa mengharapkan mereka untuk selalu melakukan apa yang kita inginkan. Kita juga tidak bisa menyalahkan mereka saat kita kecewa.

Jadi, daripada kecewa, kita perlu belajar membahagiakan diri kita sendiri dan berhenti berharap pada orang lain. Melansir dari Your Tango, berikut 6 hal yang harus berhenti kamu harapkan dari orang lain. Yuk, simak!

1. Jangan berharap mereka selalu melakukan hal yang benar

Pexels.com/Pixabay

Ini adalah cara terbaik untuk kita mempersiapkan diri untuk kegagalan dan sakit hati. Orang tidak akan selalu melakukan hal yang benar, sebab mereka melakukan sesuatu atas pertimbangannya sendiri. Mereka juga dapat melakukan kesalahan dan tidak akan selalu membuat keputusan yang tepat. Bahkan, mereka juga mungkin tidak akan memikirkan pendapatmu ketika melakukan sesuatu.

2. Jangan berharap mereka setuju dengan pendapatmu

Pexels.com/Inga Seliverstova

Beberapa orang, terutama sahabat dekat kamu, tidak akan selalu setuju dengan pendapatmu, terlebih hanya untuk menyenangkan hatimu. Jika mereka memiliki pendapat yang berbeda, maka mereka tidak akan segan memperdebatkannya denganmu. Jadi, mulailah untuk berhenti berharap orang lain akan selalu setuju dengan kamu.

3. Jangan berharap mereka bisa membaca pikiranmu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Merupakan kesalahan yang besar jika kamu menganggap orang-orang, terlebih teman, keluarga, dan pasanganmu, bisa membaca pikiran kamu. Jadi, jika kamu memiliki sesuatu yang tidak sesuai hatimu dan kamu ingin menyampaikannya kepada mereka, sampaikanlah dengan benar. Jangan berekspektasi tinggi dengan berharap mereka dapat membaca pikiranmu. Mereka butuh penjelasan dan harus diberi tahu.

4. Jangan berharap orang lain akan memahami kamu

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kamu perlu menjadi dirimu sendiri karena kamu memang ingin melakukannya, bukan karena kamu ingin membuat orang lain terkesan. Kamu tidak bisa membuat semua orang menyukaimu dan memahami kamu selamanya. Sebaliknya, kamu justru yang harus fokus pada dirimu sendiri dengan cara menyukai dan memahami diri sendiri. Dengan begitu, kamu akan lebih bahagia karena tidak lagi bergantung pada orang lain.

5. Jangan berharap mereka akan selalu sama

Pexels.com/Danielle Reese

Setiap orang akan berubah seiring dengan berjalanya waktu. Salah satu kesalahan yang kerap seseorang lakukan adalah dengan berharap agar orang lain tidak berubah dan tetap sama seperti beberapa tahun yang lalu. Padahal, dengan kamu yang terus mengungkit kejadian di masa lalu dan menganggap sifatnya akan selalu sama, maka secara tidak sadar kamu akan mendorong mereka menjauh. Karena mereka pasti tidak nyaman jika dirinya yang saat ini, dibandingkan dengan diri mereka di beberapa tahun yang lalu.

6. Jangan berharap mereka selalu bersamamu

Pexels.com/Trung Nguyen

Semua orang akan selalu berjuang dari waktu ke waktu untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, jangan berharap agar mereka selalu bersama kamu, sebab kamu mereka juga memiliki jalan hidupnya sendiri. Mungkin terasa menyenangkan ketika kita sedang berjuang dan mendapatkan dukungan dari orang lain. Tetapi, kamu juga harus memahami jika setiap orang membutuhkan ruang untuk dirinya sendiri. Mereka yang mementingkan diri sendiri sebelum orang lain itu, bukan berarti tidak peduli dengan kamu.

IDN Media Channels

Latest from Single