Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

5 Cara Menjadi Orang Sabar, agar Hati Lebih Lapang

Bikin hidup menjadi lebih bahagia

Nurul Hafiza Rizalia Putri

Nggak selalu permasalahan hidup yang berat, terkadang hal sepele seperti mengantre di toko atau menunggu lampu hijau di lalu lintas saja, mungkin kita sudah kehilangan kesabaran. Apakah kamu termasuk orang yang seperti itu, Bela?

Belajar menjadi orang sabar memang nggak mudah, tapi bisa dilakukan. Untuk mencapai hidup yang lebih positif dan bahagia, yuk kita pelajari cara menjadi orang sabar dalam segala hal sebagai berikut.

1. Belajar sabar pada diri sendiri

Pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Sebelum bersabar dengan orang lain, cobalah belajar untuk diri sendiri terlebih dahulu. Kuncinya, sadari hal-hal yang membuat kamu kehilangan kesabaran. Ambil langkah untuk merenungkan diri dan menghubungkan antara emosi dan perasaan. Kemudian, kamu juga bisa membuat jurnal untuk menuliskan berbagai situasi yang membuat kamu nggak bisa sabar sehingga kamu bisa mengenali pemicunya.

Cara lain untuk belajar sabar dengan diri sendiri adalah membuat dirimu menunggu sesuatu, meski kamu bisa mendapatkannya. Intinya adalah kamu nggak membuat keputusan yang instan dan berhenti terburu-buru.

2. Kurangi stres dengan bersikap sabar pada diri sendiri dan orang lain

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Salah satu alasan kenapa kamu mungkin menjadi nggak sabar adalah karena stres. Hal ini tentu saja bisa memperburuk ketidaksabaran. Misalnya, kamu terjebak macet di perjalanan dan khawatir akan dimarahi atasan. Kalau stres ini nggak diatasi, situasi akan semakin nggak terkendali sehingga kamu merasa marah dan cemas. Oleh karena itu, ada beberapa tips untukmu:

  • Bermeditasi
  • Melakukan yoga (atau jenis olahraga lainnya)
  • Berlatih pernapasan 
  • Menggunakan teknik grounding 
  • Pastikan cukup tidur
  • Makan makanan yang sehat
  • Menetapkan batasan yang sehat dengan teman, keluarga, dan pekerjaan

3. Melatih kesadaran diri untuk bersabar pada diri sendiri dan orang lain

Pexels.com/Pixabay

Kesadaran diri atau mindfulness adalah sesuatu yang nggak hanya mengajarimu cara belajar kesabaran, namun juga memberi manfaat bagi kesehatan mental. Memandang kehidupan dengan prinsip ini memang membutuhkan latihan, karena kita sudah terbiasa menilai tentang perasaan dan situasi kita sekarang. Ini juga berkaitan dengan penerimaan, karena kamu harus menerima keadaan tanpa mengubahnya.

4. Fokus pada hal yang bisa kamu kendalikan

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sering kali, hal-hal yang membuat kita nggak sabar adalah sesuatu yang tidak dapat kita kendalikan. Seperti teman suka terlambat saat janjian, atau rekan kerja yang lama membalas e-mail disaat sedang dibutuhkan, dan lainnya. Menekankan diri pada hal-hal yang nggak bisa kita ubah hanya akan membuat kita semakin stres.

Sebaliknya, fokuslah pada hal-hal yang membantumu menjadi pribadi yang lebih sabar. Misalnya, kamu mendengar lagu atau menonton film di ponsel saat menunggu teman. Jadi, daripada terjebak dengan ketidaksabaran, lebih baik cari cara untuk mengendalikannya.

5. Bersabarlah pada setiap prosesnya

Pexels.com/100 files

Ketika kamu sedang belajar bersabar, tentu saja nggak berubah dalam waktu semalaman saja. Meski butuh waktu, tetapi akan berhasil jika kamu mau berusaha. Apalagi, terdapat sisi positif bagi kamu yang bersabar dengan prosesnya. Yakni, di masa depan kamu memiliki kesabaran yang luas dalam persoalan jangka waktu panjang.

Menjadi orang sabar dapat mengubah kualitas hidupmu menjadi lebih baik dan bahagia. Semangat!

IDN Media Channels

Latest from Single