Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

9 Langkah Membuat Kartu Ucapan Ulang Tahun Sendiri

Bikin sendiri agar lebih bermakna!

Astri Amalia

Ulang tahun merupakan momen istimewa bagi setiap orang. Tentu banyak pengharapan dan doa baik yang dipanjatkan setiap orang di hari ulang tahunnya, agar kehidupan semakin membaik seiring bertambahnya usia.

Nggak hanya kado ataupun kejutan, kartu ucapan ulang tahun adalah hal yang nggak boleh terlewat untuk diberikan kepada mereka yang merayakan momen pertambahan usia.

Kartu ucapan ulang tahun bisa dipesan sesuai keinginan, maupun dibuat sendiri. Namun, kalau mau terasa lebih bermakna, membuat kartu ucapan ulang tahun sendiri adalah pilihan yang tepat. Nggak perlu menggunakan banyak material, gunakan saja bahan-bahan yang sudah tersedia di rumahmu.

Nah, berikut ini Popbela sudah siapkan langkah membuat kartu ucapan ulang tahun sederhana sendiri yang bisa kamu ikuti. Simak langkah-langkahnya sampai selesai ya, Bela!

1. Tentukan tema kartu ucapan ulang tahun

canva.com

Langkah pertama untuk membuat kartu ucapan ulang tahun sendiri ialah menentukan temanya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan inspirasi tema, sesuaikan dengan kepribadian atau hal-hal yang difavoritkan orang yang berulang tahun.

Misalnya, apabila temanmu punya kepribadian yang ceria, maka pilihlah tema warna-warni. Dengan menentukan tema, kamu nggak akan kesulitan untuk memilih material yang sesuai untuk kartu ucapan ulang tahun DIY-mu ini.

2. Pilihlah jenis kertas yang sesuai

pexels.com/Daniel Enamorado

Entah itu berbahan karton tebal, atau kertas daur ulang, tentukanlah jenis kertas untuk kartu ucapan ulang tahun yang menurutmu sesuai. Sebaiknya, hindari pemilihan material kertas yang terlalu tipis agar kartu tidak mudah rusak ataupun sobek.

Dengan memilih bahan kertas yang tebal, kartu ucapan yang kamu berikan akan bertahan lama dan bisa jadi kenang-kenangan untuk teman ataupun kerabatmu yang berulang tahun.

3. Siapkan bahan-bahan untuk menghias kartu

pexels.com/Luci

Selain pemilihan kertas, kamu juga perlu menyiapkan bahan-bahan lain untuk menghias kartumu itu. Spidol warna-warni, krayon, ataupun pensil warna bisa jadi opsi terbaik untuk menulis dan menghias kartunya. Jangan lupa untuk siapkan lem kertas, kertas origami warna-warni, aksesoris seperti pita, serbuk glitter, stiker, atau aksesoris lainnya.

4. Tentukan ukuran dan template kartu

pexels.com/Lena Shekhovtsova

Setelah kertas dan bahan untuk menghias kartu ucapan ulang tahun telah siap, maka langkah selanjutnya ialah menentukan format dan template. Berapa ukuran kartu yang menurutmu pas? Apakah kamu akan melipat kartunya? Di mana kamu akan menuliskan ucapan dan menempelkan hiasan kartunya? Apapun pilihan format dan template kartunya, pastikan untuk membuatnya dengan rapi, ya.

5. Tuliskan ucapan selamat ulang tahun terbaikmu

goodhousekeeping.com

Sekarang, tulislah ucapan selamat ulang tahun terbaikmu. Kamu bisa tuliskan ucapan dalam bahasa Indonesia, Inggris, maupun bahasa lainnya yang tentunya dipahami oleh temanmu yang berulang tahun. Sampaikan kebahagiaanmu atas pertambahan usianya dan tambahkan doa-doa baik beserta dan harapanmu untuknya.

Jika kamu memilih template kartu yang dilipat, maka kamu bisa menulis "Selamat Ulang Tahun" dengan gaya sederhana maupun kaligrafi di sampul depan, lalu doa dan harapan di bagian dalamnya.

6. Hias kartunya

bhg.com

Keluarkan segala kreativitas yang kamu miliki. Kalau kamu jago menggambar, hiaslah kartu ucapan dengan gambaranmu. Kamu juga bisa, lho, menghiasnya dengan fotomu dengan temanmu yang berulang tahun dan menempelkannya di kartu.

Pilihlah foto yang kocak ataupun yang paling mengesankan untuk kalian berdua. Kemudian, sematkan deskripsi singkat tentang foto yang kamu pilih itu. Misalnya, kalau kamu mencetak foto ketika dia masih kecil dan sedang menangis, deskripsinya bisa seperti, "Kamu ingat nggak momen ini? Di sini usiamu masih 5 tahun dan kamu nggak mau berhenti menangis gara-gara aku," dan lain sebagainya.

7. Sematkan tulisan lucu ataupun pantun di bagian belakang kartu

Shutterstock/Syda Productions

Kalau kamu punya hubungan yang sangat dekat dengan sosok yang berulang tahun, cobalah untuk menyematkan pesan khusus maupun pantun lucu di bagian belakang kartu. Dengan memberikan tulisan tambahan, si penerima pasti akan tersenyum melihat kartu ucapan ulang tahun yang kamu bikin spesial untuknya.

8. Tambahkan nama pengirim dan bubuhkan tanda tangan

pexels.com/George Dolgikh@Giftpundits.com

Walaupun dia tahu siapa yang memberinya kartu ucapan ulang tahun, tapi penting untuk menuliskan namamu di akhir ucapan. Agar lebih menarik, gunakan nama inisial atau nama panggilan dan bubuhkanlah tanda tanganmu.

9. Jangan lupa untuk memakai amplop

freepik.com/8photo

Terakhir, agar kartu ucapan ulang tahun bisa disimpan dengan baik dalam waktu yang lama, jangan lupa untuk menggunakan amplop ya, Bela. Selain bisa menjaga kartu dari kerusakan, penggunaan amplop membuat kartumu terlihat spesial. Yang terpenting, pilihlah amplop yang sesuai dengan ukuran kartu.

Nah, itulah tadi langkah membuat kartu ucapan ulang tahun sendiri. Selain hemat, membuat kartu ucapan ulang tahun sendiri akan terasa jauh lebih bermakna, dibandingkan membeli yang sudah jadi. Semoga bermanfaat untukmu ya, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single