Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

Memikat dan Berkelas! Ini 10 Cara Menjadi High Value Woman

Penuh percaya diri dan punya aura positif

Astri Amalia

High value woman atau perempuan bernilai tinggi merupakan istilah yang disematkan kepada perempuan yang memiliki kepercayaan diri tinggi, mengetahui nilai dirinya, dan tahu bagaimana menghargai dirinya sendiri. Perempuan dengan nilai tinggi juga dinilai sangat atraktif dan mudah dicintai karena energi positif yang ia miliki.

Lantas, bagaimana cara agar kita bisa menjadi seorang high value woman? Mengutip laman Prime Woman, intip 10 caranya berikut ini.

1. Menghargai dirinya sendiri

pexels.com/Andrea Piacquadio

High value woman memahami nilai dirinya, terlepas dari penampilannya secara fisik. Perempuan dengan value yang tinggi kerap kali berbicara baik dan positif terhadap dirinya sendiri. Dia pun sangat mudah menghargai dirinya, serta paham dengan apa yang pantas ia dapatkan.

Untuk itulah, agar kamu bisa menjadi high value woman, yang kamu butuhkan adalah dimulai dengan menghargai dirimu sendiri, berani mengakhiri sebuah hubungan yang nggak jelas yang bisa menguras energimu, serta menetapkan batasan siapa saja yang boleh berada di dalam lingkaran terdekatmu, termasuk sosok laki-laki seperti apa yang pantas bersanding di sisimu.

2. Berani mengutarakan pendapat

pexels.com/Christina Morillo

Menjadi seorang high value woman berarti belajar untuk menghargai pendapat pribadimu dan mengutarakan pemikiranmu jika nggak setuju dengan orang lain, alih-alih terus-menerus mengiyakan. Kamu perlu menyadari bahwa pendapat pribadimu sama pentingnya dengan pendapat yang diutarakan oleh orang lain.

Selain itu, untuk menjadi perempuan ber-value tinggi, kamu perlu menyingkirkan sifat people pleasing. Yakinkan dirimu bahwa menetapkan batasan, mengatakan "tidak" pada sesuatu, hingga menolak hal yang nggak sesuai dengan nilai yang kamu anut bukanlah hal yang salah.

3. Sosok yang penuh kasih dan berempati

Freepik.com/freepik

Perempuan bernilai tinggi dikenal hangat, penuh kasih, sopan santun, dan mampu berempati. Dia melakukan itu kepada dirinya sendiri sehingga secara alami mampu menunjukkannya kepada orang lain.

Selain itu, perempuan dengan value tinggi nggak punya sifat egois. Ini berarti, menjadi high value woman berarti terus berlatih untuk menjadi altruis alih-alih egois. Maka dari itu, high value woman dikenal sebagai pendengar yang sabar, aktif, nggak mudah menghakimi orang lain, serta anti bergosip.

4. Nggak takut untuk menjadi rentan

pexels.com/alex-green

Perempuan bernilai tinggi secara emosional nggak takut untuk menjalin hubungan romantis yang dalam dengan laki-laki, meskipun dia tahu bahwa hal itu bisa saja membawanya pada kerentanan.

Andaikata ia disakiti oleh laki-laki di kemudian hari, dia nggak akan menutupi kesedihan. Justru dia akan membiarkan rasa sedih itu muncul, memprosesnya, sebelum akhirnya bisa melepasnya dengan cara yang sehat.

Daripada mengejar dan mengemis cinta laki-laki yang telah menyakitinya, high value woman akan move on dan kembali menata diri untuk menyambut laki-laki yang jauh lebih sepadan untuknya.

5. Hidup dengan penuh semangat

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menjadi high value woman berarti paham bahwa kebahagiaanmu adalah tanggung jawabmu sendiri. Seorang high value woman juga menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih banyak energi positif dan semangat.

Namun, meski kerap bersikap optimis dan penuh semangat, seorang high value woman amat realistis untuk mengetahui bahwa hidup nggak selalu berpihak kepadanya.

Ketimbang menyalahkan keadaan saat mendapatkan tantangan kehidupan, ia akan menjadikannya pelajaran dan motivasi untuk mengembangkan dirinya.

6. Menikmati kehidupannya sendiri

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menikmati hobi, minat, dan menghargai orang-orang yang berada di sekelilingmu adalah cara lain untuk menjadi high value woman. Kamu juga memberi pasanganmu ruang untuk memiliki kehidupan mereka sendiri.

Perempuan ber-value tinggi percaya pada hubungan interdependen, yaitu hubungan di mana kedua pasangan saling menghormati dan menghargai ikatan emosional mereka, tanpa kehilangan identitas mereka sendiri dalam hubungan tersebut.

7. Punya kecerdasan emosional yang tinggi

Freepik.com/lookstudio

Dalam hubungan romantis, high value woman nggak suka bermain-main, memanipulasi, atau bahkan menjadi posesif kepada pasangannya. Dia juga punya kecerdasan emosional yang tinggi, pandai menetapkan batasan yang sehat, serta tahu sosok laki-laki seperti apa yang pantas bersamanya.

Jadi, kalau ada laki-laki yang mendekati seorang high value woman, tetapi menunjukkan gerak-gerik manipulatif, mereka akan sangat mudah meninggalkan laki-laki tersebut.

8. Menghargai dirinya sebagai seorang perempuan

Freepik.com/lookstudio

Menjadi high value woman berarti seorang perempuan bisa terhubung dengan jiwa femininnya. Itu berarti dia nggak takut untuk menjadi sosok yang lembut dan mengerti bahwa dia bisa menjadi kuat sekaligus anggun. Dia juga memancarkan kecantikan yang luar biasa karena berasal dari dalam hatinya.

9. Berkomitmen untuk merawat dirinya sendiri

pexels.com/Sora Shimazaki

Perawatan diri adalah hal yang nggak boleh dilewatkan oleh seorang high value woman. Ini berarti ia selalu menjaga kesehatannya, baik lahir maupun batin, serta menyempatkan diri melakukan perawatan diri, seperti pergi pijat relaksasi, melakukan perawatan rambut ke salon, dan aktivitas me-time lainnya.

10. Mencintai hidupnya

Freepik.com/lookstudio

Terakhir, seorang high value woman sangat mencintai hidupnya. Ia tahu bagaimana caranya bahagia dan nggak menggantungkan hidupnya kepada orang lain. Ia juga kerap membuat keputusan berdasarkan apa yang menurutnya penting dan hidup dengan tujuan dan makna.

Itulah 10 cara menjadi high value woman, perempuan berkelas yang memikat dan penuh percaya diri. Semoga bermanfaat untukmu, Bela!

IDN Media Channels

Latest from Single