Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Alasan Kamu Lebih Takut Pacaran daripada Menjomblo Selamanya

Salah satunya karena merasa insecure

Astri Amalia

Bagi sebagian orang, pilihan untuk menjadi jomblo selamanya terasa lebih baik, daripada harus berpacaran. Yup, beberapa orang memang ada yang berpikir, daripada harus mengenal orang baru dan beradaptasi lagi, yang tentunya akan menguras banyak waktu dan energi, lebih baik sendirian saja. Sudah pasti hidup nggak akan terasa terkekang, dan ada lebih banyak waktu luang untuk diri sendiri.

Jika kamu juga berpikir demikian, bisa jadi kamu sebenarnya merasa lebih takut berpacaran dibandingkan harus menjomblo selamanya. Lantas, apa saja alasan lainnya jika kamu memang benar-benar takut berpacaran? Keep scrolling!

1. Kamu menikmati hidupmu dan nggak mau ada yang berubah

Unsplash.com/Radu Florin

Alasan yang pertama adalah ketika kamu merasa bahwa kamu sudah menikmati hidupmu saat ini. Terlebih kalau kamu berpikir bahwa memiliki pacar akan mengubah rutinitasmu. Kemungkinan besar, kamu nggak mau hal itu terjadi. Apalagi jika kamu sudah merasa cukup dengan adanya keluarga yang suportif dan teman-teman yang penyayang, makin enggan berpacaran, kan, jadinya?

2. Kamu sudah mengalami begitu banyak kencan pertama yang canggung

unsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Jika di masa lalu kamu pernah memutuskan untuk datang pada kencan pertama dan berakhir canggung, bisa jadi membuatmu malas dan takut untuk berpacaran lagi. Apalagi, jika sosok kencan pertamamu itu terlihat begitu berbeda antara foto dan aslinya. Pasti kamu terbayang, kan, jika hal tersebut bisa saja terjadi lagi saat ini?

3. Kamu takut mendengar pendapat calon pasangan terhadapmu

pexels.com/estoymhrb

Jika di masa lalu ada seorang laki-laki yang pernah mengata-ngataimu dan membuatmu merasa rendah diri, bisa jadi itu menimbulkan trauma dan membuatmu takut untuk berpacaran lagi. Dengan memikirkan hal tersebut saja, bisa membuatmu sedih dan merasa dirimu nggak pernah cukup. Sehingga, opsi menjomblo pun dirasa tepat untukmu saat ini.

4. Kamu nggak mau memaksakan segala sesuatu

unsplas.com/Anthony Tran

Pacaran membutuhkan banyak sekali 'pekerjaan' agar hubungan bisa berhasil, dan jika kamu sendiri sudah bekerja, pasti rasanya akan sangat melelahkan untuk menambah 'pekerjaan' lainnya.

Karena faktanya, pacaran akan melibatkan begitu banyak keputusan kecil, sekecil memutuskan ke mana kamu dan pasangan akan pergi, dan baju apa yang perlu dikenakan saat berkencan. Walaupun terkesan remeh, namun hal ini tentu bisa membuatmu kelelahan.

5. Kamu nggak pernah berkencan lebih dari tiga kali

Freepik.com/artursafronovvvv

Alasan lainnya adalah kamu nggak pernah pergi berkencan lebih dari tiga kali. Jika di masa lalu kamu pernah pergi berkencan dengan orang lain, namun nggak pernah berlanjut lebih dari tiga kali, akhirnya kamu saat ini merasa insecure.

Mungkin akan ada saja orang yang menganggapmu terlalu pilih-pilih karena masih menjomblo hingga saat ini. Padahal nyatanya, rasa insecure-lah yang membuatmu takut untuk berpacaran.

6. Kamu lebih nggak berpengalaman soal pacaran dibanding orang lain

www.freepik.com/

Nggak ada yang salah, kok, ketika kita nggak lebih berpengalaman soal pacaran, dibandingkan teman-teman kita yang lain. Setiap orang pada dasarnya kan memang punya timeline dan latar kehidupan yang berbeda-beda. Jadi, wajar jika dengan minimnya pengalaman soal pacaran, membuatmu jadi takut untuk menjalin hubungan romantis saat ini.

7. Kamu mendengar cerita 'horor' soal pacaran dari temanmu

Pexels.com/Ron Lach

Alasan selanjutnya, yaitu ketika kamu melihat temanmu bergonta-ganti pasangan dan merasa ada yang nggak 'beres' dengan hal tersebut. Apalagi, jika akhirnya kamu mengetahui bahwa teman-temanmu ternyata menyimpan pengalaman buruk, seperti halnya diselingkuhi berkali-kali. Waduh, kalau begini, sih, kamu merasa lebih baik menjomblo saja, kan?

8. Kamu masih mencari tahu siapa dirimu sebenarnya

pexels.com/Melvin Vito

Bertemu dengan seseorang yang baru berarti perlu menjelaskan hal-hal tentang dirimu dan kehidupanmu. Termasuk menjelaskan perihal keluarga, karier, dan impianmu saat ini. Menjelaskan hal-hal tersebut pasti membutuhkan ekstra tenaga dan waktu, kan?

Jika kamu merasa terlalu malas untuk menjelaskan hal tersebut pada calon pasanganmu dan ingin fokus untuk membuat beberapa perubahan bagi dirimu sendiri, mungkin kamu akan kesulitan untuk membayangkan dirimu menjadi bagian dari kehidupan orang lain.

9. Kamu nggak mau berakhir terluka

Pexels.com/Anna Alexes

Ini adalah salah satu penjelasan klasik terhadap perasaan takut seseorang untuk berpacaran. Jika di masa lalu kamu dan calon pasangan memutuskan untuk pergi kencan pertama, lalu di satu sisi kamu menginginkan kencan kedua, tapi ternyata dia nggak menginginkannya, itu bisa membuatmu merasa terluka.

Apalagi jika kamu punya pengalaman diputusin mantan pacarmu dulu, tentu alasan-alasan tersebut bisa menjadi penyebab kamu begitu ketakutan untuk pacaran, dan merasa lebih baik jika mempertahankan diri sebagai seorang jomblo.

10. Kamu selalu mengatakan terlalu sibuk untuk berkencan

pexels.com/Moose Photos

Poin ini mungkin terdengar semacam alasan klasik lainnya, tapi kalau kamu memang betul-betul sibuk dengan urusan lain dalam hidupmu, alasan ini masuk akal, kan? Kemungkinan besar kamu sebenarnya nggak menjadikan pacaran sebagai prioritas dalam hidupmu.

Nah, jadi itulah 10 alasan kamu lebih takut berpacaran dibandingkan menjomblo selamanya. Gimana, kamu merasa related nggak nih, Bela?

IDN Media Channels

Latest from Single