Tutup
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
unfortunately

10 Tipe Teman Palsu, Kenali Supaya Nggak Tertipu!

Semoga kamu nggak berteman dengan mereka, deh!

Andhina Wulandari Effendi

Bagaimana caranya kamu tahu, apakah teman yang ada di sampingmu sekarang ini adalah teman yang tulus berteman denganmu, atau justru teman palsu yang tak bisa kamu percaya? Apakah dia adalah orang yang selalu bersamamu saat suka dan duka atau justru teman yang malah berbahagia di atas penderitaanmu?

Ternyata, ada banyak tipe teman palsu yang bisa kamu temui. Coba kenali beberapa tipe teman palsu berikut ini. 

1. Si Teman di Kala Senang

Pexels.com/Kampus Production

Teman yang satu ini memang paling asyik diajak bersenang-senang. Namun, saat kamu dirundung duka atau terkena masalah, dia biasanya langsung menghilang, tuh.

2. Si Oportunis

Pexels.com/Vinicius Wiesehofer

Ini merupakan tipe teman yang selalu ingin mendapatkan sesuatu dari pertemanan. Mereka akan berada di dekatmu ketika sedang membutuhkan sesuatu, tapi mereka akan menghilang saat kamu butuh bantuan dan dukungan.

3. Si Pemuji

Pexels.com/Alexander Suhorucov

Mereka senang memberikan pujian padamu, tapi niat mereka sebenarnya nggak tulus. Mereka menggunakan pujian demi bisa memanipulasi kamu untuk melakukan sesuatu yang mereka inginkan.

4. Si Kompetitor

pexels.com

Teman yang kompetitor adalah teman yang selalu melihat keberhasilan kamu sebagai ancaman. Mereka kerap merendahkan keberhasilan dan usaha yang kamu lakukan, serta harus selalu merasa dirinya superior dibanding kamu.

5. Si Tukang Gosip

Pexels.com/cottonbro studio

Punya teman yang suka bergosip tentang orang lain? Hati-hati, karena bisa saja dia akan melakukan hal yang sama, yaitu menggosipkan dirimu dengan orang lain. Tipe teman yang satu ini kerap mengorek rahasia kamu dan berusaha mendapatkan kepercayaanmu, tapi sebenarnya dia hanya ingin menggosipkan kamu dengan orang lain.

6. Si Gaslighter

rappahannockareacsb.org

Tipe teman palsu yang satu ini akan selalu berbohong, selalu menyangkal, dan membuatmu bingung, sehingga kamu menjadi tak yakin mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

7. Si Pencari Validasi

Pexels.com/George Milton

Mereka akan selalu mengharapkan perhatian dan validasi darimu untuk meningkatkan self-esteem mereka. Pada akhirnya teman palsu seperti ini tidak peduli pada diri kamu. Mereka hanya mementingkan ego mereka sendiri.

8. Si Penyedot Energi

Pexels/Liza Summer

Si penyedot energi adalah tipe teman yang selalu menyebarkan energi negatif. Saat bersama teman seperti ini, kamu selalu merasa kelelahan, baik secara emosional maupun fisikal. Kalau sudah begini, kamu harus sadar ini bukan pertemanan yang sehat.

9. Si Magnet Drama

Pexels.com/Andrea Piacquadio

Ke mana pun dia pergi, drama selalu mengikutinya. Mereka selalu menciptakan 'drama' yang nggak penting dan mengikutsertakan kamu ke dalamnya. Yakin, deh, kamu juga akan lelah dengan tipe teman seperti ini.

10. Si Manipulator

Pexels.com/Alexander Suhorucov

Tipe teman palsu berikutnya adalah si manipulator, yang akan menggunakan rasa bersalah dan memanipulasimu untuk mengontrol pertemanan kalian. Pada akhirnya, dia akan membuat kamu melakukan apa yang dia inginkan. Ini jelas nggak sehat banget, Bela.

IDN Media Channels

Latest from Single