Berbeda pendapat dengan orangtua khususnya ibu seringkali dialami oleh anak perempuan. Hal tersebut disebabkan karena memiliki sifat dan karakter hampir sama sebagai perempuan. Sebetulnya ibu memiliki alasan tersendiri melakukan hal tersebut demi kebaikan anak perempuannya yang kadang bertolak belakang dengan pandangan anak. Cara pandang anak perempuan pun nggak sepenuhnya salah. Kamu sendiri, Bela, pasti pernah ngambek dengan ibumu karena alasan berikut. 

7 Masalah Antara Ibu dan Anak Perempuan serta Cara Mengatasinya

Bibit, bebet, bobot. Pasti kamu sering sekali mendapatkan wejangan tentang yang satu ini. Ibumu ingin yang terbaik buatmu pastinya. Jika pasanganmu nggak sesuai dengan yang ibumu mau, berilah pengertian bahwa nanti yang akan menjalaninya adalah dirimu, minta pasanganmu juga untuk membuktikan bahwa yang selama ini ibumu pikirkan tentangnya belum tentu benar.

7 Masalah Antara Ibu dan Anak Perempuan serta Cara Mengatasinya

Ada beberapa ibu yang secara nggak sengaja mengatur anaknya agar memenuhi mimpi sang ibu yang nggak bisa ia gapai saat muda dulu. Sebagai anak yang berbakti, pasti kamu menuruti ibumu. Di sisi lain, kamu juga punya mimpi sendiri. Agak sulit memang memberikan pengertian pada orangtua khususnya ibu. Apalagi jika ibumu tipe perempuan pekerja keras, mandiri, dan berprinsip kuat. Jika benar-benar kamu percaya akan mimpimu, kejarlah, buktikan padanya bahwa mimpimu juga berarti.

7 Masalah Antara Ibu dan Anak Perempuan serta Cara Mengatasinya

Karena ingin melindungi anaknya, wajar jika seorang ibu kepo tentangmu. Ia ingin menjadi bagian penting dalam hidupmu ketika kamu memutuskan sesuatu. Bersyukurlah jika ibumu cerewet menanyakan kabarmu di mana atau menyuruhmu pulang jika kamu masih di luar dan sudah larut malam. Artinya, ia menyayangimu. Namun kadang caranya melindungimu kurang kamu sukai karena terkesan protektif. Salah satu cara agar ibumu nggak terlalu cerewet lagi, mintalah padanya untuk melindungimu dalam doanya.

7 Masalah Antara Ibu dan Anak Perempuan serta Cara Mengatasinya

Ibu yang cerdas tentu akan selalu mengikuti perkembangan zaman agar bisa terus berkomunikasi dan sejalan dengan pemikiran pada saat itu. Kamu sering beda pendapat dengan ibumu dikarenakan cara pandang dirimu dan dirinya memiliki perbedaan. Sesekali, ajak ibumu membaca artikel atau mengikuti kegiatan anak zaman sekarang. Berbagi pemikiran juga sisi positif dan negatifnya. Mungkin ibumu akan mengerti.

7 Masalah Antara Ibu dan Anak Perempuan serta Cara Mengatasinya

Pasti hal ini yang paling sering kamu perdebatkan dengannya. Perempuan itu harus begini begitu dan ini itu sehingga kamu merasa nggak nyaman terlalu lama dengan ibumu. Sebetulnya, ibumu melakukan hal demikian agar kamu bisa tumbuh menjadi perempuan yang mandiri dan cekatan. Kamu mungkin akan merasa seakan banyak tuntutan sekarang, tapi percayalah, hal yang ibu kamu 'paksakan' akan berguna kelak.

7 Masalah Antara Ibu dan Anak Perempuan serta Cara Mengatasinya

Berat memang jika harus selalu dibandingkan. Setiap anak memiliki keunikan serta kelebihan yang berbeda. Nggak bisa dipukul rata. Berilah pengertian pada ibumu jika kamu merasa nggak nyaman jika selalu dibandingkan dengan yang lain sehingga kamu nggak bisa menjadi dirimu sendiri.

7 Masalah Antara Ibu dan Anak Perempuan serta Cara Mengatasinya

Penelitian Mendel membuktikan bahwa beberapa sifat bisa diturunkan dari orangtua. Jadi wajar jika kamu punya beberapa sifat yang diturunkan oleh ibumu seperti sensitif dan berpendirian kuat. Karena memiliki sifat yang sama, perlu kelapangan besar untuk menjembatani hal tersebut. Sebetulnya, jika sedang berargumen karena hal ini, kamu dan ibumu tengah belajar bersikap dewasa dengan menjadi bijak. Kadang sebagai anak, kita juga perlu belajar mengalah karena sesungguhnya selalu ada hikmah di balik alasan ibumu bersikap demikian. Sesekali, biar lebih enak dan hati-hati, buatlah surat pada ibumu tentang beberapa sikapnya yang membuat hubunganmu bisa renggang. 

BACA JUGA : 10 Ilustrasi Ini Gambarkan Rasanya Menjadi Ibu di Usia 20an