Menjadi kembar adalah anugerah. Kembar sendiri didefinisikan sebagi dua atau lebih individu dari rahim yang sama, waktu lahirnya sendiri bisa sama atau beda. Kembar sendiri dibagi menjadi dua, kembar fraternal dan kembar identik. Kembar identik merupakan kembar yang spesial. Gimana nggak Bela, ketika berhadapan, kembar identik ini seperti bercermin. Selain itu, kembar identik memiliki golongan darah sama, wajah sama, DNA sama, serta jenis kelamin sama. Jika kamu kembar, pasti fakta berikut ini pernah kamu alami.

1. Memiliki kemiripan nama

7 Fakta yang Hanya Dialami Anak Kembar Identik
ajlphoto.com

Pada umumnya, nama-nama kembar di Indonesia memiliki hampir kesamaan nama. Nina-Nani, Anjana-Anjani, Deva-Devi, Twinna-Twinni dan sebagainya. Berbeda dengan budaya di luar negeri. Meskipun kembar, nama mereka tetap berbeda hanya sama nama marganya saja. 

2. Punya baju dan barang sama

7 Fakta yang Hanya Dialami Anak Kembar Identik
pinterest.com

Nah, kalau ini pasti banget dialami oleh kamu yang kembar. Model baju boleh sama, biasanya yang membedakan adalah warna ya, Bela. Ibumu sangat senang mix n match baju yang sama untuk kalian berdua. Bukan hanya baju saja. Tasa, sepatu, hingga mainan pun biasanya disamakan dengan pertimbangan agar kalian nggak saling berebut. Betul?

3. Sulit dibedakan orang baru jadi sering tertukar

7 Fakta yang Hanya Dialami Anak Kembar Identik
pinterest.com

Kalau si kembar satu sekolah dan satu kelas, teman-teman kalian pasti mulai bisa membedakan. Berbeda cerita jika kalian berbeda sekolah. Pasti saat teman-temanmu datang ke rumah, mereka sulit membedakan kamu dan kembaranmu.

4. Saling tukar barang

7 Fakta yang Hanya Dialami Anak Kembar Identik
cokeandtell.wordpress.com

Pada umumnya kembar identik memiliki postur tubuh yang sama. Dari ukuran baju sampai ukuran sepatu. Kalian sering tukar baju atau barang-barang kalian. Sama seperti hubungan kakak-adik meskipun nggak kembar. 

5. Saling terkoneksi

7 Fakta yang Hanya Dialami Anak Kembar Identik
pinterest.com

Saling terkoneksi ini dibangun sudah sejak dari kandungan. Nggak heran, si kembar bisa saling merasakan apa yang kembarannya alami. Bahkan, sampai sakit pun, kembar identik ini bisa saling merasakan. Empati dan simpati yang sudah terjalin dalam waktu yang lama memungkinkan seseorang untuk terkoneksi meskipun mereka berada di tempat yang berjauhan. 

6. Punya bahasa sendiri

7 Fakta yang Hanya Dialami Anak Kembar Identik
pinterest.com

Dalam buku Twin Connection: Stories That Celebrate The Mysterious Bond Behind Twin karya Denise dan Heather Allan (kembar identik) menyatakan bahwa anak kembar identik bisa saling berkomunikasi dengan bahasa mereka sendiri tanpa orang lain bisa mengerti. 

Pernyataan si kembar tersebut diperkuat dengan jurnal dari Institute of General Linguistics yang menyatakan bahwa sekitar 40% dari kembar identik membangun bahasa sendiri yang hanya bisa mereka berdua pahami. Para peneliti percaya, hal tersebut bisa terjadi karena kembar memiliki hubungan yang sangat dekat sehingga secara nggak langsung bisa saling memahami. Gimana nggak ya Bela, mereka sudah bersama sejak di dalam kandungan. Tidur bersama sampai main bersama. Tentunya ikatan mereka amat sangat kuat.

7. Bisa tukar posisi

7 Fakta yang Hanya Dialami Anak Kembar Identik
pinterest.com

Kembar identik kadang sulit dibedakan secara fisik. Bahkan sampai suara pun bisa sama. Karena hal tersebut, nggak jarang dalam beberapa kondisi, si kembar ini bisa saling bertukar posisi. Kamu pernah begitu nggak, Bela?

BACA JUGA : Ini Cara Mengetahui Apa yang Laki-Laki Pikirkan tentang Penampilanmu