Mimpi merupakan bunga tidur. Ketika kamu bermimpi tentang mantanmu, apakah artinya kamu masih merindukannya atau dia yang merindukanmu atau mungkin tanda kalian akan balikan? Berikut penjelasan arti mimpi ketemu mantan.

1. Tanda kerinduan

Ketahui Arti Mimpi Ketemu Mantanunsplash.com/@christiana

Mengingat mimpi merupakan gambaran alam bawah sadar, seringkali kita menggambarkan kekhawatiran atau pesan terdalam dari diri sendiri melalui mimpi. Banyak dari kita nggak bisa mengungkapkan atau bahkan menutupi kenyataan bahwa semuanya baik-baik saja padahal dalam lubuk hati yang terdalam, kamu nggak baik-baik saja.

Mimpi ini bisa menjadi sebuah pertanda bahwa sebenarnya kamu sedang nggak baik-baik saja. Arti mimpi ketemu mantan tergantung konteks apa yang kalian lakukan saat bertemu mantan dalam mimpimu. Jika hanya sekadar berpapasan atau bertemu saja, bisa berarti kamu hanya merindukan hal-hal yang pernah kamu lakukan bersamanya. 

2. Tanda ketidakpuasan

Ketahui Arti Mimpi Ketemu Mantanunsplash.com/@evertonvila

Nggak ada hubungan yang sempurna. Begitu pun kamu dan pasanganmu yang baru. Meskipun mungkin kamu menganggap bahwa pacarmu yang sekarang lebih baik dari mantanmu, namun pastinya, ada beberapa hal dari mantanmu yang nggak dimiliki pacarmu saat ini. Secara nggak sadar, kamu tengah membandingkan pacarmu dan mantan pacarmu yang terus kamu pikirkan sehingga muncul dalam bentuk mimpi. 

3. Adanya masalah yang belum beres

Ketahui Arti Mimpi Ketemu Mantanunsplash.com/@matthewtwhuang

Arti mimpi ketemu mantan lainnya yakni ada sesuatu yang mengganjal di antara kalian. Cara mengakhiri hubungan tentu akan berpengaruh padamu. Hubungan yang menggantung, atau hubungan yang diakhiri tanpa penyelesaian, akan terus menghantui kita karena masih ada yang belum beres. Karena masih dipikirkan, otomatis secara nggak sadar hal tersebut bisa terbawa mimpi.

Coba cek, Bela. Akhir hubunganmu dengan mantan apakah berakhir baik, atau ada masalah, saran, bahkan luapan emosi yang belum tersampaikan padanya belum?

4. Masih menaruh hati dan harapan

Ketahui Arti Mimpi Ketemu Mantanunsplash.com/@yoannboyer

Ketika kita belum bisa menyelesaikan dan mengikhlaskan hubungan kita sebelumnya, otomatis akan mengganjal selalu. Sesekali kamu masih mengharapkan kalau kalian mungkin suatu hari nanti akan bertemu kembali dan bisa memulainya lagi dengan jalan yang lebih baik.

Harapan tersebut akan tertanam dalam alam bawah sadar dan berubah menjadi mimpi yang nggak terwujud di kehidupan nyata. Ketika bermimpi tentangnya, mungkin kamu berpikir akan ada jalan untuk bisa kembali lagi mengontaknya dengan mengatakan bahwa kamu memimpikannya.

5. Hanya sebatas mimpi

Ketahui Arti Mimpi Ketemu Mantanunsplash.com/@hollowaykryan

Menurut Freud, seorang ahli psikologi, mimpi terdiri dari dua isi. Isi manifes dan isi laten. Isi manifes terbentuk dari gambar atau aktivitas yang kita ingat ketika kita terjaga dan muncul ke dalam pikiran kita ketika kita mencoba mengingatnya. Sedangkan untuk isi laten “pikiran-pikiran mimpi” ialah sesuatu yang tersembunyi (pikiran tersembunyi) yang hanya bisa disampaikan melalui emosi.

Bisa jadi, sebelum tidur, kamu melihat suatu kejadian atau barang dan mengingatkanmu pada mantanmu sehingga membuatmu memimpikannya. Jadi, arti mimpi ketemu mantan nggak selalu tentang dia menginginkanmu kembali. Coba cek kembali tentang akhir hubunganmu dengannya. Bisa jadi, ada seseuatu yang belum kamu relakan atau ungkapkan.

Itu tadi beberapa penjelasan tentang arti mimpi bertemu mantan. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu nggak kepikiran lagi tentang makna di balik mimpi kamu, ya.

Baca Juga: 9 Arti Mimpi Melihat Pasangan Selingkuh