Kalau kamu sudah merasa tersiksa setiap malam minggu lantaran belum punya kekasih. Hmmm, itu belum seberapa jika kamu tinggal di Korea Selatan. Negara yang terkenal dengan kisah romantisnya di drama ini, ternyata juga juaranya merayakan hari cinta. 

Di Korea Selatan nggak sekadar merayakan Valentine saja, kamu bakal nemuin beberapa perayaan cinta lainnya. Perayaan yang diperingati oleh pasangan muda-mudi Korea Selatan ini selalu jatuh pada tanggal 14 setiap bulannya. Yup, setiap bulan kamu bakal melihat muda-mudi yang memadu kasih ketika memperingati perayaan tersebut. Jika kamu masih jomblo dan menetap di Korea, siap-siap meringis, sih. 

Nah, apa saja bentuk perayaan cintanya?. Dan, kira-kira mereka ngapain saja, ya, saat merayakan hari cinta itu?

1. Diary day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.sbs.com

Mungkin bagi kamu menghadiahkan buku harian ke seseorang terkesan kuno, tapi tidak dengan Korea Selatan. Justru, saling memberi buku harian kosong menjadi perayaan yang berarti buat sepasang kekasih, sahabat, atau kolega yang mereka hormati. 

Yup, perayaan tersebut bernama Diary Day  dan diperingati setiap tanggal 14 di bulan Januari. Diary day ini diharapkan mereka yang menerima buku harian, dapat menuliskan cerita yang penuh kenangan selama setahun agar mereka tidak melupakan begitu saja kisah-kisah yang terjadi dalam hidup. 

Diary Day juga menjadi ajang untuk mengajak generasi muda biar gemar menulis dan tak tergantung pada media sosial ketika ingin mencurahkan isi hatinya.  

2. Valentine's day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyacnn.com

Buat perayaan yang satu ini, hampir semua negara memeriahkan hari Valentine pada tanggal 14 Februari. Bedanya, perempuan Korea Selatan yang duluan bergerak menghadiahkan cokelat ke laki-laki yang dia sukai atau pasangan yang disayanginya. 

Sementara, sang laki-laki tinggal harap-harap cemas, apakah ada perempuan yang bakal memberinya cokelat di hari paling spesial tersebut.

3. White day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.aminoapps.com

Kalau perayaan cinta tanggal 14 Maret, kebalikan dari Valentine. Dapat dikatakan, Korea Selatan memperingati hari kasih sayang sebanyak dua kali. Jika di Valentine, perempuan Korea yang menghadiahkan sang laki-laki. Kini, White Day menjadi momen sang laki-laki membalas pemberian tersebut. 

Hadiah yang diberikan ke sang perempuan, harus bernilai 2-3 kali lipat dari hadiah sebelumnya, lho. Sesuai dengan nama perayaannya, hadiah yang dikasih oleh laki-laki ke perempuan umumnya berwarna putih baik itu berupa bunga, skincare, boneka, atau perhiasan. 

4. Black day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.travelsafe-aca.com

Jika kamu ingin merasakan perayaan cinta tapi berstatus jomblo, maka kamu bisa memperingati perayaan tersebut bersama dengan teman-temanmu yang bernasib serupa sambil makan jajangmyeon, mie hitam asal Korea Selatan. 

Black day menjadi perayaan yang dapat dinikmati oleh para jomblo di Korea. Mereka yang nggak dapat hadiah saat Valentine atau White Day, bakal pergi ke restoran mie untuk makan jajangmyeon sambil meratapi nasibnya yang kurang beruntung soal percintaan. 

Tapi, buat sebagian orang yang nyaman dengan status jomblonya, Black Day malah dinikmati sebagai hari kebebasan dan berupaya melupakan status menyedihkan mereka sambil bergembira dengan teman-teman. 

5. Rose day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.soompi.com

Kalau di tanggal 14 bulan Mei, kamu akan melihat pasangan muda Korea saling memberi sebuket bunga mawar, dan kompak memakai pakaian berwarna kuning. Perayaan ini dinamakan Rose Day atau Yellow Day.

Nah, bagaimana dengan para jomblo? Buat yang menjomblo, mereka bakal makan kari bareng sahabat mereka yang juga sama-sama melajang. Nggak usah iri sama yang punya pasangan, ya!

6. Kiss day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.weheartit.com

Perayaan yang dimeriahkan setiap tanggal 14 Juni ini membuat hati para jomblo di Korea siap-siap mencelos karena saat Kiss Day, bakal ada acara unik di pusat perbelanjaan seperti kissing contest. Kontes ini disambut hangat dan banyak diikuti oleh para kekasih muda.

Buat kamu yang masih menjomblo, tampaknya harus berdiam di rumah biar nggak patah hati ketika melihat banyak pasangan melakukan ciuman di depan umum. Atau, segera mencari pasangan agar bisa merasakan perayaan yang sama dengan mereka yang sudah memiliki kekasih.

7. Silver day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.trazy.com

Buat kamu yang sudah mempunyai kekasih, tetapi nggak ada kemajuan. Saatnya, kamu kasih tahu perayaan yang diperingati setiap tanggal 14 Juli ini.

Silver Day dianggap sebagai bentuk keseriusan seorang laki-laki kepada kekasihnya. Mereka akan menghadiahkan sang kekasih berupa perhiasaan berwarna silver dengan harga yang cukup mahal. 

Pemberian perhiasaan menunjukkan keseriusan mereka dalam membina sebuah hubungan. Banyak pula, dari pasangan muda Korea yang memanfaatkan perayaan ini dalam rangka mengenalkan sang pujaan hati ke orangtua biar mendapat restu.

8. Green day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.pinterest.com

Memasuki bulan Agustus, kamu akan melihat banyak pasangan muda Korea Selatan yang pergi hiking atau berkencan di taman setiap tanggal 14. Mereka menghabiskan waktu bersama sambil menikmati pemandangan alam terbuka, mereka juga kompak mengenakkan baju couple warna hijau, lho.

Tapi, buat yang lagi single, biasanya Green Day dirayakan dengan meminum soju (buat yang sudah cukup umur) berwarna hijau bersama teman-teman. 

9. Photo and Music day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.inspiremekorea.com

Buat kamu yang suka selfie sama pasangan, cocok banget memeriahkan perayaan cinta yang satu ini.

Setiap tanggal 14 di bulan September selalu diadakan Photo and Music Day. Selama seharian, mereka yang sudah punya pasangan akan pergi berlibur ke tempat wisata sambil mengambil foto sebanyak mungkin.  

Saat malam harinya, mereka bakal bergembira dengan sang kekasih dengan pergi ke noraebang dan menyanyi bersama.

10. Wine day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.forbes.com

Di tanggal 14 Oktober, pasangan Korea akan melakukan kencan romantis entah di rumah atau restoran mewah. Mereka akan meluangkan waktu untuk makan bersama sambil menikmati minum wine.

Jelang musim dingin, Wine Day sangat cocok untuk diperingati dalam rangka saling menghangatkan dan memberi kasih sayang kepada pasangan.

11. Movie day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.aminoapps.com

Uniknya, di Korea ada perayaan untuk menonton film setiap bulan November di tanggal 14.

Sepasang kekasih Korea akan merayakan Movie Day dengan menonton film baik dari rumah, bioskop, atau di tempat rental film. Untuk baju couple, tampaknya pasangan di sana sangat senang memakai baju dengan warna serupa. Di perayaan ini, mereka juga memakai baju couple berwarna oranye.

Oleh karena itu, perayaan ini disebut dengan Movie Day atau Orange Day. Sayangnya, buat kamu yang jomblo dan hendak menonton film di bioskop akan disuguhkan pemandangan romantis dari para pasangan Korea. Makanya, nggak heran jika di bulan ini, banyak yang jomblo memilih menonton film dari rumah saja.

12. Hug day

Bikin Iri, Ini 12 Perayaan Cinta di Korea Selatan Tiap Bulannyawww.weheartit.com

Menutup akhir tahun yang dingin, orang Korea Selatan punya perayaan cinta yang dinamakan Hug Day setiap tanggal 14 Desember.

Perayaan cinta ini nggak hanya buat pasangan tapi juga bisa kamu lakukan ke teman, sahabat, keluarga, atau rekan kerja sekalipun.

Hug Day menjadi perayaan paling hangat karena satu sama lain akan memberikan pelukan. Bahkan, ada pula beberapa artis Korea yang mengadakan acara Free Hug untuk penggemar setianya. Wah, menyenangkan sekali rasanya.

Jadi, jangan kaget kalau kamu berkunjung ke Korea Selatan di bulan Desember akan menemukan pemandangan banyak orang saling memeluk. Bukan untuk melecehkan, tapi saling menguatkan buat menghadapi kehidupan di tahun mendatang.

 

Gimana tertarik untuk merasakan salah satu perayaan cinta di Korea, Bela? 

Baca Juga: Bikin Betah #DiRumahAja, 10 Drama Korea Ini Hadir di Bulan Mei 2020

Baca Juga: Banyak Aturan, Ini 7 Gaya Pacaran yang Berlaku di Korea Utara

Baca Juga: 10 Karakter Pria di Drama Korea yang Susah Dilupakan