Setiap pasangan yang telah menikah tentu memiliki harapan untuk menua bersama hingga ajal menjemput. Namun nyatanya, visi misi yang berbeda membuat komitmen satu sama lain terancam untuk memiliki tujuan masing-masing. Meski menyakitkan, bisa jadi perceraian merupakan pilihan terbaik bagi kedua belah pihak. Agar nggak terlarut dalam kesedihan, lakukan cara ini untuk meminimalisir dampak yang akan terjadi.

1. Konseling

 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Setelah Berceraikatiemovieblog.wordpress.com

Wajar bila kamu ingin cepat pulih dari memori buruk perceraian yang terjadi. Rasa sakit dan kecewa yang kamu alami tentu memberi beban pada pikiran yang luar biasa. Nggak perlu menanggungnya sendiri, kamu boleh menjalani konseling sebagai tempat berbagi. Bersama orang yang profesional dalam menanganinya, kamu bisa mendapat ketenangan atau mungkin refleksi diri untuk menjalani hidup lebih baik.

2. Beraktivitas

 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Setelah Berceraiwww.hotflick.net

Semakin lama kita memikirkannya, semakin lama pula rasa sakit akan mengikutimu. Setiap orang tentu akan mempertanyakan hal buruk yang dialami. Kenapa bisa terjadi, siapa yang bersalah, siapa yang memulai, kenapa nggak bisa diperbaiki dan seribu juta pertanyaan lain yang nggak bisa terjawab. Popbela tahu bahwa move on tentu bukan hal yang mudah. Namun, mulai bangkit dan mencari aktivitas baru yang menyenangkan bisa mengalihkan kamu dari kesedihan.

3. Berpikir positif dan percaya diri

 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Setelah Berceraiwww.fanpop.com

Gagal dalam pernikahan bukan berarti kamu gagal dalam segala hal. Hilangkan rasa nggak percaya diri, tersenyum dan berkaca untuk membuatmu semakin kuat.  Percaya deh, setiap orang termasuk kamu memiliki kelebihan yang berbeda satu sama lain. Dari kejadian yang telah dialami, kamu justru bisa lebih mengenal diri kamu untuk melakukan berbagai hal yang bermanfaat.

4. Memaafkan diri sendiri

 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Setelah Berceraiwww.viewallpapers.com

Sebenarnya, nggak ada yang bisa disalahkan untuk keputusan perceraian yang dialami bersama pasangan. Mempertahankan prioritas dan pilihan masing-masing bukan berarti kamu bersikap egois. Jangan terus menyalahkan diri sendiri, kini saatnya kamu memaafkan keadaan dan mulai berpikir positif karena banyak hal baru datang menjemput.

5. Dekatkan diri pada Tuhan

 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Rasa Sakit Setelah Berceraiwww.ouchpress.com

Tuhan nggak pernah tidur dan selalu memiliki rencana pada kehidupanmu. Meski kamu belum menyadarinya, percaya deh akan ada hal baik yang kamu dapatkan dari pengalaman buruk sekalipun. Berdoa dan mendekatkan dirinya kepada-Nya, bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan damai. Perbanyak waktu beribadah akan membuat kamu semakin ingat untuk bersyukur.

BACA JUGA: Mempertahankan Pernikahan di Tengah Masalah? Lakukan 3 Tips Ini