Pandemi COVID-19 memberikan pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat di seluruh dunia. Mulai dari perubahan kebiasaan, gaya hidup, hingga hubungan antara suami istri. Yup, pandemi memang membuat hubungan antar pasangan jadi lebih challenging karena sebagian besar aktivitas sehari-hari harus dilakukan di rumah saja. Hal ini tentu menimbulkan kejenuhan, bahkan seringkali memicu konflik antara suami istri. Nggak jarang, gairah seksual juga semakin menurun karena aktivitas yang monoton.

Makin Mesra, Ini 4 Kunci Mengembalikan Gairah Seks Selama PandemiDok. DKT Indonesia

Kondisi ini rupanya menginspirasi Kondom Sutra meluncurkan kampanye #MakinMantapMakinMesra untuk mengajak pasutri di Indonesia kembali mesra dengan pasangan dan meningkatkan gairah asmara seperti pada masa awal pernikahan.

“Pada masa pandemi saat ini, kebutuhan akan hubungan intim antar pasangan cenderung meningkat, akibat aktivitas yang lebih lama di rumah. Selain itu, kelelahan dan stres akibat tekanan kondisi saat ini membutuhkan sentuhan kreativitas serta eksplorasi dalam hubungan intim, sehingga menggunakan berbagai variasi Kondom Sutra dapat membuat hubungan semakin Mmmm… #MakinMantapMakinMesra,” kata Brand Manager Kondom Sutra, David Dwi Santoso.

Lantas, bagaimana caranya agar kita dapat menjaga hubungan seksual yang berkualitas selama pandemi? Clinical Sexologist, Zoya Amirin, M.Psi., FIAS memberikan beberapa tips supaya hubungan antara suami istri lebih mesra di situasi pandemi COVID-19 saat ini. Apa sajakah itu?

1. Lakukan hubungan seksual yang reguler dan terencana

Makin Mesra, Ini 4 Kunci Mengembalikan Gairah Seks Selama PandemiFreepik.com/Racool_studio

Masa pandemi merupakan masa ketidakpastian, jadi sangat disarankan untuk melakukan hubungan seksual yang reguler dan terencana. Pada masa ketidakpastian, sebaiknya jangan melakukan seks spontan supaya lebih mudah melakukan kontrol terhadap hal yang akan terjadi nantinya. Selain itu, gunakan kontrasepsi untuk mencegah kehamilan yang tak diinginkan pada masa pandemi.

2. Luangkan me time bagi diri sendiri

Makin Mesra, Ini 4 Kunci Mengembalikan Gairah Seks Selama PandemiFreepik.com/lookstudio

Memberikan pasangan atau diri sendiri untuk menikmati waktu me time sangat penting demi menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres selama pandemi. Me time harus dijadwalkan sesuai dengan kesepakatan bersama.

3. Jadwalkan waktu untuk komunikasi dengan keluarga

Makin Mesra, Ini 4 Kunci Mengembalikan Gairah Seks Selama PandemiFreepik.com/Senivpetro

Ciptakan sesuatu yang baru, misalnya dengan membuat permainan yang lebih mendekatkan keluarga, seperti main monopoli, berolahraga rutin, atau melakukan hobi bersama.

4. Setiap pasangan harus bisa berkeluh-kesah tanpa komplain

Makin Mesra, Ini 4 Kunci Mengembalikan Gairah Seks Selama PandemiFreepik.com/lookstudio

Tanyakan kepada pasangan, apa ketakutan terbesarnya? Kemudian, berikan waktu kepada pasangan untuk menyatakan ketakutannya dan mencurahkan isi hati. Selain itu, hentikan toxic positivity misalnya dengan mengatakan, “Kamu harusnya bersyukur, jangan kayak nggak punya Tuhan”. Setiap pasangan yang mampu berbagi ketakutan terbesarnya, akan semakin menambah mesra dan menguatkan hubungan.

Nah, itu dia tips menjaga agar hubungan suami istri bisa tetap intim dan bergairah, meski kini dihadapkan dengan kondisi pandemi. 

Baca Juga: Ini Metode Kontrasepsi yang Paling Tepat di Masa Pandemi 

Baca Juga: 6 Cara Mudah 'Membumbui' Kehidupan Seks Selama Pandemi

Baca Juga: Selingkuh Virtual Ternyata Meningkat di Tengah Pandemi