Berhubungan seks sekarang nggak hanya menjadi permintaan pasangan saja, akan tetapi sudah menjadi kebutuhan. Jika kamu sudah berkeluarga, menjaga untuk tetap stabil melakukan hubungan seks sangatlah menyenangkan. Banyak dari mereka yang langsung menginginkan seorang buah hati atau menundanya karena beberapa alasan. Bagaimana, apakah kamu salah satunya?

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menanggulangi dampak kehamilan saat berhubungan seks. Ada yang berbentuk kontrasepsi sampai berbagai asupan hormonal yang dimasukkan ke dalam tubuh.

1. Menghindari penetrasi

5 Cara Berhubungan Intim agar Nggak Hamilfreepik.com/ catactart

Cara yang paing mudah agar nggak terjadi kehamilan dengan cara nggak melakukan penetrasi. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan tanpa adanya penetrasi, seperti berciuman, masturbasi, seks oral, menggunakan sex toys, dan foreplay. Mungkin terdengar susah jika pasangan suami istri nggak melakukan hubungan seks yang sebenarnya, oleh karena itu tetap dibutuhkan komunikasi sampai dua belah pihak siap akan kehamilan.

2. Menggunakan alat kontrasepsi

5 Cara Berhubungan Intim agar Nggak Hamilpexels.com/ Pixabay

Menggunakan alat kontrasepsi adalah salah satu cara untuk menunda kehamilan secara umum. Bisa dengan menggunakan kondom, spermisida, IUD ataupun spons kontrasepsi. Hal yang paling umum adalah menggunakan kondom. Sekarang ini banyak varian kondom yang tipis agar hubungan seks tetap nikmat. Jika kamu menyukai beberapa sensasi lainnya, kamu bisa membeli kondom dengan berbagai varian aroma dan rasa.

3. Menggunakan pengontrol hormonal

5 Cara Berhubungan Intim agar Nggak Hamilpexels.com/ Pixabay

Banyak alat pengontrol hormonal seperti pil KB, suntik KB, ataupun penggunaan kontrasepsi darurat. Hal ini tentunya harus dengan pengawasan dan konsultasi dari dokter. Karena setiap perempuan mempunyai kondisi tubuh sendiri-sendiri dan respons yang berbeda setiap kontrasepsi hormonal yang dimasukkan ke tubuh.

4. Senggama putus

5 Cara Berhubungan Intim agar Nggak Hamilunsplash.com/ Josefin

Kehamilan bisa terjadi jika sel telur bertemu dengan sperma. Inilah yang disebut pembuahan. Hal ini bisa diminimalisir dengan mengeluarkan sperma di luar rahim. Hal ini membutuhkan keahlian dari laki-laki untuk bisa mengontrol dan memastikan sperma belum keluar. Akan tetapi nggak selamanya senggama putus berhasil karena beberapa laki-laki mengalami ejakulasi dini, yaitu ketika dia nggak bisa mengontrol keluarnya sperma saat penetrasi.

5. Ingat masa suburmu

5 Cara Berhubungan Intim agar Nggak Hamilfreepik.com/ boggy

Pada dasarnya siklus menstruasi berkisar antara 21-31 hari. Mengetahui masa suburmu adalah kunci kamu mengetahui kapan saja kamu bisa melakukan seks dengan pasangan tanpa terjadinya kehamilan. Para ahli menyarankan 1 atau 2 hari setelah menstruasi selesai adalah masa di mana mendapatkan kehamilan rendah. Hal ini dikarenakan belum adanya sel telur yang dilepaskan oleh perempuan.

Demikian beberapa cara berhubungan intim agar tidak hamil yang bisa kamu terapkan bersama pasangan jika belum berencana memiliki keturunan dalam waktu dekat. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: Arti dan Bahaya Seks Anal yang Perlu Diwaspadai