Mungkin menurutmu seks bukan hal pokok untuk kehidupan rumah tangga. Masih ada pekerjaan rumah, mengurus anak, bahkan mengatur pengeluaran bersama. Akan tetapi sebenarnya seks merupakan hal yang bisa membuat hubungan semakin harmonis, meningkatkan koneksi satu sama lain dan bisa menjadi hal yang me-refresh pikiranmu dengan pasangan.

Saat kamu enggan melakukan hubungan seks, karena hal yang nggak kamu tahu penyebabnya, ini harus kamu perhatikan. Karena pasanganmu juga membutuhkan perhatian lebih, terutama untuk seks.

Jangan asal menebak, inilah beberapa alasanmu enggan berhubungan seks dengan pasangan.

1. Kamu nggak puas dengan hubunganmu

5 Alasan Perempuan Enggan Berhubungan Seks dengan Suamifreepik.com/ senivpetro

Bagi perempuan, gairah seksual berkaitan langsung dengan perasaannya dengan pasangan. Jika kamu merasa nggak puas dengan perlakuan pasangan dalam rumah tangga, perasaan tersebut bisa kamu bawa hingga ke urusan ranjang.

Susan Krauss Whitbourne, seorang psikolog yang menulis blog Fulfillment at Any Age Psychology Today mengatakan adanya komunikasi antar pasangan perlu dilakukan. Jangan sampai suatu permasalahan merembet ke urusan lainnya hingga membuatnya rumit.

2. Bagimu seks itu menyakitkan

5 Alasan Perempuan Enggan Berhubungan Seks dengan Suamifreepik.com/ ArthurHidden

Semakin bertambahnya usia, akan memengaruhi juga urusan di atas ranjang. Miss V mungkin nggak sebasah dulu lagi, ditambah dengan permainan pasangan yang menggebu-gebu. Elizabeth McGrath, seorang terapis seks dan pendidik asal AS, mengatakan baik perempuan maupun laki-laki mengalami fluktuasi fisik dan hormonal, hal ini dapat memengaruhi dorongan seksual seperti kesiapan fisik dan perubahan Miss V.

Hal ini cukup normal, oleh karenanya kamu bisa meminta pasangan untuk sedikit perlambat ritme seks dan perpanjang durasi foreplay. Nggak ada salahnya untuk menggunakan pelumas dan sex toys bukan?

3. Jarang mendapatkan sentuhan fisik lainnya

5 Alasan Perempuan Enggan Berhubungan Seks dengan Suamifreepik.com/ prostooleh

Mungkin kamu salah satu perempuan yang mendapatkan sentuhan fisik pasangan hanya saat seks. Padahal sebenarnya keharmonisan suatu rumah tangga juga berasal dari sentuhan fisik setiap harinya, seperti mencium kening saat berpamitan, memeluk saat bertemu seharian kerja, hingga memegang tanganmu saat menonton film.

Hal-hal kecil ini membuat ikatan emosional semakin kuat. Jika rutin dilakukan, seks nggak akan menjadi sesuatu yang kamu hindari.

4. Kamu terlalu lelah

5 Alasan Perempuan Enggan Berhubungan Seks dengan Suamifreepik.com/ user17855566

Setelah seharian sibuk bekerja, menyiapkan anak sekolah, dan beberapa tugas rumah tangga lainnya akan membuatmu lelah. Hal ini sangat dibenarkan, terlebih perempuan juga memerlukan energi yang lebih dan gizi cukup.

Oleh karena itu, kamu dan pasangan bisa memberikan waktu satu sama lain untuk sendirian. Kemudian bicarakan bagaimana kamu dan dia bisa membuat jadwal untuk melakukan seks bersama.

5. Seks terlalu sering dan monoton

5 Alasan Perempuan Enggan Berhubungan Seks dengan Suamifreepik.com/ standret

Untuk awal pernikahan, seks merupakan hal yang panas dan ingin diulang setiap kalinya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, hal ini akan menjadi membosankan karena terlalu sering dan itu-itu saja. Seks menjadi hal yang mudah di tebak, di waktu, tempat dan posisi yang sama.

Dawn Michael, seorang penulis dan seksolog mengatakan, mengubah beberapa suasana seperti kamar tidur dengan menggunakan lilin-lilin, menambahkan musik yang lembut bisa menjadi salah satu caranya. Tak apa untuk bermain peran satu sama lain, saling menggoda dan mengubah kebiasan menjadi hal yang baru.

Baca Juga: Laki-laki Harus Tahu, Ini 5 Ketakutan Perempuan Saat Berhubungan Seks

Baca Juga: Ini Syarat Berhubungan Seks di Bulan Ramadan

Baca Juga: 5 Tips Agar Seks Virtual Berjalan ‘Panas’ Tapi Juga Aman