Berbicara tentang seks dengan orang lain memang masih dianggap hal yang tabu bagi kebanyakan orang di Indonesia. Seks masih dipandang sebagai topik yang nggak perlu didiskusikan dan ditanyakan. Hal tersebut juga berkaitan dengan pendidikan seks yang dirasa kurang di negeri ini. Padahal, pendidikan seks bukan cuma soal hubungan intim, tapi juga mencakup anatomi tubuh, fungsi alat reproduksi, hingga bentuk pelecehan. Pendidikan seks juga sebaiknya diberikan oleh orang-orang terdekat seperti orangtua atau institusi pendidikan. Bertanya kepada ahlinya seperti dokter juga bisa dilakukan. Tapi sebagai orang dewasa yang masih awam, maka pertanyaannya kurang lebih berbunyi, “Mulai dari mana?”

Akhirnya banyak anak-anak, remaja bahkan sebagian orang dewasa yang belum memahami tentang seks memilih untuk mencari informasi sendiri dari tempat lain seperti televisi atau internet. Walau nggak semua informasi di dunia maya itu salah, tapi sangat rawan bagi mereka untuk memperoleh informasi yang keliru, apalagi melalui mesin pencari. Di luar negeri, ada beberapa situs tentang pendidikan seks yang bisa menjadi referensi kamu seputar hal apa saja yang bisa disampaikan kepada adik, keponakan atau anakmu kelak.

1. Sex, etc.

Dikelola Para Ahli, Ini 5 Situs Pendidikan Seks Rekomendasi Popbelasexetc.org

By teens, for teens. Sesuai dengan jargonnya, situs sexetc.org memang dikelola oleh beberapa remaja yang memiliki misi yang sama, yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan pengetahuan tentang seks di kalangan remaja. Situs ini mencangkup berbagai topik mulai dari hubungan, penyakit menular seksual hingga kehamilan. Nggak sembarang tulis, situs ini diawasi oleh Answer, sebuah organisasi dari Rutgers University yang fokus pada pendidikan seks.

2. Young Women’s Health

Dikelola Para Ahli, Ini 5 Situs Pendidikan Seks Rekomendasi Popbelayoungwomenshealth.org

Berbeda dengan situs sebelumnya, situs ini rupanya disusun khusus untuk pembaca perempuan. Situs bilingual (Inggris-Spanyol) ini memuat banyak informasi yang patut diketahui hingga hal-hal yang dianggap tabu bagi beberapa masyarakat, seperti aborsi, orientasi seksual hingga keperawanan. Bukan cuma untuk remaja, youngwomenshealth.org juga cocok dibaca oleh perempuan dewasa. Situs ini merupakan kolaborasi antara Division of Adolescent and Young Adult Medicine dengan Division of Gynecology dari Boston Children’s Hospital.

3. Young Men’s Health

Dikelola Para Ahli, Ini 5 Situs Pendidikan Seks Rekomendasi Popbelayoungmenshealthsite.org

Dibentuk oleh Division of Adolescent and Young Adult Medicine dari Boston Children’s Hospital, Young Men’s Health ditujukan untuk pembaca laki-laki, baik remaja maupun orang dewasa. Banyak topik dan pertanyaan sehari-hari yang dibahas di youngmenshealthsite.org, termasuk tentang mimpi basah, HIV dan masturbasi.

4. Go Ask Alice!

Dikelola Para Ahli, Ini 5 Situs Pendidikan Seks Rekomendasi Popbelagoaskalice.columbia.edu

Situs ini merupakan salah satu situs yang dikenal dengan pendidikan seksnya. Dibentuk oleh tim dari Columbia University, goaskalice.columbia.edu banyak membahas tentang kesehatan, salah satunya tentang seks. Bahkan, mereka juga menyediakan sesi tanya jawab secara online. Namun Go Ask Alice pernah dipermasalahkan karena kontennya dianggap terlalu vulgar bagi remaja karena menjelaskan informasi terkait seks secara visual. Bagian yang paling seru dari situs ini adalah kita bisa membaca curhatan pembaca tentang masalah mereka sekaligus jawaban dari tim Go Ask Alice.

5. Amaze

Dikelola Para Ahli, Ini 5 Situs Pendidikan Seks Rekomendasi PopbelaAmaze.org

Sedikit berbeda dengan situs lainnya, Amaze mengemas informasi mereka dalam bentuk animasi video yang ringan dan mudah dinikmati. Bahkan, mereka juga membuat konten-konten menarik yang ditujukan untuk target pembaca yang berbeda, seperti tenaga pendidik, orangtua atau anak-anak. Baiknya lagi, mereka juga memilah konten mana yang bisa diberikan kepada anak-anak dan remaja sesuai dengan usia mereka. Amaze.org disusun oleh para ahli yang memiliki misi yang sama, yaitu menyediakan pendidikan seks untuk anak-anak dan anak muda secara jujur, akurat secara medis dan sesuai dengan usia mereka.

Baca Juga: Ini 7 Pendidikan Seks di Seluruh Dunia, Bagaimana dengan Indonesia?