Kondom adalah sebuat alat kontrasepsi yang digunakan sebagai pelindung saat berhubungan seks. Biasanya kondom digunakan untuk mencegah kehamilan dan mencegah penularan penyakit kelamin saat melakukan hubungan seks. Terbuat dari bahan lateks, kondom dipakaikan di Mr. P sebelum mulai berhubungan seksual. Alat kontrasepsi ini sudah nggak asing lagi didengar dan kondom pun cukup mudah ditemukan di berbagai pasar swalayan atau apotek.

Namun masih banyak dari penggunanya yang nggak memerhatikan cara memakai kondom dengan benar nih, Bela. Agar semakin aman dan nyaman saat berhubungan, sebaiknya kita simak yuk langkah-langkah dan cara menggunakan kondom dengan benar.

1. Periksa kemasan

Arti dan Cara Menggunakan Kondom dengan Benarallure.com

Banyak dari pengguna mengabaikan kemasan dari kondom yang ingin digunakan. Sangat penting dilakukan untuk memastikan kalau kemasan kondom masih dalam keadaan yang aman dan tertutup rapat. Pastikan memilih kondom yang kondisinya masih baik dan memiliki sertifikasi (FDA, CE, ISO, atau Kitemark) yang menyatakan bahwa kondom tersebut telah diuji sesuai standar keselamatan. Jangan sampai kamu asal memilih kondom karena murah dan banyak di pasaran, tapi kamu juga harus tetap memastikannya, Bela.

2. Cek tanggal kedaluwarsa

Selain memeriksa keamanan kemasan, saatnya mengecek tanggal kedaluwarsa kondom tersebut. Biasanya pengguna akan merasa aman-aman saja ketika membeli di pasar swalayan atau apotek, tapi agar lebih aman pengguna juga harus mengeceknya. Ketika menggunakan kondom yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa, kualitasnya akan lebih rentan karena mudah pecah atau robek saat digunakan.

3. Buka dengan hati-hati

Arti dan Cara Menggunakan Kondom dengan Benarmuscleandfitness.com

Ketika sudah dipastikan kemasan dan tanggal kedaluwarsa kondom aman, bukalah kemasan kondom dengan hati-hati. Jangan sampai saat kamu membuka kemasan kondom kamu malah merobeknya. Bukalah kemasan kondom dengan mengikuti panah yang ada pada kemasan. Biasanya ada garis bantu panah untuk membukanya dan buka kemasan dari samping, jangan dari tengah. Hindari membuka kondom dengan gigi atau benda tajam seperti gunting.

4. Gunakan saat Mr. P ereksi

Cara menggunakan kondom dengan benar adalah dengan menunggu Mr. P mencapai keadaan ereksi. Gunakan kondom sebelum melakukan penetrasi atau seks oral dengan pasangan.

5. Jepit ujung kondom

Arti dan Cara Menggunakan Kondom dengan Benarhellogiggles.com

Setelah memastikan Mr. P dalam keadaan ereksi, ambil kondom dengan memegang bagian ujung kondom yang agak lancip dengan ibu jari dan telunjuk. Bagian tersebut adalah tempat menampung air mani saat mencapai ejakulasi. Setelah memegangnya langsung letakan di atas kepala Mr. P pasangan.

6. Buka gulungan kondom sampai ke pangkal Mr. P

Dalam posisi tetap menahan ujung kondom, buka gulungan kondom dengan hati-hati ke ujung pangkal Mr. P sampai batang Mr. P tertutup sempurna. Kalau kamu nggak bisa membuka gulungan kondom, tandanya kamu memasangkan dengan terbalik. Ketika ternyata kondisi kondom terbalik, ambillah kondom yang baru dan ulangi pemakaiannya.

7. Setelah ejakulasi, segera lepaskan Mr. P dari Miss V

Arti dan Cara Menggunakan Kondom dengan BenarUnsplash.com/Annie Spratt

Saat sudah melakukan hubungan seksual dan mencapai ejakulasi, segera cabut Mr. P dari dalam Miss V sebelum ereksinya hilang. Hal ini berguna untuk mencegah kebocoran kondom di dalam Miss V.

8. Lepaskan secara perlahan dari Mr. P

Setelah memastikan semua sperma keluar dari Mr. P, lepaskan kondom secara perlahan dari Mr. P agar sperma di dalamnya nggak keluar dari kondom yang digunakan.

9. Buang dalam keadaan aman

Arti dan Cara Menggunakan Kondom dengan BenarThedieline.com

Kalau semuanya sudah selesai, jangan lupa memperhatikan cara membuang kondom. Ikatkan bagian kondom yang terbuka agar memastikan sperma nggak tumpah berceceran saat berada di tempat pembuangan. Saat kondom sudah terikat, kamu bisa membungkusnya dengan tisu dan langsung membuangnya ke tempat sampah.

Kalau kamu ingin memaksimalkan penggunaan kondom, memperhatikan cara menggunakan kondom dengan benar juga harus kamu lakukan. Rasa khawatir kamu juga bisa terminimalisir kalau kamu bisa memastikan produk yang kamu gunakan juga maksimal. Kamu akan lebih merasa aman dan nyaman saat berhubungan dengan pasangan.

Baca Juga: 5 Alasan Bercinta dengan Kondom Justru Lebih Menyenangkan