Berbicara mengenai seks memang seolah tak akan ada habisnya. Saking banyaknya bahasan mengenai persoalan seks, mungkin membuat sebagian orang menjadi bingung. Salah satu hal yang asing dan berpotensi membingungkan dari bahasan seputar seks yang sangat berlimpah tersebut ialah mengenai fantasi seksual.

Bagi sebagian orang, fantasi seksual dianggap sebagai hal yang salah atau menyimpang. Namun, nyatanya sebuah penelitian yang dimuat di The Journal of Sexual Medicine menunjukan bahwa fantasi seksual merupakan hal yang normal bagi manusia dan merupakan salah satu ciri manusia sebagai mahluk seksual. Selain itu, mereka yang berfantasi seksual juga dinilai sebagai orang yang memiliki kadar kecemasan lebih rendah dengan tingkat rasa harga diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak berfantasi seksual. Dalam hubungan asmara sendiri, fantasi seksual bisa menjadi pewarna yang bisa memeriahkan kehidupan asmara.

Dalam berfantasi seks, tiap orang akan membayangkan hal yang berbeda-beda. Hal ini didasari dari kepribadian serta pengalamannya masing-masing. Namun dari banyaknya fantasi seks tersebut, ada 7 fantasi seksual yang paling sering dibayangkan oleh kebanyakan orang. 

Cek artikel di bawah ini, ya, Bela!

1. Seks multi-pasangan

7 Fantasi Seksual yang Paling Populer di Antara Pria dan WanitaForbes.com

Seks multi-pasangan ialah seks yang melibatkan lebih dari satu pasangan dengan jenis kelamin yang berbeda atau sama. Sebuah penelitian yang termuat di dalam jurnal Personality and Individual Differences menunjukkan bahwa pria lebih cenderung memiliki jenis fantasi ini dibandingkan dengan perempuan. Studi yang melibatkan 788 responden ini juga menunjukkan bahwa pria cenderung berfantasi seks dengan banyak orang asing, sedangkan perempuan lebih cenderung berfantasi seks dengan pasangan sesama jenis atau dengan orang yang terkenal. 

2. Seks dominan atau kasar

7 Fantasi Seksual yang Paling Populer di Antara Pria dan WanitaPinterest.com/Wattpad

Jenis fantasi ini sering dianggap sebagai praktik seksual yang tidak biasa lantaran melibatkan tindak kekerasan dalam praktiknya. Bagi beberapa orang, tindakan kekerasan yang dilakukan pada pasangannya tersebutlah yang bisa membuatnya menjadi bergairah dan terangsang melakukan hubungan seksual. 

Justin Lehmiller, seorang psikolog sosial yang meneliti jenis fantasi ini, mengatakan bahwa dari 4.000 orang Amerika yang ia survei, terdapat 93% wanita dan 81% pria yang berfantasi didominasi secara seksual, serta 85% pria dan 76% wanita yang berfantasi sebagai pihak yang dominan di dalam kegiatan seksual.

3. Voyeurisme atau eksibisionisme

7 Fantasi Seksual yang Paling Populer di Antara Pria dan WanitaPinterest.com/Femme Actuelle

Voyeurisme merupakan tindakan mendapatkan kepuasan seksual dengan cara mengintip bagian-bagian tubuh orang lain. Sebuah studi kecil yang dilakukan hampir 30 tahun lalu menunjukkan bahwa 54% pria memiliki fantasi seksual jenis ini. Sedangkan eksibisionisme merupakan tindakan memamerkan alat kelamin kepada orang asing tanpa ada persetujuan. Di Indonesia sendiri, kedua hal ini merupakan tindakan ilegal yang tidak boleh dilakukan.

4. Seks di tempat umum

7 Fantasi Seksual yang Paling Populer di Antara Pria dan WanitaPinterest.com/Popsugar

Melakukan seks di tempat umum ialah jenis fantasi lainnya yang paling sering dibayangkan oleh orang. Masih dalam survei yang dilakukan oleh Lehmiller, terdapat 81% pria dan 84% wanita yang terangsang ketika berfantasi seks di area publik.

5. Roleplay dan cosplay

7 Fantasi Seksual yang Paling Populer di Antara Pria dan WanitaPinterest.com/Rocky Mountain Wedding & Elopement Photographer

Banyak yang menganggap keduanya merupakan hal yang sama. Nyatanya, kedua merupakan dua hal yang sangat berbeda. Roleplay adalah mengasumsikan pasangan sebagai pihak lain. Sedangkan cosplay ialah tindakan untuk berdandan seperti seseorang atau sesuatu yang lain. Sayangnya, belum ada jurnal yang meneliti lebih jauh mengenai jenis fantasi ini.

6. Seks romantis

7 Fantasi Seksual yang Paling Populer di Antara Pria dan WanitaPinterest.com/June Weddings

Jenis fantasi ini sedikit sulit dideskripiskan. Hal ini dikarenakan kata "romantis" sangat luas untuk didefinisikan menjadi satu hal yang mutlak. Suatu yang romantis untuk satu orang mungkin berbeda untuk orang lainnya juga menjadi alasan tambahan mengapa jenis fantasi ini sangat susah untuk diterjemahkan. Namun, secara teori, seks romantis ialah hubungan seksual di mana terdapat hubungan emosional dan erotis di dalamnya. Masih dalam survei yang dilakukan oleh Lehmiller, jenis fantasi ini paling digandrungi oleh pasangan muda. Ia menemukan bahwa 91% pria straight, 88% wanita straight, dan 87% pria dan wanita gay serta biseksual berfantasi tentang pasangan romantis mereka saat ini.

7. Homoeroticis

7 Fantasi Seksual yang Paling Populer di Antara Pria dan WanitaPinterest.com/Buzzfeed

Homoeroticism adalah fantasi yang melibatkan tindakan seksual dengan sesama jenis. Ini sering dialami oleh orang-orang yang diidentifikasi sebagai heteroseksual, bukan hanya homoseksual atau queer. Hal ini bisa terlihat dari fakta yang tertulis di dalam sebuah makalah terbitan Social Forces . Makalah yang terbit pada tahun 2019 lalu tersebut menunjukkan bahwa 3,6% hingga 4,1% pria dan 7,6% hingga 9,5% wanita mengatakan ketertarikan seksual atau romantisnya terhadap sesama jenis. Angka ini ada karena menurut Deborah Fox, seorang pekerja sosial klinis dan terapis seks bersertifikat, seksualitas merupakan sebuah spektrum. Sehingga bisa saja bila seseorang mengklaim dirinya sebagai heteroseksual mereka dapat memiliki sedikit gairah untuk melakukan tindakan seksual kepada sesama jenis.

Itu dia 7 fantasi yang paling sering dibayangkan oleh orang-orang. Apabila kamu mau mencoba fantasi tersebut, pastikan kamu memerhatikan aspek-aspek penting sebelum melakukannya, ya. Aspek penting tersebut ialah mengomunikasikannya, membuat persetujuan, dan memperlakukan pasangan dengan hormat agar ia merasa aman dan nyaman.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Hiperseksual

Baca Juga: Ini 7 Perbedaan Making Love vs Sekadar Berhubungan Seks

Baca Juga: Raih Orgasme Bersamaan, Coba 5 Posisi Seks Ini Dengan Pasangan