Berhubungan Seks Tingkatkan Imunitas Tubuh? Cek Faktanya!

Imunitas yang kuat bisa menangkal virus bukan?

Berhubungan Seks Tingkatkan Imunitas Tubuh? Cek Faktanya!

Di tengah pandemi COVID-19, salah satu hal yang paling sering dibicarakan adalah imunitas. Karena dengan imun yang kuat, tubuh kita akan bisa menangkal virus. Beberapa orang berupaya meningkatkan imunitas dengan mengonsumsi buah, sayur, vitamin, dan rutin berjemur di pagi hari. Selain menjaga asupan makan, seks juga dipercaya bisa meningkatkan imunitas. Apakah ini benar?

Lebih sering seks, tingkat immunoglobulin lebih tinggi

Berhubungan Seks Tingkatkan Imunitas Tubuh? Cek Faktanya!

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang lebih sering melakukan hubungan seks, 1-2 kali seminggu, memiliki tingkat immunoglobulin yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang jarang melakukan hubungan seks. Immunoglobulin adalah molekul yang diproduksi oleh sel darah putih yang merupakan bagian penting dari respon imun.

Namun peneliti dalam penelitian tersebut tidak menjelaskan mengapa itu terjadi, karena dalam studi yang sama, ada pasangan yang tidak merasakan peningkatan immunoglobulin yang diduga akibat mereka mengalami stres.

Seks punya banyak manfaat, tapi bukan untuk imunitas

Jadi sejauh ini belum ada studi yang secara spesifik menyebut seks bisa meningkatkan sistem imun dalam rangka mencegah atau mengatasi infeksi.

Namun seks tetap memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah. Saat orgasme kita juga melepaskan serotonin dan edorfin yang dapat mengatasi rasa sakit. Jadi meski belum terbukti bisa meningkatkan imunitas, selagi sehat tidak masalah kalau kita ingin memperbanyak frekuensi seks selama pandemi.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here