Sebagian laki-laki biasanya bingung untuk menentukan ukuran kondom yang pas bahkan banyak yang nggak memedulikan juga. Padahal saat berhubungan seksual, kondom sangat penting sebab untuk mencegah penularan penyakit seksual dan memicu kehamilan. 

Tetapi, bagaimana caranya mengetahui ukuran kondom tanpa harus bertanya pada penjual atau mencari ukuran yang cocok? Kamu bisa intip di bawah ini ya!

Membandingkan ukuran penis dengan ukuran kondom

Ketahui Ukuran Kondom dan Cara Memilih yang PasCondomSales.com

Pada umumnya panjang penis ketika sedang ereksi yaitu sekitar 14-15 cm. Sedangkan kondom yang dijual di pasaran hanya menambahkan sedikit ruang pada ujung kepala penis sekitar 2-3 cm untuk memberi ruang agar hasil cairan yang keluar ketika pria orgasme. 

Jadi sebenarnya ukuran kondom nggak bisa disamakan dengan ukuran penis sesungguhnya, sebab kamu harus menghitung tambahan ruang kosong diujung penis. Beberapa studi juga mengatakan bahwa pria yang mempunyai penis ukuran besar ketika menggunakan kondom yang nggak pas ukuran maka akan rentan robek dan sperma akan berantakan.

Ukuran kecil (small)

Ketahui Ukuran Kondom dan Cara Memilih yang PasMen'sHealth.com

Menemukan kondom yang tepat kamu bisa membeli semua ukuran yang ada di pasaran. Namun  ketika kamu sudah mengukur dan cocok dengan ukuran kecil biasanya memiliki lebar 4,8 cm dan panjang 16 cm. Usahakan untuk memperhatikan jika kondom yang dipakai ternyata tergulung atau tidak berdiam pada tempatnya, menandakan ukuran kondom terlalu besar bagi kamu. 

Ukuran sedang (regular)

Ketahui Ukuran Kondom dan Cara Memilih yang PaswikiHow.com

Jika kamu merasa memiliki penis berukuran sedang, berarti kamu harus beli kondom berukuran lebar 5,2 cm dan panjang 19,5 cm. Kondom harus benar-benar mencakupi penis kamu ya, jangan sampai salah untuk membeli. Ukuran sedang ini sangat cocok ketika kamu ingin mencoba mengukur penis sesungguhnya sebab ukuran ratarata bisa sampai 12-15 cm. 

Ukuran besar (large)

Ketahui Ukuran Kondom dan Cara Memilih yang PasLelo.com

Ketika kamu sudah mencoba ukuran kecil dan sedang namun nggak cukup pada penis, kamu harus beli kondom berukuran besar biasa memiliki lebar 5,4 cm dan panjang 20cm. Hal ini wajib kamu beli ketika merasa kondom merasa sesak atau sempit ketika dipakai. Namun ketika penis memakai kondom dengan ukuran terlalu besar, hal ini akan meningkatkan risiko tertular atau menulari penyakit kelamin pada pasanganmu. 

Bahaya yang timbul ketika ukuran kondom nggak cocok

Ketahui Ukuran Kondom dan Cara Memilih yang PasAstroglide.com

Ketika kamu sudah menentukan ukuran kondom baik kecil maupun besar, usahakan untuk sesuaikan dengan penis ya! Sebab ketika nggak pas akan menghasilkan beberapa risiko seperti:

  • Jika terlalu besar akan menimbulkan bahaya yang sangat besar yaitu kondom tertinggal di dalam vagina dan menyebabkan infeksi.
  • Ukuran terlalu kecil dan sempit ketika dipakai, kondom kamu akan robek saat berhubungan seks kemungkinan bisa terjadi kehamilan.
  • Lebih fatalnya lagi adalah, ketika kondom berukuran terlalu kebesaran akan memicu kamu tertular akibat penyakit kelamin dan lebih cepat terkena HIV dan AIDS atau herpes.

Itulah cara memilih ukuran kondom yang sehat dan sesuai. Jangan sampai salah beli demi kenyamanan momen intim bersama pasangan.

Baca Juga: Macam-Macam Bentuk Kondom