Kondom adalah salah satu alat kontrasepsi dan satu-satunya yang digunakan oleh laki-laki. Penggunaannya yang sangat mudah—dibandingkan alat kontrasepsi lain yang harus dilakukan oleh dokter atau bidan--membuat kondom menjadi salah satu cara mencegah kehamilan yang populer.

Di Indonesia, sebenarnya sudah banyak merek kondom yang dijual. Namun, salah satu yang paling terkenal, karena sudah ada sejak lama adalah Kondom Sutra.

Kondom Sutra adalah alat kontrasepsi yang terbuat dari bahan dasar lateks alami. Nama sutra sendiri karena kondom ini mengklaim tekstur kondomnya halus dan lembut, seperti sutra.

Meski lembut, kondom ini aman digunakan dan tidak mudah bocor maupun rusak. Kondom Sutra dapat digunakan untuk mencegah kehamilan, melindungi dari gangguan penyakit kelamin, dan mencegah penyebaran bakteri maupun virus saat berhubungan seksual.

Nah, kondom Sutra ini sebenarnya memiliki beberapa jenis. Kenali perbedaan Kondom Sutra beserta harganya berikut ini.

1. Kondom Sutra Merah

4 Jenis Kondom Sutra, Apa Saja Bedanya dan Berapa Harganya? 

Harga: Rp 22.600/12 pcs

Ini mungkin menjadi kondom Sutra yang paling terkenal. Kalau ada yang menyebut kondom merek Sutra, yang langsung terbayang di pikiran adalah kondom dengan kotak kemasan berwarna merah ini.

Keunggulan kondom Sutra jenis ini adalah sudah memiliki pelumas yang bisa memberikan sensasi lembut dan halus saat dipakai. Selain itu, kondom Sutra Merah juga dirancang super tipis. Jadi, pasangan tetap bisa merasakan sensasi sentuhan langsung kulit ke kulit saat bercinta, meskipun memakai kondom.

2. Sutra OK Hitam

4 Jenis Kondom Sutra, Apa Saja Bedanya dan Berapa Harganya? 

Harga: Rp 9.250/3 pcs

Masih sama seperti kondom Sutra Merah, jenis kondom yang bungkusnya berwarna hitam ini memiliki desain tipis. Hal itu membuat pasangan tidak merasakan seperti memakai kondom saat berhubungan seks.

Bahkan, kondom Sutra OK Hitam bisa memberikan sensasi yang menambah rasa puas selama sesi bercinta. Mengapa? Karena kondom ini memiliki pelumas khusus yang membuat laki-laki tahan lama saat bercinta. Tentu saja ini akan mempengaruhi kenikmatan yang kamu rasakan bersama pasangan.

3. Kondom Sutra Plus Silver

4 Jenis Kondom Sutra, Apa Saja Bedanya dan Berapa Harganya? 

Harga: Rp 9.800/3 pcs

Di antara jenis kondom Sutra lainnya, Sutra Plus Silver Ini super tipis. Hal ini membuat sensasi skin-to-skin yang diharapkan saat berhubungan seks menggunakan kondom masih terasa.

Selain itu, jenis kondom Sutra ini dilengkapi dengan cairan lubrikan manjakani yang dapat mengurangi terjadinya gesekan pada vagina akibat kurang lubrikasi. Kondom Sutra Plus Silver juga diproduksi dengan lateks berkualitas internasional, serta memiliki ukuran lebih tipis, yaitu 0,03-0,04mm.

4. Sutra Gerigi Biru

4 Jenis Kondom Sutra, Apa Saja Bedanya dan Berapa Harganya? 

Harga: Rp 9.250/3 pcs

Kelebihan utama dari kondom Sutra jenis ini, sesuai dengan namanya, yaitu dilengkapi dengan bintil-bintil halus di sepanjang kondomnya. Meskipun namanya gerigi, bintil-bintil yang dimiliki kondom Sutra ini tidak tajam, ya, justru teksturnya akan memberikan sensasi yang berbeda saat kamu berhubungan dengan pasangan.

Kondom Sutra Gerigi dipercaya dapat memberi stimulasi pada perempuan selama melakukan hubungan seksual. Jika selama ini kamu hanya pernah mencoba kondom Sutra biasa, nggak ada salahnya mencoba Kondom Sutra Gerigi untuk mendapatkan sensasi yang berbeda saat bercinta.

Selain itu, kondom ini diklaim bisa memberikan kepuasan yang lebih maksimal, tidak mudah rusak, dan tidak gampang robek.

Kelebihan kondom Sutra dibandingkan merek lainnya

4 Jenis Kondom Sutra, Apa Saja Bedanya dan Berapa Harganya? Pexels/Deon Black

Kondom Sutra terbuat dari bahan dasar lateks alami dengan ukuran tebal, sehingga membuatnya aman digunakan dan tidak mudah bocor ataupun rusak. Selain untuk mencegah kehamilan, kondom juga berfungsi untuk melindungi dari gangguan penyakit kelamin, serta mencegah penyebaran bakteri dan virus saat berhubungan seksual.

Selain itu, agar yakin dengan kondom yang digunakan, pastikan kondom tidak rusak atau robek saat dipakai. Cek juga tanggal kedaluwarsa kondom, ya. Kondom yang kedaluwarsa biasanya sudah tidak efektif saat dipakai, bisa menjadi mudah rusak dan pelumasnya sudah kering.

Cara mencegah kondom robek saat dipakai

4 Jenis Kondom Sutra, Apa Saja Bedanya dan Berapa Harganya? Pixabay/Pexels

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah kondom robek:

  • Simpan di tempat yang tepat. Jangan disimpan di tempat yang terpapar sinar matahari, penerangan langsung, atau bertemperatur panas. Hindari juga menyimpan di kamar mandi karena suhunya pun dapat berubah-ubah. Sebaiknya kondom disimpan di tempat bersuhu ruangan, seperti laci kamar, lemari, atau tempat yang teduh.
  • Lihat tanggal kedaluwarsa. Ketahanan kondom akan melemah dari waktu ke waktu saat melewati batas waktunya. Jadi, untuk mencegah kondom bocor, baca kembali batas masa pemakaian. Bila sudah lewat, jangan digunakan.
  • Pilih ukuran yang tepat. Memakai kondom tanpa memperhatikan ukurannya, bisa menyebabkan kondom robek dan rusak sehingga tidak lagi berfungsi maksimal.
  • Pakai sebelum melakukan penetrasi. Jangan memakai kondom sesaat sebelum klimaks, karena hal ini bisa mengurangi fungsinya sebagai alat kontrasepsi dan perlindungan diri dari penyakit menular seksual. Kondom paling baik dipakai saat ereksi dan sebelum penetrasi.
  • Gunakan dengan benar. Saat memasangkan kondom, berikan jeda pada ujungnya untuk tempat menampung cairan semen. Lalu, keluarkan udara yang terjebak di dalam kondom, sehingga air mani tidak bisa keluar melalui celah udara. Saat selesai bercinta, keluarkan penis dari vagina secara hati-hati agar tidak ada cairan mani yang tumpah, tarik kondom, ikat, dan buang pada tempatnya.


Itulah jenis kondom Sutra, perbedaan, dan lengkap dengan harganya. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Baca Juga: Rekomendasi Kondom Ukuran Kecil, Bercinta Tetap Nyaman dan Aman!

Baca Juga: 8 Jenis Kondom Durex Beserta Harga dan Perbedaannya

Baca Juga: 5 Jenis dan Rasa Kondom Favorit Orang Indonesia