6 Cara Mencegah Kehamilan Remaja, Lakukan Sebelum Terlambat!

Jangan sampai menyesal setelah kejadian, ya!

6 Cara Mencegah Kehamilan Remaja, Lakukan Sebelum Terlambat!

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Di saat beberapa negara mengalami resesi seks, di banyak negara juga masih banyak terjadi kehamilan pada remaja. Bahkan, jumlah remaja yang mengalami hamil di luar nikah mengalami peningkatan setiap tahunnya, terutama di negara-negara maju dan berkembang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), hal ini umum terjadi di komunitas yang kurang pendidikan dan pekerjaan.

Selain itu, ini juga bisa akibat dari keterbatasan pengetahuan dan tidak mampu mendapatkan alat kontrasepsi, serta kekerasan seksual.

Lalu, kehamilan pada remaja juga berisiko terhadap kesehatan ibu dan bayinya. Alasannya karena kehamilan remaja sering kali terjadi tanpa direncanakan sehingga tidak terpantau.

Berikut adalah beberapa cara mencegah kehamilan remaja yang bisa dilakukan.

1. Berikan pendidikan seks

Memberikan pendidikan tentang seksualitas kepada remaja menjadi langkah penting untuk mencegah terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan.

Jangan lupa untuk memberikan pengetahuan tentang kesadaran pencegahan kehamilan dan penyakit menular seksual (PMS) yang mungkin diderita akibat seks bebas yang dilakukan.

2. Bicara tentang seks pada anak

Bukan hanya pendidikan seks, tetapi tentang seks itu sendiri. Mungkin ini memang tidak mudah karena pembicaraan tentang seks adalah topik orang dewasa.

Namun, penelitian membuktikan bahwa orangtua memiliki peran terhadap keputusan anak tentang seks, cinta, dan hubungannya dengan teman-teman.

Seks harus dibicarakan secara terbuka dan tanpa celaan, sebelum anak menjadi remaja. Ini adalah jenis pembicaraan yang harus terus dilakukan dan topiknya terus berkembang.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here