Inilah Alasan Breakup Sex dapat Mengacaukan Hati

Breakup sex bukanlah upaya untuk kembali dengan mantan

Inilah Alasan Breakup Sex dapat Mengacaukan Hati

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Pernahkah kamu mendengar istilah breakup sex? Mengutip laman Verywell Mind, breakup sex atau seks pasca putus merupakan hubungan seks yang dilakukan oleh pasangan pada kurun waktu dua minggu setelah pasangan memutuskan untuk berpisah. Biasanya, alasan seseorang melakukan ini agar mendapatkan kesenangan dan kenyamanan, atau karena ia ingin kembali bersama dengan mantannya.

Namun, breakup sex tentulah dianggap sebuah konsep yang aneh dan menimbulkan pro dan kontra. Logikanya, seseorang yang sudah memutuskan hubungan, seharusnya memberi diri sendiri ruang untuk bersedih dan belajar melepaskan pasangannya. Tapi yang terjadi, dia malah melakukan hubungan seks dengan mantannya seolah hal tersebut menjadi titik "final" sebelum akhirnya benar-benar move on. Padahal, breakup sex hanya akan membangkitkan reaksi emosionalnya agar ia nggak jadi memutuskan hubungannya dengan sang mantan, ketika sebelumnya sudah bertekad untuk berpisah.

Melansir Elite Daily, Dr. John Moore, seorang psikoterapis berlisensi dan spesialis perilaku kognitif, membeberkan alasan mengapa beberapa orang melakukan breakup sex dan mengapa hal tersebut bisa sangat mengacaukan hati. Simak poin-poinnya di bawah ini, ya.

Breakup sex menjadi "penutupan" sebuah hubungan

Dr. John menjelaskan bahwa sebenarnya melakukan breakup sex adalah salah satu aspek berkelanjutan dalam usaha mengakhiri suatu hubungan.

"Kebanyakan orang berpikir perpisahan relasional adalah peristiwa langsung padahal sebenarnya tidak. Sebaliknya, perpisahan adalah bagian dari proses yang berkelanjutan," jelas Dr. John.

Berhubungan seks untuk terakhir kali dikatakan bisa menjadi bagian penting untuk melepaskan pasangan. Namun di sisi lain, Dr. John membantah bahwa hal tersebut dapat membantu pasangan benar-benar mengakhiri hubungan dengan cara yang sehat.

Breakup sex sering kali terasa lebih “panas”

Dr. John menjelaskan bahwa setelah berpisah, perasaan seseorang berada dalam keadaan yang meningkat, yang mengarah pada hubungan emosional yang intens. Psikoterapis psikoseksual dan hubungan, Kate Moyle, pun menambahkan bahwa breakup sex memungkinkan seseorang menjadi lebih berani daripada biasanya saat berhubungan seks. 

"Bagi banyak pasangan, itu dapat memungkinkan untuk melepaskan hambatan mereka dalam beberapa cara, karena mereka secara emosional telah memisahkan diri dari pasangan mereka," papar Kate Moyle.

“Kadang-kadang sedikit jarak dapat mendorong kita menjadi lebih eksploratif atau bertualang secara seksual, karena kita tidak terlalu takut dengan rasa penolakan," lanjutnya.

Pada dasarnya, karena hubungan telah berakhir, seseorang mungkin tidak merasakan tingkat kegugupan atau tekanan yang sama ketika berhubungan seks. Akibatnya, dia dapat melakukan seks yang membuatnya merasa benar-benar puas.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here