Membicarakan topik seputar seks sepertinya masih menjadi hal yang tabu di masyarakat. Terutama untuk sebagian besar perempuan. Supaya nggak lagi canggung dan lebih banyak paham soal seks, ini saatnya kamu menjadi seorang sex positive. Tetapi sudah tahukah kamu soal sex positive?

Sex positive dapat diartikan dengan berbagai cara. Berdasarkan informasi dari International Society for Sexual Movement, sex positive dapat diartikan sebagai sikap positif tentang seks dan merasa nyaman dengan identitas seksual seseorang dan dengan perilaku seksual orang lain.

Menjadi seorang sex positive bukan berarti kamu harus berhubungan seks, kok.  Nah berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan kalau kamu menjadi seorang sex positive. Simak selengkapnya, ya! 

1. Belajar mencintai tubuh sendiri

Belajar Menjadi Sex Positive, Memandang Seks dengan Cara yang PositifFreepik

Tubuh seseorang sangat erat kaitannya dengan hubungan seks. Untuk itu sangat penting bagi semua orang agar dapat mencintai tubuhnya sendiri sebelum bertemu dengan orang lain. Karena nantinya kenyamanan dengan tubuh sendiri akan mempengaruhi perilaku seks. 

2. Lebih banyak belajar soal isu seks di masyarakat

Belajar Menjadi Sex Positive, Memandang Seks dengan Cara yang PositifFreepik

Sewaktu di bangku sekolah, mungkin topik soal seks nggak terlalu banyak dibahas. Apalagi terkait dengan pelecehan dan hukum yang berlaku. Menjadi sex positive bisa membuka matamu lebih jauh soal isu pelecehan seksual. Kamu juga bisa membantu para korban pelecehan seksual, lho. 

3. Mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain

Belajar Menjadi Sex Positive, Memandang Seks dengan Cara yang PositifFreepik

Menjadi seorang sex positive nggak berarti kamu adalah orang yang sudah berhubungan seks. Justru kamu bisa mengedukasi dirimu lewat pengalaman orang lain. Misalnya lewat buku, film, bahkan cerita teman. Kamu bisa memahami berbagai latar belakang orang dengan ceritanya masing-masing dan tetap menghormatinya. 

Mengetahui bagaimana orang lain menikmati hidup secara seksual nggak hanya membantumu memahami mereka lebih jauh, kamu juga akan lebih dekat dengan dirimu sendiri. 

4. Memahami perbedaan preferensi

Belajar Menjadi Sex Positive, Memandang Seks dengan Cara yang Positifpexels.com/id-id/@alinevianafoto

Saat pasanganmu atau temanmu bercerita soal preferensi seks mereka, mungkin kamu akan menemukan hal-hal yang berbeda dengan apa yang kamu suka. Hal ini tentunya wajar karena setiap orang punya preferensi yang beda termasuk dalam urusan seks. 

Kamu nggak perlu menghakimi mereka jika itu nggak sesuai denganmu. Kalau hal ini kamu temukan dalam pasanganmu, kamu bisa mendiskusikannya bersama agar menemukan jalan terbaik. 

5. Lebih peduli soal kesehatan seksual

Belajar Menjadi Sex Positive, Memandang Seks dengan Cara yang PositifFreepik

Menjadi sex postive berarti kamu memahami bagaimana memprioritaskan kesehatan alat reproduksi. Kamu akan menjadi lebih aware terhadap kesehatan reproduksi dan cara memiliki hubungan seks yang sehat. 

6. Berani bicara tentang consent atau persetujuan

Belajar Menjadi Sex Positive, Memandang Seks dengan Cara yang PositifFreepik

Nggak semua orang berani bicara soal consent atau persetujuan dalam melakukan hubungan seks. Menjadi sex positive akan membuatmu lebih berani membicarakan ini. Nggak hanya dengan pasangan, kamu juga bisa mengedukasi pentingnya consent pada lingkunganmu, mulai dari keluarga hingga teman-teman. 

7. Bisa menjadi volunteer di organisasi perempuan

Belajar Menjadi Sex Positive, Memandang Seks dengan Cara yang PositifFreepik

Ada banyak organisasi perempuan yang bergerak membela hak perempuan termasuk dalam urusan seks. Biasanya ruang untuk para volunteer akan terbuka lebar. Nah, kamu bisa bergabung membantu kegiatan mereka di dalam organisasi. Hal ini akan menambah pengetahuan sekaligus membantu menjalankan kegiatan yang bermanfaat buat masyarakat. 


Gimana bermanfaat banget, kan, Bela?

Baca Juga: Waspada, Ini 7 Tandanya jika Kamu Tergolong Sex Addict

Baca Juga: 7 Ruangan untuk Seks #dirumahaja Selain Kamar Tidur

Baca Juga: Ingin Berhubungan Seks Tanpa Penetrasi? Coba 3 Cara Ini!