Testis besar sebelah merupakan kondisi yang seringkali membuat para pria khawatir. Ukuran yang sedikit berbeda antara yang kanan dan kiri ini sebenarnya normal dan dialami oleh kebanyakan pria asal tidak disertai rasa sakit. Tapi, kalau ternyata perbedaan ukurannya cukup besar, kamu mesti waspada karena bisa jadi tanda bahaya. Umumnya, ukuran testis memang tidak simetris alias tidak sama persis.

Testis atau testikel adalah organ berbentuk oval yang menggantung di dalam skrotum di belakang penis. Testis pria dewasa memiliki ukuran sekitar 15 ml atau kira-kira seukuran telur burung hingga 35 ml atau seukuruan ayam kampung. Fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan dan memproduksi sperma serta testosteron. Testis besar sebelah, normalkah? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Testis besar sebelah, normalkah?

Pada umumnya, testis sebelah kanan cenderung lebih besar daripada sebelah kiri. Selain itu, salah satu testis cenderung menggantung lebih rendah pada skrotum atau kantong zakar dibandingkan testis satunya. Dalam kondisi normal, ukuran testis yang sedikit berbeda ini tidak disertai rasa sakit dan nyeri saat bergerak, duduk, dan berdiri. Perbedaan ukuran testis yang normal umumnya tidak lebih dari setengah sendok teh.

Testis Besar Sebelah, Normalkah?Unsplash.com/Chris Liverani

Cara memeriksa kondisi testis

Untuk memastikan kondisi testis besar sebelah yang normal, kamu bisa melakukan pemeriksaan seperti di bawah ini!

  • Mandi air hangat

Cara ini akan membantu melemaskan skrotum sehingga memudahkan untuk memeriksa keadaan testis.

  • Cari area yang membengkak

Caranya, pegang dan sedikit tarik penis ke arah luar dan mulailah nilai warna kulit di sekitar skrotum. Cari tanda kemerahan yang kemungkinan merupakan pembengkakan dan tanda infeksi.

  • Nilai kondisi kedua testis

Letakkan jari telunjuk dan tengah di bawah testis dan ibu jari berada di atas. Bandingkan ukuran keduanya, cek apakah ada pembesaran pada salah satu testis atau tidak.

  • Lakukan gerakan memijat

Lihat dan rasakan setiap perubahan pada testismu. Cara ini bermanfaat untuk mendeteksi lebih dini adanya rasa nyeri, benjolan, atau perubahan ukuran.

Testis besar sebelah yang tidak normal

Testis besar sebelah yang harus diwaspadai adalah jika perbedaan ukurannya cukup besar, disertai rasa nyeri, bengkak, ada benjolan dan berwarna kemerahan. Kalau kamu mendapati salah satu atau beberapa tanda di atas, segera temui dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tes-tes lain yang biasanya direkomendasikan dokter adalah tes urine untuk memeriksa infeksi dan masalah ginjal, langkah ultrasound untuk mencari pertumbuhan dan memeriksa aliran darah, serta CT scan untuk mencari kelainan testis.

Testis Besar Sebelah, Normalkah?Unsplash.com/Jason Leung

Testis besar sebelah bisa jadi gejala penyakit ini

  • Torsio testis

Disebut juga testis terpelintir. Kondisi ini bisa memperlambat atau bahkan menghentikan aliran darah ke testis, menimbulkan nyeri hebat dan merupakan keadaan darurat yang membutuhkan perawatan medis segera.

  • Kanker testis

Salah satu tanda terbesar kanker testis adalah pembengkakan atau gumpalan di salah satu testis sehingga salah satu bola akan terlihat lebih besar atau berbeda dari yang lain.

  • Kista epididimis

Penyebabnya adalah kelebihan cairan. Meski terdengar mengerikan, tapi kondisi ini biasanya tidak berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya.

  • Varikokel

Varikokel adalah pembesaran pembuluh darah balik vena pada testis, biasanya terjadi pada testis sebelah kiri. Penanganannya berupa tindakan operasi untuk mengikat varikokel.

  • Orkitis

Merupakan peradangan pada testis yang disebabkan oleh infeksi virus. Orkitis bisa menyebabkan kerusakan testis.

Testis seorang pria bisa mengalami perubahan bergantung pada temperatur di sekitarnya. Misalnya, secara alami testis akan menggantung jauh dari tubuh karena diperlukan temperatur lebih dingin daripada suhu tubuh manusia untuk memroduksi sperma. Jadi, apa kamu juga sedang khawatir tentang testis besar sebelah? Segera lakukan pengecekan dengan saksama, ya!

Baca Juga: Beginilah Efek Menelan Sperma Bagi Perempuan