Mungkin kamu dan pasangan tidak selalu memiliki gairah seksual atau libido yang sama. Ketika kamu sedang tak berminat, dia malah ingin bercinta. Bisa juga kebalikannya, kamu memiliki libido tinggi sedangkan pasangan lebih sering ogah-ogahan.

Ketahuilah bahwa memiliki gairah seksual yang rendah itu wajar dan hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Saat gairah seksual kamu dan pasangan tampak tidak selaras, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Ini beberapa caranya, seperti dilansir dari laman YourTango!

1. Berlatihlah empati dan jaga komunikasi di antara kalian berdua

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Libido Kamu Tinggi, Sedangkan Pasangan TidakFreepik.com

Komunikasi dan empati merupakan landasan dari semua hubungan, namun kadang memang sulit untuk dijalani. Tapi jika kamu menginginkan hubungan yang langgeng, ini adalah kuncinya.

Cobalah untuk saling berbagi dengan pasangan. Ceritakan apa yang kamu rasakan, dengarkan juga pendapat dia. Jangan langsung menghakimi, jika misalnya dia merasa tidak memiliki gairah seksual yang sama denganmu. Kamu pun juga bisa bebas membicarakan apa yang bikin kamu bergairah dan apa yang kamu harapkan dari pasangan.

Intinya saat kalian berbicara seputar kehidupan seksual kalian tersebut, kalian sama-sama bisa mengetahui apa yang kalian inginkan, apa ekspektasi kalian, apa yang tidak kalian suka, dan saling memahami satu sama lain.

2. Hargai batasan dan kualitas masing-masing

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Libido Kamu Tinggi, Sedangkan Pasangan TidakFreepik.com

Satu lagi kunci dari keberhasilan sebuah hubungan adalah menjaga batasan-batasan yang sehat. Mungkin kamu tipe orang yang ingin melakukan hubungan seks setiap hari, sedangkan pasanganmu tidak. Yang bisa kalian lakukan adalah mencari titik tengah dari itu. Semua hal tentu bisa dikompromikan.

Selain itu, jangan hanya fokus hanya pada seks semata. Hargai pula kualitas pasangan di luar masalah seks. Fokus pada kualitas dirinya yang membuat kamu jatuh cinta padanya dan akhirnya memutuskan untuk berkomitmen dengannya.

3. Cari tahu apa yang membuatnya bergairah

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Libido Kamu Tinggi, Sedangkan Pasangan TidakFreepik.com

Jika pasangan merasa memiliki libido yang rendah, maka kamu bisa membantunya dengan mencari tahu apa yang bisa membuatnya bergairah. Mengobrollah dan minta saran darinya. Siapa tahu dia memiliki fantasi seksual yang malu untuk dia bicarakan padamu.

4. Cari hal yang bisa membuatmu bahagia

Lakukan 4 Hal Ini Ketika Libido Kamu Tinggi, Sedangkan Pasangan TidakPixabay.com/Khusen Rustamov

Kadang kamu harus bisa mengalihkan pikiranmu sesaat dari sekadar berhubungan seks. Ketika gairahmu mungkin terlalu tinggi, maka cobalah luangkan waktu untuk melakukan hal lain yang bisa membuatmu sibuk dan bahagia.

Terapi seks atau menemui dokter untuk mengatasi masalah kalian bisa menjadi pilihan terakhir. Setidaknya lakukan dulu apa pun yang kalian bisa untuk mengatasi masalah libido tersebut. Semoga berhasil!

Baca Juga: 9 Kebiasaan yang Akan Membuat Kehidupan Seksmu Memburuk

Baca Juga: 10 Trik Bercinta Agar Kamu dan Pasangan Sama-sama Terpuaskan

Baca Juga: Pengertian Libido dan Cara Meningkatkannya