Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur dari keluarga kerajaan Inggris tampaknya masih menjadi pemberitaan hangat di media seluruh dunia. Beragam reaksi pun muncul setelah pernyataan mengejutkan dari Duke and Duchess of Sussex tersebut dirilis melalui Instagram resmi mereka, @sussexroyal, pada 9 Januari 2020 lalu.  

Tanpa waktu lama, Ratu Elizabeth II kemudian menggelar pertemuan internal di Sandringham, Inggris Timur pada Senin (13/1). Mengutip dari CBS News, pertemuan keluarga kerajaan ini dilakukan untuk mendiskusikan masa depan Pangeran Harry dan Meghan Markle setelah keduanya memutuskan mundur dari peran mereka sebagai anggota senior kerajaan Inggris.  

Usai Rapat Keluarga, Ini Keputusan Ratu Elizabeth pada Harry-MeghanEonline.com

Selain Ratu Elizabeth II, pertemuan ini turut dihadiri oleh Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran Harry. Sementara itu, Meghan yang diketahui tengah berada di Kanada bersama putra kecilnya, Archie, diduga ikut bergabung dalam pertemuan tersebut melalui sambungan telepon.  

Setelah pertemuan keluarga tersebut selesai, Istana Buckingham kemudian merilis pernyataan dari Ratu Elizabeth terkait masa depan Pangeran Harry dan Meghan Markle. Rupanya, Ratu Elizabeth menyetujui keinginan cucunya untuk tinggal di Kanada. Hal tersebut dipilih sebagai bentuk dukungan kepada Pangeran Harry dan Meghan yang ingin hidup mandiri. 

Usai Rapat Keluarga, Ini Keputusan Ratu Elizabeth pada Harry-MeghanInstagram.com/kensingtonroyal

“Hari ini keluarga saya melakukan diskusi yang sangat konstruktif tentang masa depan cucu saya dan keluarganya. Saya dan keluarga saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda,” kata Ratu dalam penyataan resmi yang dirilis melalui situs kerajaan Inggris, Senin (13/1) waktu setempat. 

“Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi anggota keluarga kerajaan Inggris yang bekerja penuh waktu, (tapi) kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai sebuah keluarga sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga saya,” kata Ratu seperti dikutip dari situs The New York Times. 

Usai Rapat Keluarga, Ini Keputusan Ratu Elizabeth pada Harry-MeghanInstagram.com/kensingtonroyal

Pangeran Harry dan Meghan telah menjelaskan bahwa keduanya tak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka. Untuk itu, akan ada masa transisi di mana keduanya akan menghabiskan waktu di Kanada dan juga di Inggris.  

"Ini adalah masalah rumit yang harus diselesaikan keluarga kami, dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya telah meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang," tutupnya.  

Usai Rapat Keluarga, Ini Keputusan Ratu Elizabeth pada Harry-MeghanInstagram.com/kensingtonroyal

Keinginan untuk tinggal di Kanada memang sudah diungkapkan oleh Pangeran Harry dan Meghan saat mengumumkan mundur dari keluarga kerajaan Inggris. “Kami sekarang berencana untuk menyeimbangkan waktu kami antara Inggris dan Amerika Utara. Geografis ini memungkinkan kami untuk membesarkan putra kami dengan penghargaan atas tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan,” demikian pernyataan mereka lewat Instagram @sussexroyal. 

Keputusan ini tentu diambil dengan banyak pertimbangan. Kita doakan saja yang terbaik bagi Pangeran Harry, Meghan Markle, dan keluarga Inggris ya, Bela! 

Baca Juga: Pangeran Harry & Meghan Markle Umumkan Mundur dari Kerajaan Inggris