Untuk kamu yang selalu jalan-jalan saat Lebaran, memasuki minggu ke-3 di bulan Ramadan tentunya membuatmu mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Pasalnya, liburan saat Hari Raya Idul Fitri itu nggak sama seperti liburan di hari lainnya. Tempat wisata yang padat dan jalanan yang macet pasti akan kamu temui ketika kamu memilih bepergian saat menjelang Lebaran. Problema yang dihadapi saat liburan tersebut bisa membuat kamu dan keluarga stres selama perjalanan. Apalagi, jika ini pertama kalinya kamu mengajak anak-anak dalam perjalanan panjang. Alih-alih menyenangkan, mereka bisa bosan dan nggak betah selama perjalanan. 

Seorang family traveller bernama Fifi Alvianto, yang terbiasa mengajak kedua anaknya liburan bareng pun menceritakan tentang apa saja yang harus dipersiapkan saat traveling bersama keluarga. Dilihat dari akun Instagramnya, Fifi dan keluarga memang selalu happy dan kompak saat jalan-jalan. Penasaran apa saja ya tips agar perjalanan liburan bersama keluarga tetap menyenangkan? Popbela akan kasih ulasannya di sini.

1. Suka duka ajak anak liburan bersama

Intip 6 Tips Ajak Keluarga Liburan Saat Lebaran a la Fifi AlviantoInstagram.com/fifialvianto

Fifi Alvianto mengungkapkan, membawa serta kedua anaknya saat liburan adalah momen yang sangat menyenangkan dan nggak terganti oleh apapun. Namun, mengikutsertakan anak-anak yang baru berusia 7 dan 5 tahun tentunya nggak mudah. Seperti harus lebih bisa memilih-milih apa saja barang yang harus dibawa dan apa saja yang nggak perlu dibawa. Jangan sampai hal yang dibutuhkan oleh si anak malah tertinggal di rumah.

“Sukanya tentu bisa melihat hal baru dan dibagi bersama anak. Rasanya priceless lihat muka mereka berseri-seri melihat hal yang nggak pernah mereka lihat. Dukanya tentu ada. Biasanya seputar persiapan mau pergi yang pusing milih bawa apa saja karena koper kan terbatas. Belum lagi kalau di lokasi tujuan ternyata cuaca nggak mendukung seperti hujan seharian. Tapi overall lebih banyak happy karena ya dibawa happy,” jelas wanita berhijab ini.

2. Orangtua dan anak harus sama-sama happy saat liburan

Intip 6 Tips Ajak Keluarga Liburan Saat Lebaran a la Fifi AlviantoInstagram.com/fifialvianto

Biasanya orangtua yang mengajak anak liburan bersama akan lebih mengutamakan kebahagiaan anak dibanding kebahagiaannya sendiri. Namun, menurut Fifi, baik orangtua maupun anak harus sama-sama happy saat liburan. Meski sudah sering bepergian bersama, Fifi juga memperhatikan banyak hal sebelum ia mengajak anak-anaknya ikut traveling. Pemilihan tempat wisata jadi hal utama yang dipikirkan oleh traveler sekaligus lifestyle blogger ini.

“Pertimbangan untuk mengajak keluarga liburan adalah lokasi yang kids friendly, contohnya theme park atau hotel yang ada fasilitas untuk anak. Budget juga jadi pertimbangan supaya sampai di tujuan, baik orangtua dan anak semua adil happy-nya. Karena main ke theme park biasanya tidak murah costnya,” ungkap Fifi.

3. Liburan saat bulan Ramadan

Intip 6 Tips Ajak Keluarga Liburan Saat Lebaran a la Fifi AlviantoInstagram.com/fifialvianto

Dari Instagramnya, Fifi Alvianto terlihat sering menghabiskan waktu di tempat-tempat yang cantik. Beberapa lokasi liburan pernah ia datangi bersama keluarga, seperti Jepang dan Korea Selatan. Meski begitu, rupanya ibu dari Lola dan Lana ini belum pernah berlibur secara khusus saat bulan puasa. “Ramadan belum pernah berlibur secara khusus karena khawatir sahurnya takut lebih sulit. Lebih enak sahur di rumah. Belum lagi kalau beraktifitas seperti banyak jalan, kasian anaknya pasti lebih haus. Sementara mereka puasa,” kata Fifi.

4. Pesan tiket perjalanan dan hotel dari jauh-jauh hari saat ingin liburan menjelang Lebaran 

Intip 6 Tips Ajak Keluarga Liburan Saat Lebaran a la Fifi AlviantoInstagram.com/fifialvianto

Mendekati hari Lebaran, tentunya ada beberapa masalah yang kamu hadapi, seperti tiket perjalanan yang terbatas dan hotel di dekat tempat tujuan yang ramai oleh pengunjung lain yang datang. Nah, untuk kamu yang berencana liburan saat Ramadan dan menjelang Lebaran ini, Fifi Alvianto juga memberikan tips nih, supaya liburanmu semakin berkesan. “Mudik menjelang lebaran itu permasalahannya di transportasi dan akomodasi yang ramai. Salah satu tips aku selalu booking jauh-jauh hari. Bahkan, sebelum masuk Ramadan. Harganya juga lebih bersahabat,” ujar Founder of Casa Elana & Laiqa ini.

5. Jangan bawa baju terlalu banyak

Intip 6 Tips Ajak Keluarga Liburan Saat Lebaran a la Fifi AlviantoInstagram.com/fifialvianto

Selain memesan tiket perjalanan dan hotel sejak jauh-jauh hari, hal lain yang harus diperhatikan saat berlibur bersama keluarga adalah nggak perlu membawa pakaian yang terlalu banyak. Apalagi kamu juga mengajak anak untuk ikut liburan yang mana itu akan membuat barang bawaanmu juga semakin banyak.

“Packing tidak perlu banyak karena sekarang zamannya ‘AirBnB’ yang selalu menyediakan mesin cuci. Kalau harus di hotel, bawa pakaian yang bisa di double, biasanya aku pakai inner lagi jadi baju yang berkeringat hanya yang bagian dalam. Lumayan menghemat bawaan. Baju luaran atau outer bisa dipakai lagi.”

6. Belikan mainan yang anak mau supaya happy selama perjalanan

Intip 6 Tips Ajak Keluarga Liburan Saat Lebaran a la Fifi AlviantoInstagram.com/fifialvianto

Selain mempersiapkan segala kebutuhan diri, kamu juga harus memikirkan bagaimana caranya agar anak tetap happy selama perjalanan. Salah satunya dengan membelikan mainan yang diinginkan sejak lama, sebagai hadiah setelah ia berhasil menjalankan puasa. Alternatif lainnya, kamu bisa mendownload film baru untuk ditonton di jalan. Fifi menambahkan, “Kalau anak mudah bosan, aku suka ajak berhenti dulu lihat-lihat apa yang kita lewati dan jajan deh di minimart, dijamin segar lagi!”

Sudah dapat gambaran kan bagaimana apa saja yang harus dipersiapkan saat mengajak anak liburan? Nah, untuk Lebaran tahun ini kamu berencana liburan kemana bersama keluarga, Bela?

BACA JUGA: 7 Lokasi yang Cocok untuk Liburan Bersama Keluarga