Memikirkan tempat pernikahan juga menjadi hal yang esensial dan membutuhkan pertimbangan yang matang. Sebelum memikirkan tentang kartu undangan dan suvenir, hal utama yang harus kamu pikirkan tentu saja di mana lokasi kamu dan pasangan mengadakan pernikahan. Sebagian di antaranya ada yang memilih menikah di rumah, tetapi nggak sedikit juga yang memilih untuk menyewa gedung saja dengan berbagai alasan.

Memilih gedung pernikahan pun nyatanya susah-susah gampang, lho, Bela! Pasalnya, nggak semua gedung sesuai dengan konsep pernikahan yang kamu inginkan. Belum lagi, kamu butuh waktu untuk melakukan survei tempat tersebut. Selain itu, salah satu kendala yang sering dijumpai ialah ketersediaan jadwal yang kosong di lokasi tersebut. Alhasil, beberapa orang memilih untuk memesan gedung resepsi sejak jauh-jauh hari, bahkan sejak setahun sebelumnya. Lalu apa saja, ya, plus dan minus memesan gedung pernikahan sejak jauh-jauh hari ini? Berikut Popbela berikan penjelasannya.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya
Ruffledblog.com

Ada beberapa poin plus jika kamu sudah memesan gedung resepsi sejak jauh-jauh hari. Pasalnya, jika kamu sudah mendapatkan gedung sejak awal tentunya kamu akan merasa aman dan tinggal memikirkan hal pendukung lainnya. Inilah beberapa poin plus ketika kamu memesan gedung sejak setahun sebelum menikah.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya

Memilih gedung pernikahan tentunya nggak mudah, Bela. Mencari dan menemukan gedung yang cocok denganmu bisa memakan waktu. Namun, kalau kamu sudah menemukan dan memesan gedung resepsi sejak setahun sebelum waktu pernikahanmu, maka kamu bisa memiliki banyak pilihan di mana saja tempat yang bisa kamu temui. Karena kamu memiliki waktu yang cukup lama, maka kamu pun bisa menemukan pilihan gedung yang lebih variatif dan pas dengan jumlah tamu undangan dan budget yang kamu miliki.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya

Selain mendapatkan pilihan gedung yang variatif, kamu juga bisa memilih gedung yang sesuai dengan konsep dan budget yang kamu miliki. Kamu pun bisa menanyakan jadwal kosong dari gedung tersebut karena kendala yang sering kamu jumpai saat mencari gedung resepsi adalah jadwalnya sudah terisi dengan orang lain. Nah, kalau kamu memesan jauh-jauh hari tentunya kamu bisa lebih dulu memesan di tanggal pernikahanmu sebelum keduluan orang lain.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya

Biasanya, kalau kamu memesan gedung sejak jauh-jauh hari, kamu akan mendapat harga gedung yang lebih murah dari vendor terkait. Bahkan, kamu bisa menghemat hingga 50% jika kamu memesannya sejak setahun sebelumnya. Berbeda jika kamu memesan 6 bulan sebelum acara, kamu akan mendapat harga normal tanpa ada potongan.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya

Ketika kamu sudah mendapatkan gedung yang kamu inginkan dan pasanganmu sudah sepakat untuk memesannya menjadi tempat pernikahan kalian, tentunya kamu akan merasa lebih tenang dan aman. Kamu tinggal memikirkan hal pendukung lainnya, seperti dekorasi, undangan, makanan, dan suvenir. Bahkan, beberapa gedung sudah bekerja sama dengan katering yang mengurus makanan jadi kamu hanya tinggal memilih dari beberapa katering rekanan yang diberikan dari pihak gedung.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya
Ruffledblog.com
 
Ternyata, banyak juga poin plus yang kamu dapatkan jika kamu memesan gedung resepsi dari jauh-jauh hari. Namun, tetap ada risiko yang harus kamu siapkan kalau kamu memilih gedung sejak setahun sebelumnya ini, seperti hal-hal berikut ini.
 
7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya

Ketika kamu sudah memilih satu gedung sebagai tempat acaramu, bukan nggak mungkin setelahnya kamu malah menemukan pilihan-pilihan lain yang  belum sempat kamu ketahui sebelumnya. Jika kamu menemukan tempat yang rasanya lebih cocok dengan konsep acaramu dan lokasinya lebih mudah diakses, mungkin kamu akan merasa sedikit menyesal telah memilih gedung sebelumnya. Namun, itu semua memang ujian bagi orang yang ingin menikah, di mana semakin banyak pilihan, maka kamu malah akan semakin sulit untuk menentukan.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya

Hal-hal di luar ekspektasi itu maksudnya ialah jika di tengah jalan kamu dan pasanganmu memilih untuk memajukan atau memundurkan tanggal pernikahanmu, maka hal ini akan menyulitkanmu karena kamu sudah menetapkan pilihanmu di gedung tersebut. Atau bisa saja keluargamu atau keluarga pasanganmu nggak setuju dengan gedung yang kamu pilih karena alasan lokasi yang sulit di jangkau atau pilihan makanan yang disiapkan dari pihak gedung tidak enak.

7 Pertimbangan Memesan Gedung Pernikahan 1 Tahun Sebelumnya

Memesan gedung sejak jauh-jauh hari tentunya kamu diharuskan membayar uang muka sebagai tanda jadi. Uang muka yang harus dibayarkan biasanya mencapai 50% dari harga penyewaan. Jika kamu memesan sejak jauh-jauh hari maka kamu harus menetapkan pilihanmu agar kamu tidak mengubah tanggal pernikahanmu. Pasalnya, jika kamu nggak jadi menggunakan gedung tersebut padahal kamu sudah membayarnya, maka uang muka yang sudah kamu berikan tidak bisa kembali. Kalaupun kamu membatalkannya sejak 6 bulan sebelum acara, tetap saja uang muka yang sudah kamu setorkan tak akan kembali sepenuhnya.

Sebelum menentukan ingin memilih gedung yang mana, kamu harus menentukan kriteria yang harus dipertimbangkan sebelum akhirnya menentukan pilihan. Jika kamu sudah menetapkan pilihanmu pada suatu gedung, maka sebaiknya tetaplah konsisten. Jangan lagi melirik-lirik tempat lain agar kamu tidak galau, ya, Bela!

BACA JUGA: 5 Cara Unik untuk Menghemat Biaya Resepsi Pernikahan