Mas kawin adalah segala sesuatu yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan saat melangsungkan pernikahan. Mas kawin yang juga dikenal dengan istilah mahar wajib diberikan oleh laki-laki ketika ingin menjadikan seorang perempuan sebagai istrinya. Tujuannya ialah sebagai bukti kesungguhan niat laki-laki untuk menikahi perempuan dan menempatkannya pada derajat yang mulia.

Di Indonesia sendiri, mas kawin yang umum diberikan biasanya dalam bentuk uang tunai, perhiasan, atau seperangkat alat salat. Namun, ada beberapa orang yang justru meminta mas kawin unik dan aneh, lho. Kali ini, Popbela akan membahas tentang mas kawin unik yang sempat viral.

1. Segelas air mineral

7 Mas Kawin Unik yang Sempat Viral di IndonesiaFacebook.com

Sepasang pengantin bernama Hari dan Rohani sempat jadi perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, Rohani hanya menginginkan segelas air mineral sebagai mas kawin dari Hari untuk dapat mempersunting dirinya. Pernikahan yang sederhana ini terjadi di Aceh, tepatnya di Masjid Alfalah Kampung Pea Jambu. Sesaat setelah resmi menjadi istri Hari, Rohani pun langsung meneguk sendiri air mineral yang menjadi mahar pernikahannya itu. 

2. Sandal jepit

7 Mas Kawin Unik yang Sempat Viral di IndonesiaDok. internet

Mas kawin unik yang sempat viral di media sosial ini terjadi pada tahun 2018 di Kebumen, Jawa Tengah. Sang mempelai laki-laki, Budi Risdianto, memberikan sepasang sandal jepit sebagai mas kawin untuk mempersunting mempelai perempuannya yang bernama Julia Warasita. Mahar yang nggak biasa ini pun langsung mengundang berbagai komentar dari warganet. 

3. Hafal surat ar-Rahman

7 Mas Kawin Unik yang Sempat Viral di IndonesiaDok. internet

Pasangan mempelai Auliya Rahmi Fadhillah dan Dodi Hidayat menjadi salah satu contoh bahwa pernikahan nggak harus dirayakan dengan pesta mewah dan mas kawin yang besar. Bahkan, Auliya hanya menginginkan calon suaminya menghafal surah Ar-Rahman sebagai mas kawinnya. Dodi pun menyanggupi dan membaca ayat suci al-Qur’an tersebut di hadapan para tamu undangan yang hadir. Pernikahan yang digelar di salah satu masjid di kota Bandung tersebut pun berlangsung haru dan penuh khidmat. 

4. Secangkir kopi

7 Mas Kawin Unik yang Sempat Viral di IndonesiaDok. internet

Mas kawin unik lainnya terjadi pada pernikahan warga Banyuwangi bernama Wastiti Putri dan Angga Yudistira. Wastiti mengingingkan secangkir kopi sebagai mas kawinnya dan hal ini pun disanggupi oleh calon suaminya. Sebelum akad nikah dimulai, Angga pun meracik sendiri kopi tersebut di hadapan penghulu dan tamu undangan yang hadir. Kemudian setelah resmi menjadi suami istri, Angga pun memberikan secangkir kopi tersebut dan diteguk habis oleh Wastiti. 

5. Saham senilai Rp 27 juta

7 Mas Kawin Unik yang Sempat Viral di IndonesiaDok. internet

Ada yang menarik dalam prosesi akad nikah pasangan Idunk Ace Pradana dan Annisa Diah Siswantari. Pernikahan yang digelar di Yogyakarta tahun 2017 lalu ini menyita perhatian publik lantaran mas kawinnya yang nggak biasa. Idunk memberikan saham perusahaan farmasi senilai Rp 27 juta sebagai mahar untuk calon istrinya. Hal ini dipilih karena saham bisa dijadikan pegangan di masa depan. 

6. Knalpot motor

7 Mas Kawin Unik yang Sempat Viral di IndonesiaFacebook.com

Mas kawin unik dan nggak biasa lainnya terjadi dalam pernikahan yang berlangsung di Magetan, Jawa Timur. Mempelai laki-laki nggak membawa perhiasan atau sejumlah uang sebagai maharnya, tapi memberikan sebuah knalpot motor sebagai mas kawin untuk calon istrinya. Kisah mereka pun menjadi viral setelah akun bernama Agus Sofyan Hidayat membagikan postingan itu di grup Facebook. Rupanya, kedua mempelai memang diketahui menyukai motor, lho. 

7. Kain kafan

7 Mas Kawin Unik yang Sempat Viral di IndonesiaFacebook.com

Bukan barang mewah dan indah, mempelai perempuan bernama Ariyanti justru meminta mas kawin yang nggak biasa bahkan terkesan menyeramkan dari calon suaminya, Indra. Pasalnya, pernikahan Ariyanti dan Indra menjadikan kain kafan sebagai mas kawinnya. Kisah pernikahan mereka pun langsung viral di media sosial kala itu. Rupanya, Ariyanti memiliki alasan tersendiri mengapa dirinya meminta mas kawin tersebut. Ia ingin ketika kelak meninggal dunia, maka kain kafan dari suaminya itulah yang menjadi teman di alam baka. 

Itulah 7 mas kawin unik dan nggak biasa yang sempat viral di Indonesia. Kalau kamu sendiri apakah mempunyai ide mas kawin unik lainnya, Bela? 

Baca Juga: 5 Artis yang Menikah dengan Mahar Sangat Murah