Rona kebahagiaan tampaknya tak bisa lagi ditutupi oleh penyanyi Isyana Sarasvati. Pasalnya, pelantun lagu Tetap Dalam Jiwa ini akhirnya telah resmi dipersunting oleh pujaan hatinya, Rayhan Maditra, pada Minggu (2/2/2020) kemarin. Pernikahan yang dilangsungkan di Bandung, Jawa Barat ini memang menjadi sorotan publik, sebab selama ini Isyana tak pernah menunjukkan sosok sang kekasih yang telah dipacarinya selama 12 tahun tersebut. 

Nah, berikut Popbela sudah menyiapkan fakta-fakta unik di balik pernikahan Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra yang mencuri perhatian. Penasaran? Keep on reading, ya! 

1. Lakukan berbagai prosesi sebelum menikah

Pacaran Sejak SMP, 7 Fakta Pernikahan Isyana Sarasvati-Rayhan MaditraInstagram.com/thebridestory

Setelah melangsungkan acara lamaran pada 29 Desember 2019, Isyana dan Rayhan kembali mencuri perhatian publik sehari sebelum hari pernikahannya. Pasangan beda profesi ini diketahui menggelar serangkaian prosesi sebelum menikah, seperti pengajian dan siraman.

“Berhasil melewati hari ini dengan penuh cinta dan kasih bersama keluarga tersayang. Senang sekali semua prosesi berjalan lancar dan hangat,” tulis Isyana dalam unggahan di Instagram. 

2. Menikah di tanggal cantik

Pacaran Sejak SMP, 7 Fakta Pernikahan Isyana Sarasvati-Rayhan MaditraInstagram.com/thebridestory

Menariknya, Isyana dan Rayhan memilih menikah di tanggal cantik, lho! Yup, keduanya melangsungkan akad nikah pada hari Minggu, 2 Februari 2020 alias 2-2-2020 di Trans Luxury Hotel, Bandung. Usai akad nikah, keduanya menggelar resepsi dengan konsep internasional di Bandung Convention Centre, Jawa Barat.  

3. Mahar berupa dollar Singapura

Pacaran Sejak SMP, 7 Fakta Pernikahan Isyana Sarasvati-Rayhan MaditraInstagram.com/thebridestory

Demi mempersunting gadis pujaannya, Rayhan memberikan mahar yang tak biasa. Dalam prosesi ijab kabul, diketahui bahwa laki-laki yang berprofesi sebagai dokter tersebut mempersunting Isyana dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat, perhiasan emas seberat 22 gram, serta uang sebesar 2.020 dollar Singapura. 

4. Mengusung adat Jawa Yogyakarta

Pacaran Sejak SMP, 7 Fakta Pernikahan Isyana Sarasvati-Rayhan MaditraInstagram.com/isyanasarasvati

Akad nikah mereka digelar dengan adat Jawa Yogyakarta yang sangat kental. Di momen tersebut, Isyana terlihat menawan dalam balutan kebaya klasik modern berwarna putih dengan taburan payet rancangan Didiet Maulana. Sedangkan, Rayhan mengenakan beskap Jawa Yogyakarta dilengkapi dengan blangkon dan kain batik yang senada dengan Isyana, yakni batik Sidomukti. Setelah mengucapkan ijab kabul, acara kemudian dilanjutkan dengan prosesi Panggih.

5. Ridwan Kamil menjadi saksi pernikahan

Pacaran Sejak SMP, 7 Fakta Pernikahan Isyana Sarasvati-Rayhan MaditraInstagram.com/ridwankamil

Akad nikah Isyana dan Rayhan berjalan cukup lancar dan penuh khidmat. Sejumlah tamu penting ikut hadir dalam momen tersebut. Salah satunya ialah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, bersama istri dan anaknya. Tak hanya hadir, Ridwan Kamil juga menjadi saksi pernikahan mereka. Selain itu, Vidi Aldiano dan Rossa juga turut hadir menyaksikan prosesi akad nikah sahabat mereka tersebut. 

6. Jadi pacar pertama dan terakhir

Pacaran Sejak SMP, 7 Fakta Pernikahan Isyana Sarasvati-Rayhan MaditraInstagram.com/isyanasarasvati

Meski tak pernah mengumbar hubungannya ke publik, namun perjalanan asmara Isyana dan Rayhan terbilang cukup berliku. Hubungan yang terajut sejak keduanya masih duduk di bangku SMP itu sempat diwarnai dengan LDR, lho. Setelah berpacaran selama 12 tahun, asmara mereka pun berlabuh ke pelaminan. Rayhan juga menjadi pacar pertama dan terakhir bagi pelantun lagu Kau Adalah tersebut.  

"Semua perjalanan dan lika-liku yang telah kita lewati menjadikan kita pribadi kita lebih baik. Itu yang membuat kita yakin, yes, he is the one, she is the one," tutur Isyana dalam jumpa pers pernikahannya.

7. Tagar #HariPatahHatiNasional jadi trending

Pacaran Sejak SMP, 7 Fakta Pernikahan Isyana Sarasvati-Rayhan MaditraInstagram.com/thebridestory

Tagar #HariPatahHatiNasional sempat menjadi trending di media sosial saat Raisa resmi menikah dengan Hamish Daud pada 2017 lalu. Kini, tagar tersebut kembali muncul usai Isyana dipersunting oleh Rayhan. Melalui #HariPatahHatiNasional jilid 2 seolah menjadi penanda resminya hubungan Isyana dengan Rayhan dalam membangun sebuah bahtera rumah tangga. 

Selamat atas pernikahan Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra! Semoga rumah tangga kalian langgeng dan selalu bahagia hingga akhir hayat.

Baca Juga: Tinggal Menghitung Hari, Isyana Sarasvati Menikah di Tanggal Cantik!