Rumah tangga memang nggak selamanya akur, bahagia, dan tanpa masalah. Adakalanya kita bertengkar dengan pasangan karena saling mementingkan ego. Namun, bagaimana jika pertengkaran kalian terjadi karena kesalahanmu? Tentu saja kamu perlu meminta maaf supaya masalahnya cepat selesai dan nggak menimbulkan keretakan dalam rumah tangga.

Mengakui kesalahan dan meminta maaf memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi kalau kamu berani melakukannya, artinya kamu menilai hubungan kalian lebih penting daripada ego sendiri. Yuk, ikuti 7 cara meminta maaf kepada suami dengan tulus berikut ini.

1. Cari momen yang tepat

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ialah cari momen yang tepat. Sebaiknya, jangan di saat suami sedang emosi dan nggak bisa berpikir jernih. Tunggulah keadaan sedikit lebih tenang dan beri dia waktu untuk meredakan emosinya. Jika dia sudah lebih baik, ajaklah suamimu bicara baik-baik mengenai hubungan kalian. 

2. Akui kesalahanmu

7 Cara Meminta Maaf kepada Suami dengan TulusFreepik.com/Freepik

Cobalah berbesar hati untuk meminta maaf dan mengakui kesalahanmu pada suami. Kesampingkan dulu semua ego, gengsi, dan rasa malu yang ada pada dirimu, kemudian akui kesalahan yang telah kamu lakukan. Laki-laki biasanya mudah luluh ketika pasangannya telah mengakui kesalahan. 

3. Sampaikan dengan tulus dan lembut

Setelah mengakui kesalahan, cara meminta maaf kepada suami ialah gunakan kata-kata yang lembut. Sampaikan permintaan maaf yang tulus dari dalam hati dan jangan ragu untuk melakukan interaksi lewat mata. Jelaskan apa yang sebenarnya terjadi dan berikan juga alasannya tanpa ada yang ditutup-tutupi. 

4. Beri sentuhan fisik

7 Cara Meminta Maaf kepada Suami dengan TulusUnsplash.com/Elizabeth Tsung

Untuk mendapatkan hatinya kembali, cobalah berikan sentuhan fisik seperti pelukan. Sentuhan fisik seperti ini dapat menenangkan emosi yang sedang bergejolak. Peluk pasanganmu dan katakan dengan lembut. Laki-laki yang mencintaimu pasti akan luluh ketika merasakan kehangatan dan ketulusan hatimu saat kamu meminta maaf kepadanya.

5. Jangan sampai terbawa emosi

Ketika kamu meminta maaf, belum tentu suami langsung memaafkanmu begitu saja. Jika dia belum benar-benar puas dengan penjelasanmu, tahan dirimu supaya nggak sampai ikut terbawa emosi. Daripada memaksanya untuk menerima permintaan maafmu, lebih baik tenangkan diri sendiri. Jika kamu ikut emosi, hubungan kalian bisa jadi akan semakin runyam. 

6. Buatlah hadiah kecil

7 Cara Meminta Maaf kepada Suami dengan TulusUnsplash.com/Toa Heftiba

Cara meminta maaf kepada suami selanjutnya ialah berikan dia sebuah hadiah kecil. Misalnya, buatlah kartu ucapan yang berisi permohonan maaf. Akan lebih baik jika hadiah tersebut merupakan hasil karyamu sendiri. Selain itu, kamu juga bisa memberikannya hadiah berupa menyiapkan makanan kesukaannya.

7. Beri dia waktu

Meski kamu telah meminta maaf, bukan berarti kamu dapat memaksa suami untuk langsung mengampunimu saat itu juga, Bela. Memaafkan kesalahan seseorang juga membutuhkan proses. Jika pasanganmu ingin menyendiri dulu, hormatilah keputusannya. Beri dia waktu untuk berpikir dan menenangkan diri.

Itulah 7 cara meminta maaf kepada suami. Ketika kamu melakukannya dengan tulus, tentu saja si dia akan mudah memaafkanmu kembali.

Baca Juga: Pernah Berselingkuh? Begini Cara Minta Maaf ke Pasangan