Perbedaan agama kerap menjadi salah satu tantangan dalam menjalin hubungan asmara. Bahkan, sering kali perbedaan keyakinan membuat hubungannya tak direstui oleh orangtua. Karena itulah, nggak jarang pasangan memutuskan untuk berpisah.

Kendati demikian, beberapa artis Tanah Air ada juga yang tetap menikah meski terganjal restu orangtua. Beberapa di antaranya ada yang memilih berpindah agama, tapi ada juga yang menikah dengan tetap memegang keyakinan masing-masing. Lantas, siapa sajakah itu?

1. Asmirandah dan Jonas Rivanno

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/asmirandah89

Asmirandah dan Jonas Rivanno sempat bikin geger karena dituding telah mempermainkan agama. Pasangan ini sempat menikah secara Islam pada 2013, tapi kemudian dibatalkan karena Jonas kembali memeluk agama Kristen. Akhirnya, mereka menikah lagi pada Januari 2014 setelah Asmirandah pindah agama mengikuti Jonas. Hal itu membuat orangtua Asmirandah tak memberikan restu karena mereka tak mau putrinya pindah agama.

2. Renata Kusmanto dan Fachri Albar

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/renata711

Sempat menjalin hubungan beda agama, Renata Kusmanto akhirnya menerima pinangan Fachri Albar pada 12 Juni 2014. Sayangnya, pernikahan itu tak direstui oleh ayah Renata lantaran sang model memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah dengan Fachri. Bahkan, ayah Renata seakan tak peduli akan pernikahan putrinya dengan putra Ahmad Albar tersebut.

3. Uya Kuya dan Astrid

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/astridkuya

Istri Uya Kuya, Astrid, dulunya adalah seorang non-Muslim. Namun demi menikah dengan Uya, ia rela menjadi mualaf. Alhasil, kedua orangtua Astrid yang berprofesi sebagai pendeta itu pun marah hingga tak merestui pernikahan mereka. Kendati demikian, Astrid dan Uya tetap menikah pada 17 Mei 2003. Kini, perlahan hubungan Astrid dan keluarganya sudah mencair.

4. Lidswell Kwok dan Achmad Hulaefi

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/lindswell_k

Mantan atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok, sempat jadi sorotan publik karena memutuskan menjadi mualaf sebelum menikah dengan Achmad Hulaefi. Sedihnya, hubungan mereka tak mendapat dukungan dari keluarga Lindswell. Sang ibu bahkan menolak dan meminta Lindswell mencari pasangan yang seagama. Pernikahan Lindswell dan Hulaefi yang digelar pada 9 Desember 2018 lalu itu pun berlangsung tanpa kehadiran orangtua Lindswell. 

5. Bella Saphira dan Agus Surya Bakti

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/bellasaphiraofficial

Hal serupa juga dirasakan oleh aktris senior, Bella Saphira. Sebelum dipersunting Mayjen Agus Surya Bakti, Bella memutuskan untuk menjadi mualaf. Keputusannya berpindah agama itu pun ditentang keras oleh keluarga Bella. Kendati demikian, Bella dan Agus tetap melangsungkan pernikahan pada 30 Agustus 2013 di Binjai, Sumatra Utara. Sayang, tidak ada satu pun keluarga inti Bella yang hadir di momen bahagia tersebut.

6. Amara dan Frans Mohede

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/amaranggana

Amara dan Frans Mohede jadi salah satu pasangan artis yang tetap memutuskan menikah meski berbeda agama. Pada 1 Desember 1999, keduanya menikah di Hong Kong. Namun sayang, pernikahan tersebut tak direstui ibunda Amara. Bahkan, Amara dan ibunya sempat ‘perang dingin’ selama belasan tahun karena hal ini. Meski tak dapat restu, Frans dan Amara memantapkan hatinya untuk hidup bersama sambil memegang keyakinan masing-masing. 

7. Angel Lelga dan Rhoma Irama

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/angellelga

Angel Lelga pernah menikah siri dengan Rhoma Irama di tahun 2003, saat usianya masih 19 tahun. Demi menikah dengan sang Raja Dangdut, Angel pun memutuskan untuk memeluk agama Islam. Namun, menjadi mualaf bukanlah hal yang mudah karena Angel lahir sebagai seorang Nasrani dan berada di lingkungan yang taat dengan agamanya terdahulu. Pernikahan yang tak direstui oleh keluarga Angel itu pun hanya bertahan seumur jagung.

8. Kiki Fatmala dan Christian Froeschel

8 Artis yang Menikah Tanpa Restu Orangtua Karena Beda AgamaInstagram.com/qq_fatmala

Masih ingat dengan Kiki Fatmala? Pada 14 Agustus 2004, pemain sinetron Si Manis Jembatan Ancol ini menikah dengan laki-laki asal Austria bernama Christian Froeschel. Yang mengejutkan, Kiki yang awalnya seorang Muslim dikabarkan pindah agama saat menikah. Karena hal itu, Kiki pun berseteru dengan ibunya. Bahkan, sang ibu sampai menyebut Kiki sebagai anak durhaka. Pernikahan tanpa restu orangtua itu pun berakhir dengan perceraian di tahun 2006.

Baca Juga: Pindah Agama Saat Nikah, 8 Artis Ini Tetap Pertahankan Iman Usai Cerai

Baca Juga: Pacaran Beda Agama? Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Baca Juga: Tetap Rukun, 5 Seleb Ini Ternyata Beda Agama dengan Anaknya